Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Makanan Yang Berbahaya Bagi Lambung

Beberapa Makanan Yang Berbahaya Bagi Lambung

Beberapa Makanan Yang Berbahaya Bagi Lambung

Beberapa Makanan Yang Berbahaya Bagi Lambung

Beberapa Makanan Yang Berbahaya Bagi Lambung

Beberapa Makanan Yang Berbahaya Bagi Lambung . Bagi kita yang suka makan makanan apa saja dan gemar mencoba-coba, lebih baik mulai berhati-hati bila sudah terkena  gangguan pada lambung. Penyakit maag bisa diidap oleh siapa saja dan yang tadinya tidak memiliki penyakit ini dapat secara tiba-tiba mengalaminya akibat terlalu sering mengonsumsi makanan tertentu.

Penyakit maag perlu dicegah bila mungkin, dan caranya adalah dengan menghindari makanan yang berbahaya bagi lambung seperti di bawah ini;

1. Cokelat

Banyak sekali orang yang menyukai cokelat dan pasti sedihnya bukan main kalau harus menjauhi makanan satu ini dikarenakan bahaya cokelat bagi kesehatan lambung. Tapi ini benar bahwa cokelat merupakan makanan yang termasuk penyebab terjadinya gejala asam lambung karena theobromine ada di dalamnya sehingga jika terlalu banyak serta sering memakan cokelat bisa-bisa di kerongkongan kita terasa ada aliran asam.

2. Makanan dengan Rasa Asam

Menjadi salah satu jenis buah yang menawarkan kadar tinggi vitamin c, jeruk juga dikenal sebagai buah yang cukup membahayakan bagi lambung disebabkan oleh rasa kecutnya. Penyakit lambung sangat mudah disebabkan oleh jeruk, maka dari itu kita sering mendengar anjuran untuk mengonsumsi jeruk di saat kita sudah makan nasi. Intinya, jangan membiarkan perut kosong menerima makanan yang rasanya masam supaya tak sakit perut dan lambung. Selain jeruk, masih ada juga tomat dan lemon yang juga perlu dibatasi dan dihindari bila diperlukan supaya keadaan lambung yang sakit tak semakin memburuk karena keseimbangan pH di dalam perut kita dapat mengalami gangguan.

3. Minuman Bersoda

Jenis minuman soda pun banyak yang suka karena segar dan diminumnya saat cuaca dan suhu panas-panasnya. Hanya saja, minuman soda tidak sebaik itu terhadap lambung kita karena di dalamnya ada kandungan asam yang memicu asam lambung meningkat dengan gampangnya. Ingat juga bahwa minuman bersoda akan menimbulkan efek karbonasi sehingga gas akan menimbun di dalam lambung sehingga akhirnya menjadi tak nyaman.

4. Minuman Beralkohol

Kalau jenis minuman satu ini sudah pasti tidak aman tak hanya untuk lambung, tapi juga seluruh kesehatan organ tubuh kita. Alkohol telah dicap sebagai minuman perusak tubuh dan perlu ditekankan pula di sini bahwa minuman berkandungan alkohol mampu membuat refluks asam lambung lebih parah dari semula. Tubuh kita akan lebih gampang mengalami dehidrasi ketika mengonsumsi alkohol dikarenakan asam lambung yang meningkat juga.

5. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman nikmat yang kebanyakan orang sangat menyukainya hingga meminumnya beberapa cangkir dalam sehari, bahkan ada juga yang sampai ketagihan. Ini bukan hal yang baik untuk ketagihan kopi karena gangguan asam lambung dapat terjadi jika terlalu sering meminumnya. Kebiasaan ini bisa memicu sakit maag kronis sehingga sebaiknya mulai dibatasi jika sulit untuk menghentikan secara langsung, hal ini pun berlaku pada makanan dengan kandungan utama kopi.

6. Teh

Selain kopi, teh pun berbahaya untuk lambung dan bisa memicu asam lambung naik secara cepat apabila terlalu banyak mengonsumsinya. Teh tersedia dengan banyak jenis, dan untuk itulah sangat penting untuk memperhatikan asupannya agar tidak terlalu sering dan banyak. Secangkir teh sehari masih tergolong aman dalam mencegah gangguan lambung menyerang, tapi kalau sudah parah, teh ini memang harus dihindari sama sekali.

7. Brokoli

Sepintas mendengar nama brokoli pasti yang ada dalam benak kita adalah sebuah jenis sayur sehat yang pastinya tak akan mungkin memicu penyakit. Memang brokoli itu sumber nutrisi dan juga serat tapi makan brokoli ketika sudah ada gejala sakit maag akan membahayakan lambung sebab sistem saluran pencernaan akan memproduksi gas lebih banyak.

8. Gorengan

Masyarakat kita memang tak bisa jauh dari makanan yang serba digoreng karena kita tahu betapa nikmatnya makanan ini terlepas dari bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatan. Namun yang sudah merasakan gejala maag, gorengan yang terlalu banyak dapat memperburuk kondisi lambung, dan gorengan berlebihan berpotensi meningkatkan risiko penyakit lambung. Kerongkongan dan ulu hati adalah bagian yang akan mengalami rasa nyeri ketika asam lambung naik.

9. Makanan Berporsi Besar

Banyaknya asam lambung dapat terjadi karena makan dalam porsi yang terlalu besar. Waspadalah karena hal ini jika dilakukan terus-menerus berpotensi menyebabkan penumpukan asam lambung dan membuat kerongkongan teriritasi. Itulah alasan mengapa lebih dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil tapi lebih sering ketimbang sekalinya makan tapi langsung dalam porsi besar.

10. Buah  yang Mengandung Gas

Buah yang banyak mengandung gas di dalamnya adalah durian, rambutan, nangka dan nanas, di mana buah-buah ini sangat berbahaya bagi lambung, apalagi kalau  sudah terkena gejala penyakit maag dapat menjadi makin parah. Kadar asam lambung dapat otomatis naik jika mengonsumsi berlebihan, maka disarankan pula bagi yang tidak punya sakit maag untuk tidak memakan buah-buah tersebut terlalu sering.

11. Makanan Hasil Fermentasi

Yang dimaksud adalah oncom dan tape , sedangkan untuk yogurt dan tempe masih tergolong aman untuk kita konsumsi. Bagi penderita penyakit maag, makan oncom dan tape bisa lebih memperburuk keadaan lambung. Untuk yang tidak punya sakit maag, makan kedua makanan ini bisa menaikkan risiko terkena penyakit maag.

12. Susu yang Diolah dengan Lemak Tinggi

Susu memang ada yang bagus untuk maag atau lambung kita dan dapat mengatasi sakit maag, namun khusus untuk produk susu yang pengolahannya tinggi lemak bisa membahayakan lambung. Yang sudah punya sakit maag sebelumnya pun perlu menjauhi atau membatasi konsumsi susu jenis ini, salah satu contoh produk susu olahan lemak tinggi adalah mentega yang memang memberi rasa gurih tapi lemaknya sangat tinggi sehingga masuk dalam makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

13. Makanan pedas

Makanan yang serba pedas bisa mempengaruhi keadaan lambung.Untuk itulah mengapa para penderita maag pun perlu membatasi makanan pedas, dan bahkan harus menjauhinya supaya sakit pada lambung tak menjadi makin parah. Penting untuk diketahui bahwa asam dapat menumpuk sewaktu kita memilih menikmati makanan-makanan pedas dan sebagai akibatnya bakal terjadi peningkatan asam lambung. Saus pedas dan cabai adalah yang sebaiknya dihindari agar gejala sakit maag dapat kita cegah.

Demikianlah beberapa makanan yang perlu dibatasi dan dijauhi karena berbahaya bagi lambung, semoga bermanfaat.

About ai risyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates