Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Radang Sendi dan Metode Pengobatanya

Ketahui Penyebab Radang Sendi dan Metode Pengobatanya

Ketahui Penyebab Radang Sendi dan Metode Pengobatanya

Ketahui Penyebab Radang Sendi dan Metode Pengobatanya

Ketahui Penyebab Radang Sendi dan Metode Pengobatanya – Radang sendi merupakan suatu penyakit yang dinamakan dengan istilah arthritis. Penyakit ini merupakan akibat dari adanya kondisi peradangan di beberapa sendi ataupun satu sendi saja. Terdapat beberapa gejala yang akan dirasakan oleh penderita secara umum, diantaranya:1. Ada sensasi panas atau sekadar hangat di bagian sendi.
2. Muncul kemerahan di bagian sendi yang terkena radang.
3. Sendi akan mengalami bengkak.
4. Muncul rasa sakit pada bagian sendi.
5. Sendi akan menjadi kaku dan terasa susah untuk menggerakannya.

Dengan mengetahui sumua penyebab radang sendi, maka dapat dengan mudah untuk mencegah kondisi ini sebelum timbulnya gejala. Dari gejala yang timbul akibat adanya radang sendi, berikut merupakan berbagai faktor penyebab radang sendi yang harus diketahui, diantaranya:

1. Faktor Usia
Usia nampaknya menjadi faktor utama di setiap kondisi penyakit kronis dan juga serius. Jiak usia semakin menua, maka lebih berisiko mengalami radang sendi. Bertambahnya usia akan menandakan bahwa tubuh akan semakin rentan terhadap segala penyakit, termasuk mengalami sendi yang dapat makin memburuk.

2. Obesitas
Obesitas selain menyebabkan penyakit jantung akibat penumpukan lemak namun obesitas pun penyebab peradangan di bagian sendi.

3. Cedera Sendi
Akibat cedera sendi dapat berpotensi besar dalam mengakibatkan radang pada sendi. Cedera yang tidak kunjung sembuh ataupun penanganan yang kurang tepat pada cedera sendi maka kemungkinan akan menjadi pemicu adanya cedera pada sendi sehingga dapat menyebabkan radang sendi.

4. Riwayat Kesehatan Keluarga
Pada saat salah seorang anggota keluarga mempunyai riwayat kesehatan mengalami radang sendi, dengan demikian berpotensi lebih besar untuk mengalami radang sendi.

5. Jenis Kelamin
Faktor jenis kelamin sudah jelas menjadi salah satu yang tidak bisa diabaikan, khususnya pada kasus rheumatoid arthritis atau radang sendi dimana lapisan kapsul sendi akan diserang oleh sistem imun tubuh, yang menyebabkan bengkak dan meradang, serta lebih cenderung terjadi pada wanita dibanding pria.

6. Merokok
Pada radang sendi, penderita lebih sering diakibatkan oleh faktor kebiasaan merokok. Dengan demikian bahaya merokok untuk alat pernafasan bukanlah satu-satunya dampak, melainkan merokok juga bisa membahayakan bagian sendi.

7. Kondisi Asam Urat
Penyakit ini dapat menyebabkan radang sendi, khususnya pada sendi jempol kaki dimana zat asam urat diakibatkan oleh menumpuknya zat asam urat dalam tubuh. Penyebabnya, sendi akan meradang dan sakit, serta mengalami gejala pembengkakan pada sendi tersebut.

8. Serviks Spondylosis
Serviks Spondylosis merupakan istilah lain dari osteoarthritis degeneratif dimana radang pada sendi akan lebih berpusat pada tulang dan juga sendi leher. Pengaruh pada bagian-bagian tersebut juga akan mengakibatkan peradangan, kekakuan, dan rasa nyeri yang tidak tertahankan.

9. Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit kronis yang dapat menyerang bagian kulit. Jenis penyakit kulit ini dapat mempengaruhi sendi serta menyebabkannya mengalami peradangan.10. Radang Usus
Radang yang terjadi pada sendi juga bisa diakibatkan oleh adanya komplikasi penyakit radang usus. Peradangan serta rasa sakit bisa terjadi pada bagian punggung, sendi tungkai dan keadaan ini lebih dikenal dengan istilah enteropathic arthritis.

11. Reactive Arthritis
Penyakit ini tidak hanya menyebabkan radang pada bagian sendi saja. Rupanya reactive arthritis merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan radang pada indera penglihatan ataupun mata serta bagian uretra. Jadi jika gejala-gejala sakit sendi disertai dengan radang di bagian uretra dan mata, sehingga perlu penanganan serius dari dokter.

 Metode Pengobatan Radang Sendi
Radang sendi bisa diobati dan cara mengobatinya yaitu dengan melakukan perbaikan pada fungsi sendi. Berikut ini merupakan metode pengobatan yang bisa dilakukan oleh penderita.
1. Obat Khusus untuk Radang Sendi (natrium diklofenak, ibuprofen dan parasetamol)
2. Fisioterapi
3. Operasi atau Pembedahan

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates