Thursday , 14 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Pada Penderita Eksim

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Pada Penderita Eksim

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Pada Penderita Eksim

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Pada Penderita Eksim

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Pada Penderita Eksim

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Pada Penderita Eksim – Eczema atau eksim merupakan kelainan kulit kronis dengan salah satu hejala yang sangat gatal, ditandai dengan kulit yang kering, inflamasi serta eksudasi, yang kambuh – kambuhan. Kelainan biasanya dapat bersifat familial, dengan riwayat atopi dari diri sendiri ataupun keluarganya.
Atopi merupakan kelainan dengan dasar genetik dengan ditandai oleh kecenderungan individu untuk membentuk antibodi yang berupa imunoglobulin E (IgE) spesifik jika berhadapan dengan alergen yang umumnya dijumpai, dan kecenderungan untuk mendapatkan penyakit – penyakit asma, rhinitis alergika serta DA, dan beberapa bentuk urtikaria.

Eksim (dermatitis atopik) merupakan adanya peradangan menahun pada lapisan atas kulit yang dapat menyebabkan rasa gatal; dimana seringkali terjadi pada penderita rinitis alergika ataupun penderita asma serta pada orang-orang yang anggota keluarganya ada yang mengalami rinitis alergika atau asma.

Tanda-tanda adanya eksim, yaitu kulit kemerah-merahan, kulit menjadi kering, basah, ataupun tebal dan bersisik. Biasanya eksim baru berwarna agak lebih merah, agak basah, dan disertai bengkak. Sementara pada kondisi kronis atau sudah lama, akan lebih tebal, bersisik, kering, serta warnanya agak kehitaman. Eksim timbul akibat faktor pencetus dari lingkungan yang bersifat alergen yang bisa menimbulkan reaksi alergi pada tubuh, dengan demikian kulit akan menjadi gatal dan timbul eksim. Faktor lain yang akan memudahkan terjadinya eksim yaitu sifat kulit (kulit kering), akibat pemakaian sabun dengan kadar alkalinya tinggi, terlalu sering berada di dalam ruangan ber-AC dengan tingkat suhu di bawah 18° Celsius, menggunakan pakaian dari wol juga dapat memicu kambuhnya eksim.

Berikut pantangan jenis makanan bagi penderita penyakit eksim, diantaranya:
1. Telur
Mengkonsumsi telur untuk orang-orang yang memiliki alergi tertentu dapat merangsang jenis masalah kulit misalnya kemerahan dan ruam pada kulit.

2. Kacang
Menurut seorang ahli, konsumsi kacang juga termasuk ke dalam makanan yang bisa mengakibatkan reaksi alergi misalnya gangguan pada masalah perut serta ruam pada kulit.

3. Ikan dan daging
Ikan dan daging termasuk ke dalam beberapa jenis makanan yang jarus dihindari oleh seseorang yang mempunyai keluhan penyakit eksim, sebab ikan dan daging pada beberapa individu dapat menimbulkan dampak alergi. Jika hal tersebut terjadi, sehingga penyakit kulit eksim yang sedang dialami kondisinya akan semakin memburuk dan proses penyembuhannyapun akan berlangsung lebih lama dari yang diharapkan.

4. Susu sapi
Protein kasein merupakan kandungan dalam susu sapi, serta kandungan tersebut dikenal sebagai alergen utama yang dapat merangsang reaksi alergi lain termasuk adanya alergi perut, gerakan longgar, rasa mual, dan lain sebagainya.

5. Kacang kedelai
Di dalam kandungan kacang kedelai ini terdapat kandungan phytoestrogen serta serat yang tinggi, hal ini dapat menyebabkan terjadinya masalah pencernaan stomatitis, menyebabkan diare, kembung, serta sakit perut.

6. Tepung terigu
Gluten gandum dalam tepung terigu dikatakan alergen dapat mempercepat gejala celiac, yang merupakan suatu kondisi yang bisa merusak lapisan usus dan dapat mencegah penyerapan nutrisi penting.

Itulah beberapa pantangan jenis makanan penyakit eksim. Untuk anda penderita penyakit eksim, harus menjalani gaya hidup yang bersih dan juga dengan pola makan yang lebih sehat, terutama jenis makanan yang sudah dijelaskan di atas, sebisa mungkin harus menghindari untuk mencegah kemungkinan penyakit eksim yang bisa menjadi parah, dan tentunya sangat berperan dalam proses penyembuhan yang bisa berjalan dengan lancar pada saat anda melakukan pengobatan sekaligus pola makan yang benar dan juga sehat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates