Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Menelpon Terlalu Lama

Ketahui Bahaya Menelpon Terlalu Lama

Ketahui Bahaya Menelpon Terlalu Lama

Ketahui Bahaya Menelpon Terlalu Lama

Ketahui Bahaya Menelpon Terlalu Lama

Ketahui Bahaya Menelpon Terlalu Lama – Bahaya menelpon terlalu lama sangat berbahaya untuk kesehatan terutama pada otak manusia dan syaraf. Komunikasi merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih untuk menyampaikan serta menerima informasi. Dalam melakukan komunikasi ini, dua orang tersebut haruslah bertemu dan juga mengkomunikasikan hal apa yang ingin disampaikan. Namun, dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin hari semakin canggih, komunikasi bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan orang yang dituju. Teknologi yang bernama telpon genggam saat ini kini sudah menjadi bagian hidup dari banyak orang karena mereka bisa berkomunikasi dengan seseorang yang jauh.

Cara berkomunikasi melalui telepon genggam sangat bervariasi, dapat melalui SMS ataupun menelpon lawan bicara secara langsung. Dari kedua cara tersebut, ternyata menelpon yang lebih sering digunakan sebab dianggap lebih efektif untuk menyampaikan dan juga menerima informasi. Dengan demikian, tidak mengherankan bahwa pada saat ini, bertelpon sudah menjadi hobi dan hal yang wajib dilakukan banyak orang. Namun, perlu diketahui bahwa melakukan aktivitas yang satu ini memiliki dampak buruk terhadap kesehatan sebab menelpon dapat memicu berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh. Berikut ini merupakan dampak menelpon terlalu lama:

1. Kanker otak
Bahaya menelpon terlalu lama yaitu beresiko terkena efek kanker. Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Sudah ada jutaan orang yang meninggal sebagai akibat penyakit kanker, salah satunya kanker otak. Hasil penelitian, salah satu pemicu kanker otak yaitu penggunaan telpon genggam untuk menelpon dengan jangka waktu yang lama. Seperti yang sudah diketahui, telpon genggam memiliki radiasi yang berbahaya untuk tubuh. Radiasi inilah yang dapat menyebabkan sel-sel kanker akan berkembang. Karena pada saat menelpon seseorang harus menempelkan telponnya pada telinga, sehingga radiasi dari telpon genggam akan sangat dekat dengan kepala dengan demikian radiasi yang dipancarkan bisa sangat mempengaruhi otak.

2. Tumor otak
Selain menyebabkan kanker otak, tumor otak akan menjadi penyakit lain yang diakibatkan oleh kebiasaan menelpon dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama. Sel tumor ini sebenarnya akan hampir sama dengan sel kanker otak yakni akan sangat cepat berkembang apabila sel tersebut dipicu oleh gelombang radiasi yang dipancarkan secara langsung ke otak pada saat si pemakai meletakkan telepon genggamnya pada telinga. Bahayanya yaitu ada satu tumor otak yang disebut sebagai acoustic neuroma yang bisa menyebabkan rusaknya pendengaran seseorang dengan demikian menjadi tuli atau tidak bisa mendengar lagi.

3. Kanker kelenjar air ludah
Bukan hanya menyebabkan kanker otak saja yang disebabkan oleh radiasi ponsel pada saat menelpon, kanker lain juga seperti kanker pada kelenjar air ludah adalah kanker yang kedua. Kanker ini bisa terjadi karena penggunaan ponsel di daerah sekitar telinga pasti bisa mempengaruhi area di sekitar telinga termasuk pada kelenjar air ludah.

4. Stress
Hasil penelitian menyimpulkan, melakukan aktivitas menelpon dengan intensitas yang tinggi bisa meningkatkan hormon kortisol, hormon yang bisa membuat tingkat stress seseorang meningkat. Akan tetapi, dengan hormon kortisol yang semakin meningkat, sehingga terdapat adanya peningkatan stress terhadap seseorang. lalu, stress ini adalah salah satu meningkatnya penyakit pencernaan serta penyakit lain yang akan menyerang tubuh.

5. Menurunnya kekebalan tubuh
Hasil penelitian menunjukan, radiasi yang terpancar pada saat seseorang menggunakan ponsel untuk menelpon sangat tinggi, serta radiasi tersebut bisa mempengaruhi produksi hormon melatonin. Hormon tersebut merupakan hormon yang dapat mengatur kekebalan tubuh seseorang. Sehingga, menurunnya hormon melatonin di dalam tubuh akan membuat menurunnya daya tahan tubuh terhadap adanya penyakit.

6. Rusaknya sistem syaraf
Sama halnya seperti bahaya meletakkan hp pada bawah bantal, menelpon sangat berbahaya untuk kesehatan sistem syaraf di otak. Medan magnetik yang terpancar dari adanya ponsel bisa mempengaruhi sistem syaraf otak. Apabila kegiatan menelpon sering dilakukan, bukan sesuatu yang tidak mungkin apabila sistem syaraf pada otak bisa rusak permanen yang dapat mempercepat kepikunan seseorang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates