Thursday , 23 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Mengatasi Nyeri Saat Melahirkan

Cara Mengatasi Nyeri Saat Melahirkan

Cara Mengatasi Nyeri Saat Melahirkan

Cara Mengatasi Nyeri Saat Melahirkan

Cara Mengatasi Nyeri Saat Melahirkan

Cara Mengatasi Nyeri Saat Melahirkan – Persalinan ialah serangkaian kejadian yang berlangsung dari tahap demi tahap. Dimulai dengan adanya kontraksi yang teratur dan semakin lama semakin nyeri, keluarnya lendir yang bercampur dengan darah, lalu disusul dengan pecahnya ketuban serta berakhir dengan lahirnya bayi yang cukup bulan / hampir cukup bulan yang disertai dengan pengeluaran plasenta atau ari-ari dan selaput janin dari perut ibu.

Dalam tahapan proses melahirkan, kontraksi ialah tanda paling awal yang mengisyaratkan persalinan akan segera dimulai. Kontraksi ini akan dirasakan mulai dari puncak rahim yang kemudian akan menjalah dan mengarah ke jalan lahir. Kondisi kontraksi akan semakin lama serta semakin kuat dan jaraknya akan semakin pendek antara kontraksi yang satu dengan kontraksi lainnya. Adapun tanda-tanda tersebut ialah keluarnya lendir bercampur darah yang keluar dari jalan lahir. Kondisi ini biasanya akan disertai dengan rasa sakit yang berlangsung cukup lama sampai waktu persalinan tiba.

Beberapa ibu hamil yang akan segera memulai proses melahirkan sebagian diantaranya ada yang mampu menahan rasa sakit sampai pembukaan jalan lahir cukup lebar. Akan tetapi ada juga ibu hamil yang tidak tahan dengan rasa nyeri yang timbulkan bahkan ketika pembukaan jalan lahir belum muncul.

Lalu Mengapa Nyeri Persalinan Dapat Timbul Begitu Saja?
Nyeri saat bersalin dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti :

1. Meregangnya jalan lahir, mulut rahim atau serviks serta jaringan lunak yang berada disekitarnya.

2. Terdapat gerakan kontraksi rahim yang mengakibatkan otot-otot dinding rahim menjadi mengerut, sehingga timbulnya nyeri yang tidak bisa dihindarkan. Adapun mengerutnya otot-otot rahim ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon pada saat hamil.

3. Keadaan psikologis ibu yang terus menerus cemas, ketakutan dan tegang sebagai respon stres bisa memicu peningkatan rasa nyeri.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi kendala diatas, mari kita simak berikut ini :

• Kompreslah bagian punggung bawah ibu dengan menggunakan air hangat diantara jeda saat kontraksi. Tindakan ini bertujuan guna memperlebar dan memperlancar peredaran darah, sehingga rasa nyeri dapat dikurangi dan diatasi.

• Cobalah untuk mengalihkan perhatian supaya ibu tidak berfokus pada rasa nyeri yang dirasakan seperti bernyanyi ataupun berbicara dengan pasangan saat rasa nyeri timbul. Terutama bila ibu seorang muslim ibu bisa berdzikir / bertasbih untuk melepaskan rasa nyeri. Hanya saja hal ini dilakukan dengan tidak terlalu keras supaya ibu tidak terlalu membuang energi.

• Buanglah air kecil sesering mungkin jika ibu menginginkannya. Akan tetapi hal ini tentunya perlu diimbangi dengan asupan cairan yang cukup ke dalam tubuh ibu. Berkemih bisa membantu turunya kepala bayi ke dasar panggul dengan baik serta menjaga ritme kontraksi persalinan.

• Mintalah keluarga / suami untuk memijat punggung bagian bawah anda. Gunakan minyak aroma terapi yang lembut serta menenangkan untuk memijat punggung bawah sebagai pelicin. Akan tetapi jika anda tidak mendapatkan minyak aromaterapi anda dapat menggantinya dengan lotion tubuh / lotion ibu.

• Pertahankan supaya posisi punggung tetap tegak,baik ketika berdiri, duduk atau pada posisi lainnya. Hal ini bertujuan supaya kepala bayi tetap berada dibagain leher rahim dengan baik sehingga kontraksi yang terjadi semakin kuat serta efektif.

• Lakukanlah pengaturan nafas dengan baik. Biasanya menjelang persalinannya ibu akan merasakan begitu panik, cemas serta sulit mengatur nafasnya dengan baik. Akan tetapi tahukah ibu pengaturan nafas yang diatur lebih baik akan bisa mengurangi rasa sakit yang ibu rasakan. Untuk itu, cobalah control rasa cemas dan rasa panik serta aturlah nafas ibu.

Demikian uraian mengenai beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit sewaktu melahirkan. Rasa sakit yang bisa diminimalisir saat bersalin tentu akan mengurangi serta meringankan beban sakit ibu pada saat melahirkan. Dengan meredakan rasa nyeri, tentu ibu tidak akan mengalami trauma yang biasanya dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Hal ini akan membuat persalinan anda terasa lebih menyenangkan dan serta meningkatkan person serta suami serta keluarga. Semoga bermanfaat serta selamat menikmati proses persalinan semoga lancar.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates