Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Penyakit Fobia dan Penyebabnya

Ketahui Jenis Penyakit Fobia dan Penyebabnya

Ketahui Jenis Penyakit Fobia dan Penyebabnya

Ketahui Jenis Penyakit Fobia dan Penyebabnya

Ketahui Jenis Penyakit Fobia dan Penyebabnya

Ketahui Jenis Penyakit Fobia dan Penyebabnya – Ketakutan merupakan menjadi suatu hal yang normal. Untuk setiap orang yang sehat, wajib mempunyai rasa ketakutan. Apabila memiliki rasa takut dengan beralasan, ini menjadi suatu hal yang wajar. Setiap rasa takut yang beralasan dapat di pandang menjadi suatu yang wajar. Akan tetapi ada pula orang yang takut pada obyek tertentu, tanpa mempunyai alasan yang jelas. Mereka yang merasa takut pada hal yang umumnya itu bukan sesuatu yang berbahaya, mematikan, ataupun bisa membunuh.

Terdapat banyak jenis fobia yang bisa  di alami seseorang. Berikut beberapa, diantaranya:
1. Jenis Fobia khusus
Adalah bentuk ketakutan yang berlebihan oleh si pengidap phobia pada suatu objek ataupun keadaan situasi tertentu. Seperti ia merasa takut pada saat digigit anjing, kucing, dengan ruang sempit, ketinggian, takut bulu, gelap, tikus dan lainnya.

2. Jenis Fobia sosial
Adalah suatu fobia atau ketakutan pada saat berada di suatu tempat. Biasanya si pengidap phobia akan segera menghidari serta tidak ingin berada di tempat keramaian. Hal ini diakibatkan karna ia merasa takut menjadi pusat perhatian. Mereka juga akan takut pada penilaian orang lain yang di tujukan kepadanya. Biasanya pada penderita fobia sosial akan membutuhkan orang lain untuk di sampingnya. Pada saat terpaksa berada di tempat yang ramai, ia dapat mengajak orang lain untuk berada di sampingnya.

3. Fobia kompleks
Merupakan jenis penyakit fobia yang dapat terjadi pada seseorang, akan tetapi bukan hanya terdapat satu jenis saja. Hal ini merupakan bentuk komplektisitas dari fobia yang menyerang pada dirinya. Seperti mengalami agoraphobia, yang merasa takut pada tempat terbuka dan keramaian. Pada jenis fobia ini, penderita juga sekaligus akan merasa gangguan panik.

Berikut Penjelasan Penyebab Seseorang Menderita Fobia
Berdasarkan sumber yang ada, terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan penyakit phobia. Mulai dari hal yang kecil hingga yang kompleks. Ketika seseorang mengalami phobia, biasanya karena adanya pengalaman buruk dengan sesuatu hal atau obyek, yang mana dapat menimbulkan kenangan dan masa lalu yang tidak menyenangkan. Seperti pada saat kecil pernah di tinggal di pasar. Dengan demikian akan menimbulkan trauma yang sangat dalam. Sampai peristiwa ini akan mendapat tekanan bawah sadar. Sehingga ke depannya, ia bisa merasa tidak aman, takut, apabila berada di tempat ramai sendirian.

Bisa jadi dengan jenis penyakit fobia tersebut yang berasal dari nenek moyang. Maksudnya ialah di turunkan dari orang tua, ataupun keluarganya. Seperti ibu yang mengalami fobia pada debu. Maka setiap terdapat debu, ia akan merasa ketakutan. Sikap serta perilaku ini akan di pelajari oleh anak yang melihatnya. Kemudian akan di rekam dalam alam bawah sadarnya. Berikut penjelasan faktor penyebab terjadinya phobia yang lainnya:

1. Pernah mengalami rasa ketakutan yang sangat hebat terhadap sesuatu.

2. Pengalaman asli yang dibarengi rasa malu serta rasa bersalah kemudian semua ditekan untuk melupakan semua kejadian-kejadian tersebut.

3. Jika mengalami stimulus yang sama dapat timbul respon yang bersyarat kembali, meskipun peristiwa pengalaman yang asli sudah dilupakan. Respon-respon dari ketakutan yang hebat selalu akan timbul kembali meskipun ada usaha-usaha untuk menekan serta melenyapkan respon tersebut.

4. Faktor keturunan, pecegahannya apabila anda takut dengan sesuatu yang tidak dapat terjelaskan, alangkah baiknya pertimbangkan untuk mencari bantuan psikolog .

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates