Tuesday , 25 April 2017
artikel terbaru :
Home » Follow Us » Obat Tradisional Untuk Penanganan Penyakit Batu Ginjal

Obat Tradisional Untuk Penanganan Penyakit Batu Ginjal

Obat Tradisional Untuk Penanganan Penyakit Batu Ginjal

Obat Tradisional Untuk Penanganan Penyakit Batu Ginjal

Obat Tradisional Untuk Penanganan Penyakit Batu Ginjal

Obat Tradisional Untuk Penanganan Penyakit Batu Ginjal – Setiap orang pasti tidak akan menerima dengan suka rela jika dirinya menderita sakit batu ginjal. Penyakit batu ginjal merupakan penyakit yang diakibatkan karena terlalu banyak atau pekatnya kadar garam di dalam urine. Kadar garam yang pekat di dalam urin akan mengalami pengendapan dan pengerasan seperti batu, hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman daerah pinggang sampai daerah pinggul selain itu juga akan mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan buang air kecil bahkan bisa keluar darah disaat buang air kecil. Untuk penanganan penyakit batu ginjal, kita dapat menggunakan obat tradisional yang ada di sekitar kita diantaranya adalah

1. Daun keji beling
Daun keji beling adalah tumbuhan perdu yang tumbuh dan menyebar pertama kali di Madagaskar, namun dauin keji beling juga tumbuh dengan subur di Indonesia dan Malaysia.
Di Indonesia, daun keji beling sering digunakan sebagai obat anti diabetes, antioksidan, anti-mikroba, dan antisipilis, daun keji beling akan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi teh yang berkhasiat. Kandungan kalium yang terdapat pada daun keji beling bekerja dengan cukup baik untuk melarutkan batu yang terbentuk dari endapan garam oksalat tepat di kantung empedu maupun kantung kencing serta ginjal.
Cara pengolahan daun keji beling
Bahan :
7 lembar daun keji beling
40 lembar daun kumis kucing
5 batang meniran dan juga akarnya
satu potong rimpang kunyit
cara membuat :
Bersihkan semua bahan yang telah disiapkan dan rebus dengan 4 gelas air
Biarkan hingga air rebusan menyusut sebanyak 3 gelas lalu dinginkan
Minum 3 kali setiap harinya.

2. Daun dadap
Daun dadap yang masih muda biasa diolah menjadi sayuran untuk memperbanyak produksi ASI, meningkatkan kwalitas tidur, serta dapat digunakan untuk melancarkan darah haid. Namun ternyata baru – baru ini telah diketahuin bahwa daun dadap juga efektif untuk mengobati batu ginjal. Cara pengolahannya adalah dengan menyiapkan 5 lembar daun dadap dengan 3 lembar daun cocor bebek serta 3 potong rimpang kunyit kemudian ditumbuk atau diblender sampai halus. Oleskan tumbukan ini pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan .

3. Daun gempur batu
Obat tradisional lain untuk pengananan sakit batu ginjal adalah daun gempur batu. tanaman yang memiliki nama latin Borreria hispida Schum ini mengandung kalium yang efektif untuk menghancurkan batu ginjal. Cara pengolahannya adalah sediakan 7 lembar daun gempur batu, 7 lembar daun kembang buang dan 30 gram semanggi hitam serta 800cc air, kemudian rebus ketiga bahan alami ini hingga air rebusan tersisa setengahnya lalu saring dan angkat ampasnya, setelah itu biarkan hingga air rebusan daun gempur batu menjadi lebih hangat kemudian minum tiap hari sebanyak 2x.

4. Daun alpukat
Jika anda tidak begitu familiar dengan ketiga daun diatas anda dapat manfaatkan daun alpuat yang juga efektif untuk mengatasi batu ginjal. Cara mengolahnya adalah sediakan 7 lembar duan alpukat dengan 100 ml air panas, kemudian seduh daun alpukat dengan air panas tersebut dan minumlah air seduhan tersebut setiap hari di pagi hari dan sore hari.
Untuk mengatasi penyakit batu ginjal tidak hanya dengan obat kimia saja, kita juga bisa memanfaatkan obat tradisional batu ginjal .

About lastri sulastri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates