Thursday , 29 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Gejala Penyakit Parkinson

Ketahui Gejala Penyakit Parkinson

Ketahui Gejala Penyakit Parkinson

Ketahui Gejala Penyakit Parkinson

Ketahui Gejala Penyakit Parkinson

Ketahui Gejala Penyakit Parkinson – Parkinson merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh adanya gangguan di bagian organ otak, terutama di bagian sistem syaraf pusat otak manusia yang sudah  mengalami kemunduran. Para penderita parkinson yaitu pria dan wanita. Salah satu cara sederhana agar bisa mengetahui apakah seseorang terkena penyakit parkinsona yaitu dengan memperhatikan gejala yang dialaminya.

Tanda-tanda yang dialami seseorang yang mempunyai keluhan penyakit parkinson, yaitu gejala penyakit parkinson yang pertama yaitu pergerakannya sangat lambat serta terkadang ceroboh. Penderita pada penyakit parkinson akan membutuhkan waktu yang cukup lama meskipun cuma untuk memasang kancing baju, untuk menelepon, ataupun aktivitas lainnya. Menurunnya kemampuan gerakan tersebut dikenal dengan istilah Bradykinesia. Dimana sebagai kasus lanjutannya penderita pada penyakit parkinson akan mengalami kondisi membeku seperti halnya patung pada saat berjalan ataupun berputar arah serta tidak mampu melangkah.

Tangan ataupun lengan bergetar pada posisi diam atau santai. Sekitar 70 sampai 80 persen pasien penderita penyakit parkinson akan mengalami resting tremor atau getaran pada tangan, lengan, dagu, dan juga wajah. Getaran tersebut akan terjadi pada saat pasien meletakan tangannya di paha dengan kondisi santai ataupun pada saat mengambil cangkir atau gelas minumnya. Akan tetapi, apabila orang gemetar pada saat memegang cangkir ataupun pada saat menulis dengan menggunakan pena, kemungkinan ia hanya akan mengalami getaran biasa dan juga bukan merupakan parkinson.

Penderita dengan penyakit parkinson ini akan merasakan tegang atau sakit, mengalami kekakuan pada otot, lengan dan juga tubuh hingga sulit untuk melakukan gerakan. Pada saat akan bangun dari tempat tidur ataupun akan berdiri dari kursi menjadi sangat sulit untuk dilakukan. Pada penderita dengan penyakit parkinson juga akan jarang melakukan gerakan – gerakan yang sifatnya spontanitas dan juga ekspressi pada wajahnya juga mulai hilang.

Pasien yang menderita penyakit parkinson tidak akan bisa bertahan lama dalam posisi berdiri, dimana keseimbangan tubuh akan hilang dan jika ia berdiri bisa terjatuh, berjalan pun dengan langkah – langkah yang kecil dan lambat.

Pada penderita parkinson terjadi masalah pada sisi lain tubuh. Gejala penyakit parkinson ini akan berupa jari-jari yang begetar ataupun kekakuan pada kaki. Pergerakan motoris pada seseorang yang mengalami parkinson awalnya ia hanya mengganggu satu sisi tubuh, kemudian selanjutnya dalam beberapa tahun ke depan dimana gangguan ini akan menyebar ke sisi yang lain.

Penderita parkinson akan mengalami perubahan tulisan tangan. Hal yang dapat berubah dan terjadi pada penderita parkinson yaitu tulisan tangannya akan menjadi lebih kecil dan juga berdesakan, hal ini dianggap sebagai gejala awal dari kondisi parkinson karena kesulitan untuk melakukan gerak motorik yang dialami oleh penderita parkinson tersebut.

Penderita parkinson akan mengalami kekurangan tenaga. Pada saat penderita penyakit parkinson berjalan, dimana satu tangan tidak berayun sebanyak tangan yang lainnya serta pergerakan yang lambat ini dapat menjalar ke seluruh tubuh. Sebagai contoh pada awalnya tangan berayun lebih lamban dari yang biasanya, selanjutnya diikuti dengan jarang berkedir dan menelan ludah.

Seseorang yang mempunyai keluhan penyakit parkinson ini tidak akan mengenal bau-bauan. Pada tahap awal, penderita bisa sering kehilangan indera penciumannya sebab proses menurunnya perkembangan syaraf.
Kata-katanya akan sulit didengar dan juga difahami, sebab penyakit ini bisa mengakibatkan suara penderitanya akan menjadi lebih pelan, menjadi lemah dan sulit untuk dimengerti.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates