Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 10 Jenis Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang

10 Jenis Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang

10 Jenis Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang

10 Jenis Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang

10 Jenis Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang

10 Jenis Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang – Pengapuran tulang atau disebut osteoarthritis adalah satu jenis penyakit yang dialami pada orang-orang yang sudah tua. Inti dari pengapuran tulang yaitu suatu kondisi bagian tulang yang terdapat di sekitar sendi yang mengalami penipisan sehingga dengan masalah tersebut akan cenderung sulit untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

Tidak hanya akan menghambat dalam beraktivitas, seorang penderita dengan pengapuran tulang akan menjadi lebih sulit dalam menyiapkan menu makanan harian. Sebab banyaknya pantangan untuk penderita, hingga akhirnya menjadi kesulitan untuk memilih makanan bagi penderita pengapuran tulang yang baik dan juga sehat. Berikut merupakan 10 jenis makanan yang cocok dikonsumsi untuk penderita pengapuran tulang, diantaranya:

1. Apel
Menurut hasil penelitian menunjukan bahwa, di dalam apel terdapat phloridzin yang merupakan jenis flavonoid. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang sebab mampu mengatasi masalah osteoporosis dan dapat diandalkan sebagai peningkat massa tulang. Bukan hanya kandungan phloridzin, melainkan juga terdapat kandungan Boron yang berguna yaitu sebagai penguat tulang.

2. Brokoli
Sayuran hijau bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh dan dapat dikonsumsi pada saat sedang menderita pengapuran tulang. Makan brokoli cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh ampuh.

3. Pisang
Pisang adalah salah satu makanan yang dapat dikonsumsi untuk membakar lemak pada saat seseorang sedang melakukan program diet. Pisang tidak hanya bisa membakar lemak, akan tetapi juga dapat menurunkan risiko pengapuran tulang. Sejumlah jenis pisang tidak hanya mengandung kalium tinggi namun juga kalsium yang besar.

4. Tomat
Tomat tidak hanya bermanfaat untuk menambah daya tahan tubuh, selain itu juga mengandung kalsium tinggi dengan demikian sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita yang mengalami pengapuran tulang.

5. Wortel
Sayur wortel merupakan jenis sayur yang juga dapat digunakan untuk mengatasi pengapuran tulang. Makanan yang mengandung vitamin A ini bukan hanya berguna untuk menajamkan penglihatan kita, namun juga untuk menjaga kesehatan tulang.

6. Kacang Polong
Agar kondisi tulang menjadi lebih baik, tulang harus didukung dengan asupan makanan yang tepat, misalnya kacang polong, sebab mengandung protein dan 7 mineral dan 8 vitamin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang secara maksimal.

7. Teh Hijau
Kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hijau sangat tinggi dan senyawa antioksidan yang terdapat di dalamnya yaitu polifenol baik untuk pengapuran tulang. Fungsi penting polifenol yaitu sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari inflamasi serta mampu berperan sebagai peningkat metabolisme tubuh.

8. Bawang Putih
Bau dari bawang putih serta efek samping bawang putih justru dapat membantu supaya tulang tercegah dari penipisan. Perhatikan juga jumlah konsumsinya, sebab dapat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

9. Oatmeal
Sebagai salah satu jenis makanan dengan kandungan yang berserat tinggi, oatmeal ini seringkali menjadi menu sarapan baik serta sehat untuk penderita jenis-jenis penyakit jantung. Padahal oatmeal juga sangat baik untuk osteoarthritis ataupun pengapuran tulang. Sehingga selain dapat bermanfaat untuk tulang, juga untuk menjaga kesehatan jantung serta seluruh tubuh.

10. Pepaya
Pepaya biasanya dimanfaatkan untuk memperlancar buang air besar atau BAB atau disebut dengan masalah sembelit, akan tapi sebenarnya pepaya juga bagus untuk kesehatan tulang. Makanlah buah pepaya ini setiap hari atau serutin mungkin supaya sistem pencernaan lancar dan masalah pengapuran tulang sendi juga dapat berkurang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates