Friday , 24 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Efek Samping Operasi Amandel

Seputar Efek Samping Operasi Amandel

Seputar Efek Samping Operasi Amandel

Seputar Efek Samping Operasi Amandel

Seputar Efek Samping Operasi Amandel

Seputar Efek Samping Operasi Amandel – Amandel merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan karena adanya kerusakan pada bagian selaput lendir, dimana kerusakan ini biasanya akan terjadi pada permukaan selaput lendir. Apabila kerusakan pada amandel sudah parah bisa menyebabkan penyakit yang lainnya. Banyak sekali penyebab terjadinya amandel, salah satu diantara yaitu basi spirlia dan juga basil fusifomis dengan demikian kedua penyebab itu bisa membuat amandel akan mengalami peradangan bahkan bisa terjadi pembengkakan terutama di daerah tonsil. Amandel biasanya mempunyai ciri-ciri yang dirasakan penderitanya misalnya mengalami demam, sakit kepala, batuk, cepat lelah dan juga sakit pada tenggorokan terutama pada saat tenggorokan di gunakan untuk menelan makanan atau pun untuk menelan minuman.

Pengobatan amandel akan sulit dilakukan dengan demikian jalan satu-satunya yaitu dengan melakukan operasi. Berikut uraian efek samping operasi amandel, diantaranya:
1. Bagian tenggorokan terasa sakit
Amandel adalah salah satu bagian dari tenggorokan yang tentu akan berhubungan langsung dengan tenggorokan, oleh karena itu apabila pasca operasi amandel bisa menyebabkan sedikit gangguan pada tenggorokan, tentu adanya gangguan ini bisa dikatakan sangat mengaggu dan dapat pula dikatakan biasa saja, yang tergantung seberapa besar operasi amandel yang dilakukan.

2. Dapat terjadi pendarahan
Pendarahaan setelah operasi memang tidak terlalu sering terjadi, akan tetapi tentu hal ini bukanlah hal yang tidak mungkin untuk terjadi, sebab dengan adanya operasi otomatis terdapat bagian yang harus di belak (di buka) sehingga tentu pada saat suatu bagian yang di buka itu tidak bisa dijaga dengan baik maka akan menyebabkan pendaraahan. Dengan demikian ketika setelah operasi lakukanlah perawatan di bagian mulut terutama daerah tenggorokan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya.

3. Dapat menimbulkan infeksi
Meskipun jarang terjadi infeksi, akan tetapi kesalahan dalam perawatan pasca operasi amandel bisa menyebabkan infeksi pada amandel. Infeksi pada amandel bisa disebabkan banyak hal, bisa disebabkan akibat dari pola makan yang tidak baik setelah operasi, meksipun virus-virus dan bakteri lain yang dapat menyebabkan dan mengaggu bagian tenggorokan ataupun amandel dengan demikian menyebabkan infeksi.

4. Mengurangi rasa nyaman di mulut
Kenyamanan di bagian mulut akan berkurang jika pasca melakukan operasi, jangankan setelah melakukan operasi, pada saat sakit gigi ataupun sariawan saja bisa membuat tidak nyaman pada mulut. Apalagi jika melakukan operasi amandel. Sehingga benar-benar harus menjaganya sampai pemulihan.

5. Menyebabkan telingga sakit
Pada bagian mulut, telingga serta otak mempunyai syaraf yang berkesinambungan, selain dapat menyebabkan rasa pusing pasca operasi, apabila operasi amandel ini akan mendekati dengan syaraf telinga dapat menyebabkan telinga akan lebih merasa nyeri dan sakit.

6. Belakang mulut terasa sakit
Pada bagian belakang mulut akan cenderung sering merasakan sakit setelah operasi amandel ini, bagian mulut ini misalnya bagian tenggorokan, jika kita amati letak antara tenggorokan dan juga amandel tidak lah jauh. Amandel terletak di antara lubang mulut belakang dengan tenggorokan yang terletak setelahnya. Dengan demikian tenggorokan bisa saja merasakan sakit pasca operasi amandel. Bahkan pada saat batuk berdahak pun adalah salah satu penyakit amandel, dan hal ini pun bisa menyebabkan rasa sakit di bagian belakang mulut atau tenggorokan.

7. Berat badan bertambah
Berat badan dapat bertambah pasca operasi, operasi amandel memang akan cenderung untuk mengalami peningkatan berat badan. Hal ini diakibatkan sebab ketika seorang melakukan operasi, kebutuhan dalam diri dapat lebih banyak.  Dengan seperti itu akan lebih tambah pula berat badannya. Bahkan seorang dengan pasca operasi bisa membuat ia menjadi tambah nafsu makannya. Akan tetapi yang perlu diingat yaitu pola makan saat pasca operasi amandel ini harus dijaga supaya tidak membuat sakit yang lebih parah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates