Friday , 28 April 2017
artikel terbaru :
Home » Uncategorized » Ketahui Gejala dan Penyebab Cacingan Pada Anak

Ketahui Gejala dan Penyebab Cacingan Pada Anak

Ketahui Gejala dan Penyebab Cacingan Pada Anak

Ketahui Gejala dan Penyebab Cacingan Pada Anak

Ketahui Gejala dan Penyebab Cacingan Pada Anak

Ketahui Gejala dan Penyebab Cacingan Pada AnakCacingan merupakan suatu kondisi dimana parasit yang hidup serta memakan tubuh manusia. Mereka sebagian besar dapat ditemukan di saluran gastro-intestinal seseorang, terutama di dinding usus. Meskipun semua orang akan rentan terhadap penyakit, hal ini dapat lebih sering terjadi pada anak-anak. Bahkan pada suatu waktu mereka bisa terinfeksi dengan lebih dari satu jenis cacing, selain itu juga cacingan biasanya dapat terjadi pada musim hujan, akan tetapi juga bisa terjadi kapan saja apabila pola hidup yang diterapkan tidak sehat. Penyebab utama dari penyakit ini biasanya akibat mengkonsumsi daging yang kurang matang dalam pengolahannya, dan akibat minum air yang terinfeksi, selain itu juga kondisi kebersihan bisa menjadi faktor penting untuk terjadinya penyakit cacingan ini. Apabila kebersihan di sekitar tidak di jaga atau kotor, sehingga penyakit ini bisa sangat mudah menyerang seseorang.

Meskipun gejala penyakit cacingan tidak akan menyebabkan kematian, akan tetapi penyakit ini juga harus diperhatikan dengan baik. Sebab cacing parasit yang berada dalam tubuh manusia terutama pada anak-anak akan terus menggerogoti nutrisi dan juga kandungan penting di dalam tubuh yang bisa membuat anak akan lambat dalam pertumbuhannya. Selain itu juga, cacing parasit yang terdapat pada tubuh akan membuat menurunnya daya tahan tubuh dan akan membuat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit lain. Penyakit cacingan ini juga dikategorikan sebagai penyakit yang menular, dengan demikian apabila seseorang terserang penyakit ini segeralah lakukan pengobatan sebelum menular kepada orang lain, begitupun sebaliknya. Berikut merupakan penyebab gejala penyakit cacingan, diantaranya:

1. Pola Hidup yang tidak Sehat
2. Kebiasaan Berjalan Kaki Tanpa Sendal
3. Minum Air yang Terkontaminasi
4. Makanan Daging Kurang Matang
5. Kontak Seksual (pada orang dewasa)
6. Makan Makanan yang sudah Terkontaminasi
7. Kuman yang Masuk Melalui Hidung dan Kulit
8. Menggunakan Kotoran Manusia sebagai Pupuk
9. Tidak Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Makan

Berikut merupakan Gejala Penyakit Cacingan diantaranya:
1. Mengalami Diare
2. Mengalami Mual
3. Mengalami Batuk
4. Anemia (kurang darah)
5. Mengalami Muntah
6. Mengalami Demam
7. Mengalami Sembelit
8. Mengalami Sakit Kepala
9. Gelisah di Malam Hari
10. Kehilangan Berat Badan
11. Kekebalan Tubuh yang Menurun
12. Rasa Gatal di Daerah Sekitar Anus
13. Keinginan Terus-menerus untuk Makanan
14. Lingkaran Hitam di Bawah Mata (mata panda)
15. Akan Menderita Penyakit Radang Usus dan Paru-paru

Pengobatan untuk gejala penyakit cacingan sebenarnya cukuplah mudah, akan tetapi selalu diabaikan dan salah satunya dengan melakukan kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan serta kesehatan tubuh. Pada pengobatan penyakit cacingan, biasanya penderita bisa diobati dengan meminum obat cacing serta vitamin sesuai dengan dosis, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, menerapkan pola hidup sehat dan bersih agar dapat menghindari terkena penyakit ini kembali, serta rajinlah mencuci tangan dengan menggunakan sabun (antiseptik) sebelum dan juga sesudah makan. Kemudian segeralah berobat ke dokter apabila setelah minum obat cacing, penyakit cacingan yang diderita belum juga sembuh, dengan demikian dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui secara pasti jenis cacing yang menginfeksi serta perkembangan penyakit di dalam tubuh agar dapat diberi obat yang lebih tepat. Rajinlah untuk berolahraga dan mengkonsumsi buah serta sayur untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar dapat tetap dalam kondisi sehat dan bugar.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates