Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh – Buah kurma merupakan buah yang berasal dari timur tengah yang termasuk ke dalam tanaman palma. Buah kurma di bagi menjadi 3 golongan utama yakni golongan lunak, semi kering dan juga kering. Kurma mempunyai kandungan nutrisi yang banyak seperti thiamin, niasin, kandungan folat, riboflavin dengan demikian dari adanya kandungan tersebut dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut diantaranya manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh:

1.    Mencegah rematik
Buah kurma di dalamnya mengandung banyak mineral yang penting untuk kesehatan tubuh terutama untuk tulang dan otot. Makan 15 buah kurma setiap hari bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral yang penting misalnya kalsium, kalium, magnesium, sulfur dan juga boron.

2.    Serat terbaik untuk usus
Usus yang bekerja secara terus-menerus harus dibersihkan dari sisa – sisa makanan agar kinerjanya kembali optimal. Sehingga Sisa-sisa makanan yang menempel pada dinding usus tidak dapat menimbulkan penyakit. Kurma mengandung serat larut dengan bentuk pektin yang lebih banyak jika dibandingkan buah-buahan lai, dan juga berfungsi sebagai prebiotik yang mendukung untuk pertumbuhan bakteri sangat baik untuk sistem pencernaan.

3.    Mencegah kanker otak
Buah kurma kaya akan mineral yang cukup tinggi. Diantaranya yaitu magnesium, sulfur, potassium, kalsium dan juga boron yang berguna untuk pencegahan kanker otak.

4.    Sebagai sumber energy
Dengan mengkonsumsi 100 gr buah kurma segar bisa memenuhi kebutuhan energi harian sebesar 12 hingga 15%. Apabila mengkonsumsi kurma kering, maka kandungan antioksidannya akan menjadi berkurang.

5.    Sumber antioksidan
Fungsi antioksidan dalam kurma dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Dimana mengandung zat-zat fitokimia yaitu polifenol, sterol, tanin, serta karoten.

6.    Mengobati demam berdarah
Sebuah studi menyimpulkan dengan mengkonsumsi buah kurma bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien yang menderita demam berdarah.

7.    Menjaga kesehatan jantung
Buah Kurma merupakan buah yang kaya dengan kandungan kalium. Fungsi kalium yaitu dapat menjaga kesehatan jantung dan juga pembuluh darah sehingga dapat menstabilkan denyut jantung, dapat mengaktifkan kontraksi otot-otot jantung, dan juga mengatur tekanan darah.

8.    Mencegah resiko stroke
Kebutuhan kalium dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi minimal lima butih kurma basah setiap hari. Dengan demikian dapat mencegah penyakit stroke.

9.    Melancarkan pencernaan
Kurma mempunyai kandungan serat larut dalam buah masak serta serat tidak larut dalam buah yang belum masak. Apabila serat larutnya berfungsi untuk membersihkan saluran pencernaan, sehingga serat tidak larut ini bertugas sebagai pendukung perkembangan prebiotik, baik yang sangat diperlukan untuk membersihkan sistem pencernaan yang juga akan berdampak pada lancarnya proses buang air besar (BAB).

10.    Aman untuk penderita hipertensi
Perlu untuk diketahui bahwa kurma rendah kandungan natrium akan tetapi tinggi akan kalium yang jumlahnya dapat meningkat seiring tingkat kematangannya dengan demikian cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

11.    Mencegah anemia
Anemia atau kurang darah sering dialami oleh wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Kurma baik untuk wanita hamil yang dapat mencegah anemia. Kandungan zat besi serta kalsium pada kurma dapat berperan dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu juga kandungan asam askorbat dalam buah kurma baik untuk menjaga ketersediaan zat besi dalam tubuh dengan demikian proses produksi hemoglobin bisa berlangsung dengan baik.

12.    Meningkatkan daya ingat dan kerja otak
Dalam kandungan kurma dapat meningkatkan daya ingat serta dapat meningkatkan kinerja otak.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates