Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Faktor Penyebab Kleptomania

Seputar Faktor Penyebab Kleptomania

Seputar Faktor Penyebab Kleptomania

Seputar Faktor Penyebab Kleptomania

Seputar Faktor Penyebab Kleptomania – Kleptomania merupakan salah satu dari jenis-jenis penyakit sakit jiwa dengan tahap serius serta mampu menjadi suatu penyebab dari rasa emosional untuk penderitanya dan orang-orang yang dicintai pada saat kondisi semacam ini tidak segera diobati. Kebanyakan orang yang mengalami keadaan ini akan selalu hidup dalam ketakutan dan juga hidup dalam rahasia.Bukan hanya takut serta akan malu orang-orang untuk mengetahui kondisinya seperti apa, akan tetapi banyak orang yang mengalami rasa takut serta malu untuk memperoleh perawatan secara benar. Pengobatan psikoterapi sangatlah memungkinkan untuk orang dengan masalah kesehatan mental seperti kondisi ini. Perawatan tersebut dipilih sebab memang tidak ada obat khusus untuk mengatasi kleptomania.

Kleptomania kerap dianggap suatu kondisi yang tidak umum serta itulah alasan kenapa banyak kasus kleptomania yang kemudian menjadi tidak pernah terdiagnosa. Karena dibalik tidak terdiagnosanya kleptomania pada penderitanya yaitu sebab penderita kleptomania mempunyai rasa takut dalam mencari perawatan.

Keadaan kesehatan mental ini biasanya akan mulai menjangkiti seseorang pada masa remajanya atau mereka yang sudah memasuki usia dewasa muda. Beberapa faktor risiko yang harus diketahui supaya dapat menjadi pendukung untuk pengobatan ataupun terapi kleptomania, diantaranya:

1. Riwayat Kesehatan Keluarga
Masalah kesehatan mental memang akan selalu dialami oleh seseorang yang khususnya jika seseorang tersebut mempunyai keluarga dengan riwayat kesehatan yang sama. Apabila orang tua mempunyai kondisi kleptomania, dengan demikian kemungkinan pada anak akan menderita gangguan mental yang sama akan sangatlah besar.

2. Jenis Kelamin
Faktor jenis kelamin dapat menjadi faktor untuk meningkatkan risiko dari kondisi kleptomania sebab rata-rata kebanyakan penderitanya yaitu perempuan. Sudah diketahui bahwa terdapat kira-kira dua pertiga penderita kleptomania yaitu jenis kelamin perempuan.

3. Cedera Otak
Kleptomania dapat terjadi pada seseorang yang sebelumnya sudah mengalami trauma. Trauma ini merupakan trauma kepala dimana bisa dialami pada saat terjadi cedera otak. Seseorang yang sudah mengalami kecelakaan misalnya terjatuh atau terbentur, terutama pada bagian kepala maka akan mengalami cedera dan dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi otak serta berhubungan dengan gangguan mentalnya.

4. Mengalami Gangguan Kecemasan
Gangguan kecemasan dapat dialami oleh seseorang dan hal ini dapat menjadi salah satu faktor dengan meningkatkan risiko kleptomania. Gangguan kecemasan ini merupakan sebuah gangguan jiwa yang terjadi pada seseorang dimana hidupnya diliputi dengan rasa cemas secara berlebihan.

5. Mengalami Gangguan Bipolar
Gangguan bipolar dapat menjadi faktor yang mengakibatkan seseorang untuk menderita kleptomania. Kondisi bipolar yaitu suatu keadaan perubahan suasana hati yang akan terjadi secara drastis serta fluktuatif, seperti dari yang tadinya sangat gembira lalu akan menjadi sangat murung ataupun sebaliknya.

6. Stres Berlebihan
Rasa stres yang berlebihan dapat menjadikan seseorang akan pengidap kleptomania dan dengan  stres berlebihan akan disebabkan oleh keadaan mendesak dan terpojok. Misalnya suatu kondisi yang dapat menjadikan seseorang mudah stres secara berlebih yaitu seperti sudah mengalami kerugian yang besar.

7. Penggunaan Obat Terlarang
Penggunaan zat-zat kimia ataupun obat terlarang sudah diketahui dapat menjadi penyebab terganggunya kesehatan pada sistem saraf otak. Hal ini rupanya akan menjadi hal yang dapat mengganggu mental sampai dapat memperbesar risiko kleptomania pada penggunanya. Sebelum anda kecanduan obat terlarang, dengan demikian lebih baik menjauhi barang haram tersebut.

8. Penurunan Kadar Serotonin
Pada umumya, penyebab pasti dari kondisi kleptomania belumlah jelas untuk diketahui, akan tetapi kondisi ini kira-kira akan terbentuk akibat oleh komposisi kimia dalam otak yang berubah atau juga sebagai hasil gabungan perubahan pada otak.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates