Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mengenal Tanda – Tanda Sakit Ginjal dan Cara Pencegahannya

Mengenal Tanda – Tanda Sakit Ginjal dan Cara Pencegahannya

Mengenal Tanda – Tanda Sakit Ginjal dan Cara Pencegahannya

Mengenal Tanda - Tanda Sakit Ginjal dan Cara Pencegahannya

Mengenal Tanda – Tanda Sakit Ginjal dan Cara Pencegahannya

Mengenal Tanda – Tanda Sakit Ginjal dan Cara Pencegahannya – Mengenal tanda – tanda sakit ginjal yang biasa terjadi dapat membantu kita untuk mendapatkan perawatan lebih dini. Penyakit ginjal termasuk penyakit yang serius dan biasanya membutuhkan penanganan dalam waktu yang cepat, keterlambatan penanganan sakit ginjal dapat mempersulit penyembuhannya. Macam penyakit ginjal yang dapat terjadi sebenarnya da banyak, namun dalam artikel ini hanya akan membahas dua macam penyakit ginjal yang paling sering terjadi di masyarakat yaitu sakit ginjal akut dan sakit ginjal kronis.

sakit ginjal akut dan kronis akan menunjukan tanda yang berbeda. Tanda-tanda sakit ginjal akut biasanya lebih nyata dibandingkan dengan tanda-tanda sakit ginjal kronis. Tindakan yang dibutuhkan untuk penanganan juga berbeda. Sakit ginjal akut akan selalu membutuhkan intervensi medis yang bersifat darurat. Akan tetapi sakit ginjal kronis tidak selalu membutuhkan intervensi medis yang darurat. Namun keduanya baik sakit ginjal akut dan kronis harus mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Tanda-tanda Sakit Ginjal Akut

1. Sedikit mengeluarkan air kemih
Sedikit mengeluarkan air kemih merupakan tanda-tanda sakit ginjal akut yang utama. Jumlah air seni yang keluar saat berkemih dapat membantu dokter menegakkan diagnosis sakit ginjal akut. Selain mengeluarkan air kemih yang sedikit, sakit ginjal akut dapat membuat air kemih menjadi lebih keruh, gelap, bahkan kemerahan seperti warna darah.

2. Perasaan mengantuk atau melamun.
Perasaan mengantuk atau melamun merupakan tanda-tanda ginjal bermasalah yang biasanya terjadi. Menjadi kurang responsif ketika dipanggil atau diajak bicara dan menjadi lebih sering melamun. Hal ini bisa disebabkan karena penumpukan racun yang berlebihan dan tidak bisa dibuang melalui urin dan infeksi yang biasa menyebabkan penyakit ginjal.

3. Bengkak pada kaki dan tungkai.
Bengkak pada kaki dan tungkai disebabkan karena adanya penumpukan cairan berlebih yang akhirnya akan menumpuk di kaki. Selain itu pada penderita sakit ginjal, kadar protein dalam darah akan berkurang sehingga bisa menyebabkan pembengkakan pada kaki.

4. Sesak nafas.
Walaupun kebanyakan gejala sesak nafas lebih dikaitkan dengan penyakit paru dan jantung, namun ternyata sesak nafas juga bisa disebabkan karena sakit ginjal. Pada penderita sakit ginjal biasanya Sesak nafas terjadi mendadak dan sebelumnya tidak memiliki riwayat sesak nafas.

5. Diare, mual dan muntah.
Diare, mual dan muntah sebenarnya bukanlah tanda-tanda utama sakit ginjal akut. Namun apabila kita menemui gejala lain sakit ginjal seperti berkurangnya air kemih dan diikuti dengan gejala diare serta muntah hebat, kita perlu curiga ada kemungkinan terjadinya sakit ginjal akut.

Tanda-tanda Sakit Ginjal Kronis
kebanyakan sakit ginjal kronis tidak memberikan gejala.

1. Warna kulit semakin gelap
Warna kulit semakin gelap terkesan kusam merupakan salah satu tanda-tanda sakit ginjal yang dapat kita lihat. Hal ini disebabkan karena tertumpuknya produk buangan ginjal yang tidak dapat dibuang ginjal ke dalam urin. Warna kulit yang pucat pun dapat menjadi tanda-tanda sakit ginjal kronis karena anemia atau kekurangan sel darah merah ini akan memberikan nuansa warna yang lebih pucat pada kulit Anda.

2. Sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk dan sering merasa mengantuk
Sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk dan sering merasa mengantuk merupakan tanda-tanda sakit ginjal kronis yang sering terjadi. Hal ini disebabkan karena toksin yang seharusnya dibuang oleh ginjal ke dalam urin kini beredar di peredaran darah hingga ke otak. Hal ini yang menyebabkan mengantuk dan sulit berkonsentrasi.

3. Nyeri tulang
Nyeri tulang adalah tanda-tanda sakit ginjal kronis yang lebih lanjut. Penderita sakit ginjal kronis Selain tulang terasa nyeri, tulangnya juga bersifat lebih rapuh dan lebih mudah patah. Hal ini mirip dengan keadaan osteoporosis atau tulang yang keropos.

4. Sesak napas
Sesak napas juga dapat terjadi pada penderita gagal ginjal kronis. Hal ini seperti tanda-tanda pada sakit ginjal akut.

About lastri sulastri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates