Tuesday , 21 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Begadang Bagi Kesehatan

Dampak Begadang Bagi Kesehatan

Dampak Begadang Bagi Kesehatan

Dampak Begadang Bagi Kesehatan

Dampak Begadang Bagi Kesehatan

Dampak Begadang Bagi Kesehatan – Sebagian besar orang sekarang ini memiliki kebiasaan begadang, bahkan bukan hanya kebiasaan tapi bagi sebagian orang lainnya merupakan sebuah kewajiban. Misalnya saja para karyawan dan pekerja bagian shift malam dan bekerja lembur. Sebagian besar ternyata banyak yang masih melakukan berbagai aktivitas dimalam hari sehingga banyak orang yang hanya memiliki sedikit waktu untuk tidur karena di esok harinya banyak aktivitas lainnya yang harus dilakukan kembali.

Padahal tubuh bekerja terus menerus ketika tidak di istirahatkan seperti sistem metabolisme tubuh yang terus berjalan setiap saat. Maka dari itu tubuh membutuhkan waktu istirahat agar beban yang harus dilakukan oleh tubuh menjadi lebih ringan. Tidur merupakan salah satu hal yang sangat direkomendasikan agar tubuh dapat memperbaiki berbagai sel rusak dan beristirahat untuk sementara waktu. Apabila tubuh kurang beristirahat karena sering begadang maka akan berdampak kurang baik bagi kesehatan bahkan kebiasaan kurang sehat ini lama-kelamaan cukup berbahaya.

Efek Pada Kesehatan Akibat Terlalu Sering Begadang

Dibawah ini beberapa dampak kesehatan akibat terlalu sering begadang diantaranya dapat memicu berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya, simak uraiannya dibawah ini!

1. Obesitas
Salah satu dampak kesehatan dari tidur yang kurang dari enam jam adalah terganggunya metabolisme tubuh. Hal ini bisa berakibat pada tubuh yang akan lebih cepat dalam menyimpan lemak sehingga membuat orang menjadi cepat gemuk. Selain daripada itu, orang yang seringkali begadang hingga larut malam biasanya banyak mengkonsumsi makanan yang tingkat lemaknya cukup tinggi yang kemudian akan berakibat pada naiknya berat badan.

2. Melemahkan Sistem Imun Tubuh
Dampak terlalu sering begadang selanjutnya yaitu dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya dapat merusak sel-sel otak, sel darah putih yang memiliki peran untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh juga dapat rusak. Hal tersebut lah yang menyebabkan orang yang sering tidur terlalu malam, sistem imun tubuhnya melemah dan akan mudah terserang oleh penyakit.

3. Menggangu Jam Biologis Tubuh
Apabila tubuh sudah biasa tidur sudah terlarut malam maka jam biologis tubuh lama-kelamaan akan menyesuaikan dengan kebiasaan tersebut. Hal tersebut kemudian bisa membuat mereka lebih sulit untuk tidur lebih awal karena jam biologis tubuh diset untuk tidur terlalu malam yang diakibatkan oleh perubahan jam biologis tubuh tersebut.

4. Penyakit Jantung
Tak hanya masalah kesehatan biasa, memiliki kebiasaan tidur larut malam juga membuat seseorang menjadi lebih rentan terkena penyakit jantung. Beberapa kasus penyakit jantung seringkali dipicu karena seseorang kurang tidur tentu dengan penyebab lainnya.

5. Penyakit Diabetes
Hormon dalam tubuh akan terganggu keseimbangannya akibat tidur larut malam. Sehingga bisa memicu intoleransi pada glukosa yang erat kaitannya dengan insulin yang dihasilkan oleh tubuh. Apabila hal ini menjadi kebiasaan, dikhawatirkan seseorang yang tidur larut malam akan lebih rentan terkena penyakit diabetes.

6. Stroke
Banyak orang yang meskipun tidur larut malam namun tetap bangun pada pagi hari. Sehingga tubuh hanya mendapatkan sedikit waktu untuk beristirahat. Tubuh yang kurang istirahat akan membuat tekanan pada organ jantung dan bisa berujung pada serangan stroke atau serangan jantung.

7. Tekanan Darah Tinggi
Terlalu banyak begadang akan membuat seseorang menjadi kurang tidur sehingga dapat memicu stress yang cukup tinggi. Hal ini dapat terjadi karena pikiran dan tubuh fisik tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Kemudian akan berakibat pada stres yang berkepanjangan dan memicu munculnya tekanan darah tinggi yang kronis.

8. Sakit kepala
Sakit kepala biasanya diderita oleh orang yang bangun tidur terlalu siang karena malamnya hanya tidur sebentar. Hal ini merupakan salah satu akibat dari kurang tidur yang diakibatkan karena begadang. Lambat laun bagian sel-sel otak akan mengalami beberapa masalah yang dikarenakan tubuh tak beristirahat dengan cukup. Bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa kurang tidur sama efeknya dengan benturan pada bagian kepala.

9. Melemahkan Saraf
Sistem saraf pusat pada tubuh akan terpengaruh akibat tidur pada waktu yang tidak biasa. Kemudain sistem saraf akan menjadi semakin lemah dan begitupun dengan tingkat refleks Anda. Selain itu, apabila begadang kemudian dijadikan sebuah kebiasaan maka lama-kelamaan akan berefek kurang baik bagi tubuh dan bisa mengurangi harapan hidup Anda.

Apabila begadang sudah merupakan kewajiban seperti kerja misalnya, maka sebaiknya pola hidup sehat lain harus benar-benar Anda terapkan seperti mengatur pola hidup sehat dengan memenuhi nutrisi harian Anda dan rajin berolahraga sehingga tubuh Anda tetap terjaga kesehatannya. Namun, apabila bisa dilakukan sebaiknya begadang harus benar-benar dihindari karena akan berdampak pada kesehatan tubuh anda yang akan semakin menurun.

Demikianlah dampak dari terlalu sering begadang bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

About ai risyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates