Thursday , 14 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Masalah Jantung

Ketahui Penyebab Masalah Jantung

Ketahui Penyebab Masalah Jantung

Ketahui Penyebab Masalah Jantung

Ketahui Penyebab Masalah Jantung

Ketahui Penyebab Masalah Jantung – Pada saat seseorang mengalami atau merasakan sakit di bagian dada, hal yang pertama kali yang ada dipikiran yaitu terjadinya serangan jantung. Hal tersebut  tentu saja dapat membuat mereka was-was dan takut. Rasa sakit ataupun nyeri yang muncul di bagian dada tentu saja bukan sesuatu yang dapat diabaikan begitu saja, sehingga harus segera mencari tahu tentang kemungkinan penyebab kenapa terjadinya gangguan tersebut. Berikut merupakan beberapa penyebab terjadinya masalah pada jantung, diantaranya :

1.    Coronary Artery Disease (CAD / angina)
Coronary Artery Disease atau disebut Penyakit Arteri Koroner adalah penyakit jantung yang terjadi sebagai akibat terjadinya penyumbatan di pembuluh darah jantung yang pada akhirnya dapat mengurangi aliran darah serta oksigen ke otot jantung. Gangguan ini bisa menyebabkan rasa sakit yang disebut angina. CAD adalah gejala penyakit jantung yang tidak akan menyebabkan kerusakan permanen pada organ tersebut. Rasa nyeri pada dada bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya misalnya lengan, bahu, rahang, dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa dipicu oleh beberapa hal misalnya tekanan darah tinggi, tingkat kolesterol tinggi, akibat diabetes, terapi radiasi untuk dada misalnya yang digunakan untuk jenis kanker tertentu, akibat gaya hidup seperti kegiatan olah raga, kegembiraan, ataupun gangguan emosi. Dimana gejala ini dapat hilang dengan istirahat.

2.    Myocardial infarction (heart attack / serangan jantung)
Adalah gangguan atau serangan jantung yang diakibatkan karena terjadinya penurunan aliran darah yang melalui pembuluh darah jantung serta bisa menyebabkan kematian sel-sel pada otot jantung. Adapun tanda-tanda ataupun gejalanya yaitu : berkeringat, mengalami mual, sesak napas dan tubuh akan mengalami tingkat kelelahan dan kelemahan yang parah.

3.    Myocarditis
Myiokarditis  adalah suatu peradangan yang dapat terjadi pada miokardium, yakni lapisan tengah dinding jantung yang biasanya diakibatkan oleh infeksi virus. Pada saat keadaan pasien dengan miokarditis menjadi parah, hal tersebut akan menyebabkan fungsi pemompaan jantung akan melemah, hati tidak dapat memenuhi pasokan darah ke seluruh tubuh. Penggumpalan darah juga akan terbentuk pada organ hati, yang bisa menyebabkan stroke ataupun serangan jantung. Meskipun tidak terdapat penyumbatan, gejala miokarditis seringkali mirip dengan serangan jantung. Adapun dari myokarditis yaitu :

a.    Timbulnya rasa nyeri pada daerah dada
b.    Peradangan otot jantung
c.    Demam
d.    Kelelahan
e.    Detak jantung menjadi abnormal

4.    Diseksi aorta
Merupakan suatu kondisi yang melibatkan arteri utama. Apabila terjadi lonjakan darah, sehingga bagian dalam dan juga tengah aorta dapat terpecah atau akan terpisah yang pada akhirnya bisa menyebabkan aorta pecah. Diseksi aorta akan relatif jarang terjadi, akan tetapi kondisi ini paling sering terjadi pada pria yang sudah berusia 60 sampai 70 tahun. Adapun gejala gangguan ini yaitu:

a.    Penyebab dada sakit dan terasa berat secara tiba-tiba
b.    Timbulnya rasa nyeri pada punggung
c.    Menyebabkan Menurunnya tingkat kesadaran
d.    Mengalami Sesak nafas
e.    Mengalami Kesulitan berbicara
f.    Menyebabkan Hilangnya penglihatan
g.    Terjadi kelemahan atau kelumpuhan pada salah satu organ tubuh
h.    Nadi akan menjadi sangat lemah

5.    Perikarditis
Perikarditis merupakan pembengkakan dan iritasi yang terjadi pada perikardium, yakni kantung tipis yang menyerupai membran yang mengelilingi organ jantung. Pericarditis bisa menyebabkan nyeri pada dada yang sangat tajam serta gejala lainnya. Gangguan ini biasanya akan datang secara tiba-tiba akan tetapi tidak berlangsung lama. Gejala perikarditis antara lain :

a.    Timbulnya rasa nyeri yang menusuk pada bagian dada atas pusat atau sisi kiri dada
b.    Sesak napas saat berbaring
c.    Jantung berdebar-debar
d.    Terjadi demam ringan
e.    Kelemahan serta kelelahan pada tubuh
f.    Timbulnya batuk
g.    Pembengkakan pada bagian perut atau kaki

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates