Thursday , 27 April 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Bisnis Desain Pakaian

Bisnis Desain Pakaian

Bisnis Desain Pakaian

Bisnis Desain Pakaian

Bisnis Desain Pakaian

Bisnis Desain Pakaian – Dari waktu ke waktu, perkembangan industri fashion khususnya adalah pakaian terus menunjukan suatu peningkatan yang sangat signifikan. Oleh karena itu, dibutuhkan para pekerja kreatif yang dapat menciptakan desain-desain segar dan juga inovatif untuk mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin hari kian menginginkan model pakaian trendy tanpa harus meninggalkan rasa nyaman ketika dikenakan oleh setiap konsumen.

Konsumen
Sasaran pasar yang dapat Anda bidik sangatlah amat luas. Untuk konsumen rumah tangga, Anda dapat membidik kalangan masyarakat menengah keatas sebagai target dari9 pasar yang cukup potensial, bisa dari konsumen individu (perorangan) ataupun kelompok seperti ibu-ibu arisan, suatu kelompok pengajian dan lain sebagainya. Sedangkan untuk konsumen dari pelaku industri, Anda dapat menjalin kerjasama dengan para penyedia jasa jahit (taylor), atau juga bisa menawarkannya langsung ke beberapa butik dan masih banyak lagi peluang lainnya yang dapat Anda manfaatkan.

Info Bisnis
Untuk membantu Anda di dalam menjalankan peluang bisnis ini, berikut ini informasi mengenai beberapa modal utama yang perlu Anda coba perhatikan sebelum memulai bisnis :

1. Modal pertama adalah passion, pengetahuan, dan juga keterampilan di dalam membuat desain pakaian.

2. Memperluas pengetahuan dengan cara mengikuti trend yang sedang berkembang di pasaran nasional ataupun internasional.

3. Memperbanyak jam terbang untuk bisa meningkatkan kualitas dari desain yang dihasilkan, dan juga mengikuti berbagai acara penting untuk memperkenalkan bisnis Anda.

4. Meskipun Anda selalu mengikuti suatu perkembangan mode, namun sebisa mungkin coba pertahankan ciri khas khusus yang bisa membedakan desain pakaian yang Anda ciptakan dengan desain pakaian milik para perancang yang lain.

5. Sebaiknya Anda memilih lokasi bisnis di sepuratan daerah kota besar, karena di sebagian besar konsumen potensial adalah kaum modern yang berasal dari kalangan masyarakat menengah keatas.

Kelebihan Bisnis
Pada dasarnya dalam merintis bisnis jasa desain pakaian tidak perlu membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Yang terpenting adalah mempunyai minat, bakat, dan juga keterampilan Anda di dalam bidang desain maupun fashion untuk bisa mendukung perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Disamping itu, belakangan ini sebagian besar dari masyarakat mulai menyadari akan arti pentingnya peranan jasa para desainer, sehingga saat ini mereka sudah mulai percaya dengan penawaran jasa tersebut dan juga tidak heran jika prospek pasar yang dijanjikan semakin hari kian terbuka lebar.

Kekurangan Bisnis
Kendala yang mungkin ditemui nantinya adalah sepinya permintaan konsumen karena kurang aktif di dalam berpromosi, atau juga menurunnya suatu kreativitas mereka karena tingkat dari kejenuhan kerja yang sering melanda para pekerja kreatif. Untuk mengatasi kendala tersebut, Anda dapat melalukan strategi pemasaran jemput bola untuk bisa meningkatkan permintaan pasar, atau juga berusaha menggali ide-ide yang segar dengan cara berdiskusi dengan para pelaku bisnis serupa, mencari inspirasi baru dari berbagai majalah mode, buku, ataupun internet, serta meningkatkan suatu keterampilan membuat desain dengan cara menambah jam terbang guna meningkatkan kualitas dari hasil produksi.

Strategi Pemasaran
Mengenai strategi jitu untuk bisa memperluas jangkauan dari pemasaran, Anda dapat memulainya dengan cara mempromosikan hasil rancangan Anda tersebut kepada orang-orang terdekat yang ada di sekitar Anda. Selanjutnya, Anda juga dapat memperkuat yang namanya personal branding dengan cara menawarkan diri pada salah satu majalah mode untuk nantinya bisa diberikan kesempatan untuk mengisi dapat kolom konsultasi mode di majalah tersebut, mengikuti berbagai macam ajang untuk kompetisi desain pakaian baik dari tingkat lokal, nasional, ataupun internasional, serta bisa mengadakan acara peragaan busana supaya konsumen mengetahui  hasil rancangan busana yang Anda ciptakan.

Kunci Sukses
Kunci kesuksesan adalah kreativitas dan juga inovasi yang tidak pernah berhenti untuk mampu menciptakan karya-karya terbaru. Sebab, sekarang ini pasar sudah semakin pintar dan juga menuntut adanya pakaian yang berkualitas bagus, mempunyai model menarik, nyaman untuk dikenakan setiap orang, namun harga yang ditawarkan juga tetap terjangkau oleh semua kalangan.

Analisa Ekonomi

1. Modal awal
Modal untuk meja dan alat gambar = Rp 2.000.000,00
Modal untuk buku petunjuk desain = Rp 300.000.00
Modal untuk telepon = Rp 500.000,00
Modal untuk sertifikan kursus desain pakaian = Rp 1.000.000,00 +
Total dari modal awal = Rp 3.800.000,00

2. Biaya penyusutan
Biaya penyusutan Meja dan alat : 1/60 bln x Rp 2.000.000 = Rp 33.300,00
Biaya penyusutan buku desain : 1/24 bln x Rp 300.000,00 = Rp 12.500,00
Biaya penyusutan telepon : 1/36 bln x Rp 500.000,00 = Rp 13.900,00 +
total dari penyusutan per bulan = Rp 59.700,00

3. Biaya operasional
Biaya untuk kertas untuk pola = Rp 250.000,00
Biaya untuk alat tulis dan perlengkapan gambar = Rp 150.000,00
Biaya untuk pembelian buku dan juga majalah mode = Rp 500.000,00
Biaya untuk telepon = Rp 750.000,00
Biaya untuk transportasi = Rp 300.000,00
Biaya promosi seperti brosur, kartu nama, dll = Rp 250.000.00
Biaya untuk penyusutan = Rp 59.700,00 +
Total = Rp 2.259.700,00

4. Pendapatan per bulan
Pendapatan setiap bulan (rata-rata 1 desain per hari) :
= 30 desain x Rp 150.000,00  =  Rp 4.500.000,00

5. Keuntungan
= Rp 4.500.000,00 – Rp 2.259.700,00 = Rp 2.240.300,00

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates