Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Kelainan Tulang Belakang pada Kifosis

Seputar Kelainan Tulang Belakang pada Kifosis

Seputar Kelainan Tulang Belakang pada Kifosis

Seputar Kelainan Tulang Belakang pada Kifosis

Seputar Kelainan Tulang Belakang pada Kifosis

Seputar Kelainan Tulang Belakang pada Kifosis – Tulang merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada tubuh dengan keberadaannya sangat berguna untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Tulang seperti anggota tubuh lain yang dapat mengalami gangguan, tulang belakang juga bisa mengalaminya. Kelainan tulang belakang bisa terjadi akibat beberapa hal misalnya kebiasaan melakukan posisi duduk yang salah, akibat penyakit, kecelakaan dan juga akibat faktor genetik atau keturunan.

Faktor lain yang bisa meningkatkan resiko seseorang yang mengalami kelainan tulang belakang yaitu kurangnya mengkonsumsi kalisum dan jarang berolahraga (sebagai akibat jarang olahraga bagi kesehatan). Timbulnya kelainan tulang belakang banyak menyerang mereka yang memasuki usia tua akibat kegemaran buruk yang dilakukannya pada saat masih muda. Dalam hal ini tentunya disarankan untuk melakukan pola hidup yang sehat sejak masih muda dengan demikian tidak terjadi gangguan yang tidak diinginkan ketika tua. Kifosis merupakan kelainan tulang belakang dengan bentuk tulang yang bengkok ke arah belakang. Berikut uraian penyebab, gejala, pencegahan dan penanganan kifosis diantaranya:

1. Penyebab kifosis yaitu:
a. osteroporosis atau pengeroposan tulang
b. connective tissue disorders
c. tuberkulosis
d. infeksi pada tulang belakang
e. kaku tulang belakang
f. kanker atau bisa pula akibat tumor jinak

2. Gejala Kifosis
a. tubuh merasa cepat lelah
b. postur tubuh yang bungkuk
c. nyeri punggung ringan
d. rasa kaku

3. Tipe Kifosis
a. Kifosis idiopatik
Kondisi kifosis idiopatik masih belum diketahui penyebab yang jelasnya akan tetapi menurut para ahli, penyakit ini diakibatkan oleh faktor genetik atau keturunan.

b. Kifosis congenital
Kelainan tulang belakang yang satu ini dapat terjadi akibat pembentukan tulang punggung yang tidak sempurna. Kifosis congenital dapat terjadi pada bayi dan juga anak-anak. Kifosis ini juga disebut juga dengan kifosis bawaan sebab kelainan tulang ini terjadi sejak dalam kandungan.

c. Kifosis postural
Kifosis postural merupakan kelainan yang disebabkan oleh kebiasan duduk ataupun posisi tidur yang salah. Kifosis postural ini banyak dialami oleh seseorang yang sudah berusia lanjut. Penyebab kifosis ini adalah akibat membiasakan posisi duduk ataupun tidur yang salah sejak masih muda. Apabila ingin terhindar dari kifosis postural tentu harus membiasakan kebiasaan tidur dan juga duduk secara benar saat masih muda.

4. Tips Mencegah Kifosis
Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kifosis sebagai berikut:
a. Mencegah terjadinya osteoporosis atau dinamakan pengeroposan tulang pada tubuh
b. Biasakan memposisikan tubuh dengan baik
c. Terapi fisik
d. Konsumsi susu

5. Langkah dalam Mengatasi Kifosis
a. Melalui jalur pengobatan
Dokter biasanya akan menganjurkan untuk mengkonsusmi obat penghilang rasa sakit misalnya: ibuprofen, naproxen dan acetaminophen.

b. Melakukan terapi
Terdapat beberapa jenis terapi yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak buruk akibat kifosis dan untuk mengindari kelainan tulang yang dapat semakin parah. Terapi ini untuk menghindari semakin parahnya kifosis dengan melakukan latihan fisik seperti melakukan peregangan.

c. Lakukan gaya hidup sehat
Gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan cara menjaga berat badan agar tetap stabil dan ideal serta dapat melakukan aktivitas fisik yang sehat serta teratur.

d. Melakukan operasi
Apabila kelainan tulang belakang sudah parah dan tindakan lain tidak dapat membuahkan hasil, dengan demikian dokter biasanya dapat menganjurkan untuk melakukan operasi. Dalam hal ini dokter dan juga tim medis akan memasang batang logam dan sekrup yang berfungsi untuk membenarkan kembali postur tubuh yang mengalami kelainan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates