Thursday , 24 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 15 Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan

15 Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan

15 Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan

15 Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan

15 Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan

15 Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan – Jenis jambu yang sering juga disebut jambu biji ini adalah salah satu jenis jambu yang lezat dan populer di masyarakat, tak hanya di Indonesia bahkan juga dunia. Jambu ini terdiri dari dua jenis, yaitu jambu kristal dengan biji dan isi berwarna merah dan ada juga yang memilIki isi dan biji berwarna putih. Keduanya sangat nikmat dikonsumsi, perbedaanya hanya ada pada warna dan teksturnya saja. Kandungan mineral dan gizinya pun tidak jauh berbeda satu sama lain. Memperoleh jambu kristal ini sangatlah mudah, bisa ditemukan di pasar tradisonal, hingga supermarket besar.
Berikut dijabarkan beberapa manfaat dari jambu kristal yang perlu anda ketahui :

1. Cocok untuk dibuat minuman

Bagi anda yang senang mengutak atik bahan makanan, anda dapat mengkonsumsi jambu kristal ini sebagai minuman dengan dijus. Selain daripada itu, juga bisa dikreasikan menjadi macam-macam menu dengan bahan dasar jambu kristal ini.

2. Baik untuk penyembuhan diare

Jambu kristal memiliki serat yang tinggi, dan juga mengandung senyawa yang bernama astringents. Senyawa astringents tersebut ternyata adalah salah satu senyawa yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit diare.

3. Mencegah sembelit atau sulit buang air besar

Tingginya serat yang dimiliki oleh jambu kristal, membuat sembelit dan sulit buang air besar yang dialami tuntas, karena salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan sembelit adalah kurang serat di dalam tubuh.

4. Mengobati flu dan batuk

Jambu kristal sangat effektif dalam mengurangi lender di tenggorokan. Selain itu, juga dapat menghambat aktivitas mikroba dan kuman yang menyebabkan batuk ataupun flu yang dialami.

5. Menjaga kesehatan kulit

Jambu Kristal merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin E. Vitamin E manfaatnya sangat baik bagi kesehatan kulit. Vitamin E dapat membantu mencegah kulit kering dan bersisik, mencerahkan wajah, mengangkat sel kulit mati, menjagga kelembaban kulit, dan menutrisi kulit dari dalam.

6. Menjaga rasa kenyang

Jika anda merasa lapar, namun belum waktunya untuk makan, maka anda dapat mengkonsumsi buah jambu kristal ini untuk camilan. Jambu kristal ini mempunyai kandungan karbohidrat dan potassium yang tinggi, sehingga bisa menghilangkan rasa lapar. Selain daripada itu, kandungan protein dan serat yang ada pada jambu kristal dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar.

7. Baik untuk kesehatan pencernaan

Serat merupakan salah satu zat yang penting untuk kesehatan pencernaan. Dengan serat, maka pencernaan akan menjadi lebih lancar, dan anda pun terhindar dari masalah pencernaan yang tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

8. Meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh

Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah jambu kristal pasti memiliki manfaat. Yang tentunya sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh baik dan sempurna, maka anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, fokus terjaga, dan selalu terlihat fit dan segar dalam beraktifitas.

9. Sebagai zat anti oksidan

Jambu kristal memiliki manfaat yang baik sebagai zat antioksidan. Antioksidan yang ada pada jambu kristal sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit, seperti contohnya kanker dan penyakit kronis lainnya. Selain daripada itu, radikal bebas juga menjadi penyebab terjadinya proses penuaan dini, terutama pada area kulit.

10. Baik untuk kesehatan mata

Jambu kristal memiliki kandungan vitamin A yang juga tinggi. Vitamin A berfungsi menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Ini membantu dalam mencegah berbagai macam gangguan mata, seperti rabun dekat, rabun jauh, rabun ayam, silindris, dan katarak

11. Memberikan energi bagi tubuh

Karbohidrat, protein, serat dan vitamin kompleks yang terdapat dalam buah jambu kristal, dapat memberikan energi yang baik bagi tubuh. Selain daripada itu, jambu kristal juga memiliki kandungan gula, yang sangat berguna untuk kebutuhan energi tubuh anda sehari-hari.

12. Baik untuk kesehatan tulang

Jambu kristal juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, dimana kita tahu kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang.

13. Mengobati sariawan

Jambu kristal sangat efektif untuk mencegah dan juga mengobati sariawan yang dialami. Karena jambu kristal memiliki kandungan vitamin C yang ukup tinggi.

14. Mencegah anemia

Jambu kristal juga memiliki kandungan zat besi. Zat besi tersebut dapat membantu mencegah munculnya gejala-gejala anemia, seperti letih, mudah lelah, lesu, sering tidak fokus dalam beraktifitas dan bekerja

15. Mencegah infeksi dan juga virus

Segala macam kandungan mineral dan vitamin yang terdapat pada jambu kristal ini memiliki sifat yang penting sebagai anti infeksi, anti bakteri dan juga anti peradangan. Itu artinya, jambu kristal sangat baik dalam mencegah gangguan kesehatan yang berhubungan dengan peradangan, infeksi dan juga virus dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat buah jambu kristal untuk kesehatan. Yang perlu diperhatikan, jika mengolah jambu kristal sebagai jus ataupun minuman, jangan menambahkan terlalu banyak gula dan juga air, supaya kandungan nutrisi dan mineral pada jambu kristal ini tetap terjaga.

About puji astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates