Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Berbagai Jenis serta Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Berbagai Jenis serta Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Berbagai Jenis Serta Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Berbagai Jenis Serta Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Berbagai Jenis Serta Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Berbagai Jenis Serta Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil – Selama kehamilan, organ- organ tubuh bekerja 2 kali lipat karena sekarang menopang janin didalam rahim. Oleh sebab itu, banyak ibu hamil mengalami gampang untuk merasa lelah, sering merasa sakit pinggang, mudah untuk terkena sakit kepala, pusing dan sebagainya. Oleh sebab itu dianjurkan selama kehamilan, ibu hamil sebaiknya tidak melakukan kegiatan berlebih yang bisa membuat ibu hamil merasa terlalu lelah, sering istirahat dapat membantu ibu hamil melewati hari-harinya dengan menyenangkan. Akan tetapi meskipun demikian, tidak berarti ibu hamil harus bermalas-malasan, ibu hamil juga perlu berolahraga untuk meningkatkan kebugaran tubuh serta kesehatan kehamilannya. Tentunya porsi serta jenis olahraga yang dilakukan akan berbeda saat ibu tidak sedang hamil.
Banyak manfaat yang dapat ibu hamil dapatkan jika selama kehamilan melakukan olahraga. Dengan olahraga dapat membantu memperbaiki mood pada ibu hamil, lebih nyaman saat tidur, mengurangi rasa pegal-pegal serta sakit pinggang. Disamping itu dengan berolahraga, diharapkan ibu hamil lebih siap saat menghadapi persalinan, sebab memiliki daya tahan serta otot-otot yang sudah terlatih. Dengan olahraga yang rutin selama kehamilan pun akan lebih memudahkan ibu untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah melahirkan.

1. Jalan Kaki
Jalan kaki merupakan jenis olah raga terbaik yang dapat dilakukan oleh ibu hamil selama kehamilannya. Jalan kaki sangat baik guna melancarkan peredaran darah serta menjaga ibu hamil tetap fit. Melakukan jalan kaki tentunya semua orang dapat melakukannya, tidak memerlukan peralatan yang banyak, bisa dilakukan di mana saja serta dapat dilakukan hingga akhir kehamilan.
Selama melakukan olahraga ini, hindarkan ibu hamil untuk mengalami dehidrasi, oleh sebab itu selalu bawa persediaan air minum selama jalan kaki / jangan melakukannya saat terik matahari di siang hari. Begitu juga, hindari melakukan jalan kaki ketika malam hari. Hindari juga jalan kaki dengan jalur yang menanjak.

2. Berenang
Para ahli kesehatan menyatakan bahwa berenang ialah salah satu olahraga terbaik untuk ibu hamil. Berenang sangat baik karena sangat bagus untuk melatih otot otot besar (kaki serta tangan). Memberi manfaat untuk kinerja jantung dan juga mempermudah dalam menurunkan berat badan untuk ibu hamil yang over weight. Disamping itu olahraga berenang bisa menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi. Akan tetapi meskipun demikian disarankan ibu hamil dalam setiap 15 menit sekali minum satu gelas air selama melakukan olahraga renang serta satu gelas setelah selesai. Olahraga berenang sendiri dapat dilakukan oleh ibu hamil selama 30 menit dalam sehari. Gaya dada cocok dilakukan bagi ibu hamil sebab tidak membutuhkan banyak gaya putaran seperti pada gaya bebas pula hanya membutuhkan tenaga yang sedikit. Disamping itu gaya punggung juga baik dilakukan oleh ibu hamil ketika renang karena air dapat mengurangi efek gravitasi pada tubuh serta dengan posisi terlentang dapat menghindari resiko terganggunya aliran darah.

3. Senam Hamil
Walaupun ibu hamil dapat melakukan senam secara mandiri berdasarkan DVD yang banyak beredar akan tetapi akan lebih baik bila ibu hamil melakukan senam hamil yang dipandu oleh ahli atau mengikuti kelas-kelas hamil yang sekarang ini banyak berdiri. Selain mendapatkan kebugaran serta panduan yang tepat , ibu bisa berinteraksi dengan para ibu hamil lainnya sehingga makin menambah pengetahuan serta berbagi pengalaman dengan yang lain. Dengan melakukan senam hamil, bisa menambah kesehatan serta kebugaran ibu hamil beserta janinnya . Disamping itu senam hamil bisa membantu melenturkan serta menguatkan otot-otot yang diperlukan ketika persalinan nanti sehingga akan mempermudah dalam proses persalinan.

4. Yoga
Sama dengan senam hamil, apabila ibu hamil ingin melakukan yoga ada baiknya untuk mengikuti kelas-kelas yoga dengan panduan para ahli. Selain membantu kebugaran tubuh pada ibu hamil, kelebihan yoga ialah melatih pernapasan serta relaksasi ibu hamil yang sangat penting diperlukan ketika persalinan nanti karena, ketika persalinan nanti dibutuhkan teknik-teknik pernapasan yang baik serta ibu hamil yang rileks juga yoga dapat membantu mewujudkan itu. Relaksasi yang didapatkan dari latihan yoga bisa membuat ibu hamil menjalani hari-harinya dengan tenang, dan juga mampu mengurangi rasa takut akan proses persalinan.
Kami mengingatkan kembali agar ibu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan sebelum ibu hamil melakukan olahraga.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates