Tuesday , 21 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Melamin dan Dampaknya

Seputar Melamin dan Dampaknya

Seputar Melamin dan Dampaknya

Seputar Melamin dan Dampaknya

Seputar Melamin dan Dampaknya

Seputar Melamin dan Dampaknya – Melamin adalah senyawa kimia organik yang mempunyai sifat basa dengan kandungan kadar nitrogen sebesar 66%. Lalu direaksikan dengan formaldehid yang akan membentuk plastik melamin sebagai bahan baku untuk peralatan makan yang dikenal dengan melamin. Masyarakat harus berhati-hati sebab peralatan makan melamin yang sudah beredar di masyarakat banyak yang terbuat dari bahan dasar seperti urea dengan formaldehid. Kandungan nitrogen yang tinggi dalam melamin akan membuatnya kerap disalahgunakan, seperti menambahkannya ke dalam makanan agar dapat meningkatkan kadar protein. Biasanya penggunaan melamin terdapat pada whiteboard, busa melamin, perekat tekstil dan peralatan makanan.

1. Alasan larangan pengunaan melamin, diantaranya:
a. Senyawa melamin akan sangat rentan terhadap suhu panas serta sinar ultraviolet
b. Tidak boleh digunakan sebagai Oven microwave.
c. Gesekan dalam peralatan rumah tangga yang terbuat dari bahan melamin bisa mengakibatkan terlepasnya residu.
d. Formaldehide (formalin) adalah salah satu bahan desinfektan yang biasa digunakan untuk keperluan pengawetan mayat.

2. Bahaya jangka pendek :
a. Jika terhirup: akan menyebabkan iritasi saluran pernapasan serta akan memengaruhi pernapasan (sesak). Reaksi bisa lebih cepat jika melamin yang terhirup dengan bentuk serbuk, serta akan menyebabkan kerusakan hati dan darah.
b. Jika terkena kulit: akan menyebabkan iritasi kulit
c. Jika terkena mata: akan menyebabkan iritasi
d. Jika terelan: akan menyebabkan iritasi saluran pecernaan, menyebabkan mual, muntah, dan juga diare. Bahkan bisa menyebabkan urin sedikit ataupun tidak ada.

3. Bahaya jangka panjang, diantaranya :
a. Apabila tertelan dengan jumlah besar, akan menyebabkan pembentukan batu ginjal serta kandung kemih. Bahkan bisa menyebabkan iritasi paru.
b. Pada hewan uji bisa menyebabkan kanker.
c. Mempengaruhi fertilitas serta pada hewan uji mempengaruhi genetika.

4. Pengaruh Melamin bagi kesehatan, diantaranya :
Melamin adalah senyawa polimer dimana gabungan monomer formaldehide (formalin) serta fenol yang jika komponen penyusun melamin tersebut di dalam komposisi yang seimbang akan kelihatan aman namun harus diwaspadai seringkali di dalam pembuatan melamin proses pencampurannya sering kali tidak terkontrol. Jika komposisi antara formaldehide dengan fenol tidak seimbang dengan demikian aka terjadi residu, yakni monomer formaldehide ataupun fenol yang tidak bersenyawa sempurna. Sisa monomer formaldehide tersebut yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Selain itu juga senyawa melamin akan rentan terhadap panas serta sinar ultravilet yang bisa mendepolimerisasi melamin untuk menjadi monomer formaldehide serta fenol. Meskipun tahan dengan rentang suhu 120 derajat celcius hingga 30 derajat C di bawah nol, akan tetapi karena menyerap panas, melamin tidak tahan dipapar panas yang terlalu tinggi. Apalagi jika terpapar dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu melamin tidak bisa digunakan dalam microwave. Gesekan terhadap peralatan melamin juga akan berpotensi untuk melepaskan residu formaldehide yang terperangkap sebelumnya. Bahaya lain dari penggunaan melamin terhadap kesehatan, diantaranya:

a. Dapat Mengakibatkan gangguan metabolisme, terutama pada bayi dan anak-anak.
Organ tubuh yang paling cepat terganggu yaitu fungsi ginjal yang dapat bekerja untuk membuang racun-racun di dalam tubuh.

b. Serangan akut di saluran pencernaan, yaitu muntah dan mencret .

c. Terjadi kerusakan di berbagai organ tubuh, yaitu kerusakan, mulai dari fungsi otak, hati, ginjal, mata serta telinga, dan dapat menyebabkan kematian.

d. Melamin juga akan merusak sistem kekebalan tubuh bayi serta anak-anak yang mengonsumsi.

e. Melamin bisa menyebabkan masalah pernafasan pada hewan percobaan.

f. Konsumsi melamin akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates