Thursday , 14 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Oksigen Bagi Tubuh Manusia – Ciri dari oksigen yaitu tidak mempunyai warna, tidak berasa dan tidak mempunyai bau. Oksigen menjadi unsur yang penting untuk kehidupan. Oksigen sangat mudah bereaksi dengan berbagai unsur, sebab oksigen merupakan unsur yang reaktif. Bahkan tanpa ada unsur lain apabila di dunia ini mempunyai kadar oksigen berlebih, oksigen bisa mudah menimbulkan kebakaran karena api sekecil apapun. Akan tetapi bukan hanya terdapat oksigen di udara, terdapat kandungan unsur lain seperti karbondioksida, nitrogen, carbon, dan lain sebagainya. Kandungan oksigen yang ada di udara sekitar 20%, tidak lebih serta kurang. Manfaat oksigen yaitu sebagai gas yang berguna untuk sistem pernafasan, metabolisme dan juga peredaran darah. Akan tetapi tidak hanya itu, oksigen mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

1.    Diperlukan dalam sistem pernafasan
Oksigen diperlukan untuk proses pernafasan pada manusia, sebab oksigen mempunyai peran sebagai pemenuhan kebutuhan metabolisme tubuh. Jika manusia tidak memperoleh oksigen, kecil harapan untuk hidup.

2.    Membantu fungsi sel-sel tubuh manusia
Didalam tubuh manusia terdapat bakteri aerob yang hanya dapat hidup dikarenakan adanya oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri tersebut bertanggung jawab terhadap terjadinya penguraian limbah yang dilakukan oleh bakteri aerob di dalam usus.

3.    Mencegah pertumbuhan sel anaerob
Oksigen dapat mencegah pertumbuhan sel anaerob di dalam tubuh. Dimana bakteri anaerob dalam tubuh, jika kekurangan kadar oksigen, sehingga perkembangannya dapat meningkat. Dengan demikian limbah yang dihasilkan semakin bertumpuk dan dapat membahayakan tubuh.

4.    Membantu sistem peredaran darah
Sistem peredaran darah pada tubuh manusia akan dipengaruhi oleh adanya oksigen. Tubuh akan membutuhkan oksigen dengan nilai persentase sebesar 90 % keatas. Pada saat oksigen di dalam darah berkurang, sehiingga akan menyebabkan kesulitan bernafas (sesak nafas).

5.    Mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini
Khusus pada wanita yang mempunyai sistem metabolisme tubuh yang bisa menyebabkan proses penuaan akan relatif lebih cepat dari pada yang dialami pada pria. Air oksigen merupakan solusinya yang dapat membantu pembentukan jaringan pernafasan pada kulit, dengan demikian metabolisme akan menjadi aktif untuk menghilangkan racun. Oksigen dapat menangkal radikal bebas, dengan demikian akan membantu regenerasi sel-sel pada kulit wajah misalnya manfaat vitamin E.

6.    Mengoptimalkan Daya Ingat
Sirkulasi oksigen di dalam tubuh berpengaruh terhadap fungsi otak. Apabila oksigen masuk ke otak secara stabil, dengan demikian daya ingat dan kecerdasan otak akan menjadi meningkat.

7.    Mencegah kanker, asma dan penyakit lainya
Kadar oksigen yang tinggi dalam tubuh akan menyebabkan sel-sel penyakit misalnya kanker menjadi tidak dapat tumbuh. Ketika sel tumbuh dengan lebih banyak ruang tanpa adanya oksigen, akan menyebabkan sel-sel lebih leluasa untuk menyerang sehingga pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali.

8.    Mengatasi Stress
Pada saat stress pikiran cenderung akan menjadi mumet dan terasa bosan. Akan tetapi manfaat oksigen dengan cara mengambil napas panjang, maka berfungsi untuk membantu terbukanya paru-paru sampai bisa menyerap energi yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh, dengan demikian pikiran menjadi lebih segar.

9.    Menjaga kekebalan tubuh
Tubuh dengan kadar oksigen yang cukup, dapat membuat sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih stabil. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi kebal terhadap serangan virus, bakteri dan juga bibit penyakit.

10.    Membantu degenerasi sel secara biologi
Oksigen yang melimpah di dalam tubuh akan membantu proses degenerasi sel secara biologi dengan maksimal.

11.    Support energi tubuh
Oksigen yang cukup dalam tubuh akan membuat sel-sel berfungsi secara normal dengan demikian membuat fungsi tubuh manusia bisa bekerja secara optimal.

12.    Sebagai terapi penyakit
Fungsi oksigen yang bisa membantu memperbaiki dan juga mengaktifkan sel, bagus digunakan untuk terapi bagi yang menderita sakit diabetes, gagal ginjal dan juga penyakit lainnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates