Tuesday , 21 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Merkuri dan Dampaknya

Seputar Merkuri dan Dampaknya

Seputar Merkuri dan Dampaknya

Seputar Merkuri dan Dampaknya

Seputar Merkuri dan Dampaknya

Seputar Merkuri dan Dampaknya – Merkuri adalah salah satu unsur logam yang sudah terkontaminasi dari endapan mineral serta logam berat, dan aktivitas vulkanik. Pada dasarnya, merkuri banyak dimanfaatkan sebagai bahan – bahan industry yang tidak digunakan secara langsung oleh manusia, seperti kosmetik bahkan bahan makanan. Padahal sudah jelas bahwa zat merkuri sangat berbahaya untuk kesehatan, bahkan sudah dilarang oleh badan kesehatan, misalnya BPOM hingga WHO.

Berikut merupakan beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan akibat kontaminasi terhadap merkuri, diantaranya:
1. Menyebabkan tidak berfungsinya otak
Logam merkuri untuk kesehatan tubuh kita bisa menyebabkan gangguan serta kerusakan pada otak, yang akan menyebabkan otak menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik.

2. Kegelisahan dan juga gugup
Merkuri yang terlalu banyak masuk serta tercerna oleh tubuh manusia bisa menyebabkan banyak gangguan. Salah satunya yaitu gangguan kegelisahan serta seringnya meraskan gugup bagi mereka yang tercemar. Sama seperti halnya kerusakan pada otak, hal ini biasanya akan terjadi pada saat seseorang mengkonsumsi bahan makanan yang sudah mengandung zat merkuri, misalnya ikan serta hasil laut yang tercemar.

3. Kerusakan pada liver dan juga ginjal
Makanan yang sudah terkontaminasi merkuri akan menyebabkan gangguan pada liver serta ginjal, yang berfungsi untuk menyaring racun. Masuknya kadar merkuri ke dalam tubuh, dapat menyebabkan kinerja ginjal dan juga liver akan menjadi lebih berat.

4. Kecatatan pada bayi ketika lahir
Sama halnya dengan bahaya yang terdapat pada boraks dan bahaya penyedap rasa yang bisa berbahaya bagi ibu hamil. Dimana dapat menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi jika makanan sudah tercemar merkuri.

5. Akan memperlambat pertumbuhan janin, bahkan akan menyebabkan keguguran
Selain bisa menyebabkan abnormalitas serta kecacatan pada bayi, tercemarnya merkuri yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan resiko terhambatnya perkembangan janin, atau bahkan bisa menyebabkan keguguran.

6. Bisa menyebabkan kulit menjadi pucat serta memiliki flek hitam
Penggunaan logam merkuri dalam sebuah kosmetik akan menyebabkan kulit akan terlihat lebih putih dan cantik, akan tetapi dalam jangka panjang, penggunaan kosmetik dengan bermerkuri menyebabkan kulit menjadi pucat serta mengalami flek hitam.

7. Dapat menyebabkan kanker kulit
Efek terburuk yang dapat terjadi akibat penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri yaitu munculnya kanker kulit, yang sudah pasti akan sangat berbahaya, kandungan merkuri juga bisa masuk ke dalam tubuh serta akan menyebabkan virus kanker untuk menyebar ke seluruh tubuh, serta meningkatkan resiko untuk terserang berbagai macam jenis kanker.

8. Iritasi pada bagian kulit
Pada kulit, merkuri bisa menyebabkan terjadinya iritasi serta timbul gangguan ringan pada kulit. Biasanya, iritasi bisa berupa kulit kemerahan, mengalami gatal – gatal, serta ruam di bagian kulit.

9. Menyebabkan kerusakan pada lapisan epidermis
Masalah lainnya dapat timbul pada kulit yaitu apabila menggunakan kosmetik atau obat yang mempunyai kandungan merkuri di dalamnya. Penggunaan merkuri dapat menyebabkan kerusakan di lapisan epidermis kulit, dengan demikian hal ini bisa menyebabkan kulit akan menjadi tidak sehat.

10. Menyebabkan lapisan kulit menjadi lebih menipis
Lapisan epidermis yang sudah mengalami kerusakan menyebabkan menipisnya lapisan kulit akibat dari penggunaan kosmetik.

11. Dapat menyebabkan gangguan sistem syaraf
Merkuri dapat menyebabkan terjadinya gangguan sistem pada syaraf. Hal ini akan berhubungan dengan kemampuan logam merkuri dalam mengakibatkan kerusakan serta juga gangguan pada otak. Gangguan sistem syaraf yang bisa muncul yaitu tremor, halusinasi, mengalami gangguan kecemasan, gangguan syaraf motorik, serta masih banyak lagi jenis gangguan syaraf.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates