Thursday , 23 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyakit Hemofilia

Seputar Penyakit Hemofilia

Seputar Penyakit Hemofilia

Seputar Penyakit Hemofilia

Seputar Penyakit Hemofilia

Seputar Penyakit Hemofilia – Hemofilia merupakan gangguan sistem pembekuan darah, seseorang yang mengalami penyakit hemofilia ini pada saat mengalami luka, darah akan terus keluar, hal tersebut terjadi karena darah yang seharusnya membeku tidak dapat membeku atau bisa membeku akan tetapi dalam waktu yang lebih lama dibanding normal.Terdapat beberapa jenis penyakit hemofilia, yang paling umum yakni hemofilia A dan B. Semuanya bisa menyebabkan perdarahan yang berkepanjangan. Luka kecil yang terjadi pada orang yang mengalami hemofilia biasanya tidak akan menjadi masalah yang serius. Masalah serius, terutama pada penderita hemofilia A dan B, pada saat terjadi pendarahan di dalam (interna) dan pendarahan pada sendi.

Penyakit hemofilia ini merupakan suatu penyakit yang diwariskan atau diturunkan (inherited) sebab terkait dengan kromosom X. Dengan demikian Hemofilia merupakan suatu penyakit seumur hidup, meskipun demikian dengan perawatan yang tepat serta perawatan diri yang baik, kebanyakan orang dengan hemofilia bisa mempertahankan gaya hidup aktif dan juga produktif. Penyebab Hemofilia misalnya telah disinggung sebelumnya, hemofilia merupakan penyakit terkait kromosom X ataupun kelainan genetik yang meng kode faktor pada pembekuan darah.

Kita mengetahui, bahwa setiap manusia normal mempunyai dua kromosom seks, XX ataupun XY. Perempuan mewarisi kromosom X dari seorang ibu dan kromosom X dari seorang ayah. Sedangkan Laki-laki dapat mewarisi kromosom X dari ibu sedangkan kromosom Y dari ayah. Gen yang mengakibatkan hemofilia A atau B terletak pada kromosom X, dengan demikian tidak dapat ditularkan dari ayah ke anaknya.

Hemofilia A maupun B hampir selalu terjadi pada anak laki-laki dan juga diturunkan dari ibu ke anak dengan melalui salah satu gen ibu. Akan tetapi kebanyakan perempuan yang mempunyai gen hemofili ini hanya berperan sebagai pembawa serta tidak menunjukkan tanda-tanda ataupun gejala hemofilia. Selain faktor keturunan tersebut, terdapat juga kemungkinan untuk seseorang mengalami hemofilia A atau B dengan melalui mutasi gen spontan.

Gen yang mengakibatkan hemofilia C bisa ditularkan kepada anak – anak oleh salah satu orang tua. Hemofilia C bisa terjadi pada anak laki-laki serta perempuan. Akibat gangguan gen tersebut sehingga terjadilah:
1. Hemofilia A
Jenis yang paling banyak, hemofilia A diakibatkan oleh kurangnya faktor pembekuan 8 (VIII).

2. Hemofilia B
Diakibatkan oleh kurangnya faktor pembekuan 9 (IX).

3. Hemofilia C
Tipe ini diakibatkan oleh kurangnya faktor pembekuan 11 (XI), dan gejalanya seringkali paling ringan diantara jenis hemofilia yang lainnya. Tanda serta Gejala HemofiliaTingkat keparahan atau timbulnya tanda dan juga gejala hemofilia sangat tergantung pada seberapa berat kekurangan faktor pembekuan dalam darah, apabila kurangnya hanya sedikit dengan demikian pendarahan hanya terjadi pada saat ada luka, kan tetapi jika kadar faktor pembekuan sangat rendah dapat terjadi pendarahan spontan (tanpa sebab).

Tanda dan gejala pendarahan yang bisa terjadi pada hemofilia, yaitu:
1. Beberapa memar pada kulit yang berukuran besar
2. Memar berlebihan setelah terbentur
3. Sendi bengkak dan nyeri yang diakibatkan oleh perdarahan internal
4. Darah dalam urin atau feses (tinja)
5. Pendarahan yang tidak kunjung berhenti setelah terjadi luka atau cedera atau setelah operasi atau cabut gigi
6. Mimisan tanpa diketahui penyebabnya
7. Perdarahan yang tidak biasa setelah suntik ataupun imunisasi

Tanda dan gejala hemofilia darurat sebagai berikut:
1. Nyeri tiba-tiba,
2. pembengkakan,
3. Rasa hangat pada sendi-sendi besar, seperti lutut, siku, pinggul dan bahu, dan otot-otot lengan dan kaki
4. Perdarahan setelah cedera, terutama jika mempunyai bentuk parah dari hemofilia
5. Nyeri, sakit kepala tidak kunjung reda
6. Sering muntahKelelahan ekstrim
7. Sakit leher
8. Penglihatan ganda (diplopia)

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates