Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Mengatasi Mata Gatal dan Merah Secara Alami

Cara Mengatasi Mata Gatal dan Merah Secara Alami

Cara Mengatasi Mata Gatal dan Merah Secara Alami

Cara Mengatasi Mata Gatal dan Merah Secara Alami

Cara Mengatasi Mata Gatal dan Merah Secara Alami

Cara Mengatasi Mata Gatal dan Merah Secara Alami – Mata kita seringkali terinfeksi kotoran dan juga debu sehingga dapat mengakibatkan mata menjadi merah disertai dengan rasa yang sangat gatal. Kebiasaan buruk saat itu adalah mengucek mata ketika terasa gatal, sebenarnya hal tersebut hanya akan memperburuk kondisi mata. Tidak hanya mata menjadi semakin merah, mata bahkan akan terasa panas dan juga berair. Untuk itu, jika terjadi iritasi pada mata diharapkan untuk tidak mengucek mata dalam waktu yang lama.

Infeksi mata disebabkan oleh beberapa hal dan semuanya dapat diatasi dengan melakukan sejumlah terapi, dan tentunya secara alami. Namun untuk mengatasi mata yang gatal dan merah perlu dikenal dan diketahui beberapa penyebabnya, mungkin karena terjadi iritasi mata dan ada beberapa lapisan mata yang akan mengalami infeksi. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya iritasi pada mata sehingga mata menjadi gatal dan merah:

Penyebab Mata Menjadi Gatal dan Merah:

Terinfeksi Virus

Infeksi tersebut biasanya berhubungan dengan ISPA, gejala yang muncul akibat infeksi virus adalah mata mengeluarkan air, terasa gatal, menjadi merah, terasa bengkak dan mengganjal pada bagian mata.

Terinfeksi Bakteri

Bakteri staphylococcus dan bakteri pneumoccocus merupakan penyebab utamanya. Gejalanya pun sama seperti mata yang terinveksi virus. Selain itu, mata akan terasa perih disertai dengan keluarnya belek atau kotoran mata yang berwarna kuning pekat seperti nanah. Apalagi jika baru bangun tidur dipagi hari, mata akan terselimuti kotoran mata atau belek sehingga sulit untuk dibuka karena lengket. Mata akan terasa sangat panas dan juga terasa mengganjal seperti ada benda yang masuk ke dalam mata.

Akibat Alergi

Alergi mata dapat membuat mata terasa sangat gatal dan memerah serta berair. Terkadang juga akan terjadi pembengkakan pada kelopak mata seperti berisi cairan. Adanya penyebab mata gatal dan merah tersebut bisa diakibatkan karena dampak buruk terhadap lingkungan sekitar atau karena ketidaksengajaan dari beberapa tindakan yang kita lakukan dan akibatnya mata menjadi terinfeksi. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata gatal dan merah sebagaimana dijelaskan di atas. Dengan cara yang mudah dan alami bisa membuat mata kembali cerah dan tidak gatal bahkan tidak merah lagi. Bahan-bahan yang digunakan untuk pengobatan mata ini merupakan bahan yang sangat sering dijumpai dan mudah didapatkan dalam kehidupan sehari hari.

Sebagai antisipasi dan untuk pertolongan pertama, gunakanlah bahan-bahan yang alami untuk mengatasi mata gatal dan merah sebelum akhirnya memeriksakan ke dokter untuk tindakan yang lebih lanjut jika mata yang gatal dan merah tidak ada reaksi atau tidak mengalami perubahan secara signifikan. Berikut ini adalah cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata gatal dan merah.

Cara Mengatasi Mata Gatal dan Merah:

Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih memang sejak dulu dipercaya untuk mengatasi iritasi pada mata, seperti halnya gatal dan merah. Caranya yaitu dengan mengambil beberapa daun sirih kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Biarkan air rebusan daun sirih tersebut hingga dingin, setelah itu rendamlah muka pada air rebusan daun sirih tersebut dengan mata terbuka supaya iritasi pada mata menjadi hilang dan sembuh. Cara ini adalah cara yang cukup efektif untuk mengatasi mata gatal dan merah.

Irisan Timun

Irisan timu yang dingin juga dapat digunakan untuk mengatasi mata gatal dan merah. Caranya yaitu dengan mengiris timun secara tipis-tipis dan melintang kemudian letakkanlah pada mata dan biarkan hingga timun menjadi kering dan diganti setelah irisan timun tersebut sudah mengering. Irisan timun juga sangat efektif dan ampuh untuk mengatasi mata gatal karena timun dipercaya mengandung anti-iritasi yang menyegarkan mata.

Susu Murni

Susu murni juga dapat digunakan untuk mengatasi mata gatal dan merah yaitu dengan cara meneteskan beberapa tetes susu murni pada kapas kemudian letakkanlah kapas tersebut di atas mata dan biarkan hingga beberapa saat. Lakukan hal ini secara rutin hingga iritasi pada mata hilang dan sembuh.

Air Mawar

Selain menggunakan susu murni, iritasi mata juga dapat diatasi dengan menggunakan air mawar dan cara ini juga cukup praktis karena dapat dilakukan sendiri di rumah. Caranya yaitu dengan membersihkan mata yang merah dan gatal dengan air mawar minimal tiga kali dalam sehari hingga iritasi dan rasa gatal tersebut sudah tidak terasa lagi. Air mawar juga akan memberikan dampak rasa sejuk pada mata.

Irisan Kentang

Sama halnya dengan irisan timun, irisan kentang mentah juga dapat digunakan untuk mengatasi mata gatal dan merah. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengiris tipis kentang yang segar dan dingin kemudian letakkanlah di atas mata. Kentang dipercaya mampu membuat mata menjadi rileks dan sejuk sehingga rasa gatal perlahan akan menghilang.

Demikianlah beberapa cara mengatasi mata gatal dan merah dengan bahan-bahan alami yang mudah dan sangat murah didapatkan. Selain itu, dengan selalu menjaga kelembaban dan kebersihan mata juga dapat menghindari mata dari berbagai macam infeksi dan iritasi. Oleh karena itu disarankan untuk selalu membersihkan mata supaya berdampak baik untuk kesehatannya, jika perlu gunakanlah obat tetes mata yang dapat dibawa ke mana-mana dan dapat digunakan kapan saja sebagai pertolongan yang pertama jika terjadi iritasi ringan.

About fitri nuril

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates