Thursday , 23 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Pertolongan Pertama Saat Kena Minyak Goreng Panas

Pertolongan Pertama Saat Kena Minyak Goreng Panas

Pertolongan Pertama Saat Kena Minyak Goreng Panas

Pertolongan Pertama Saat Kena Minyak Goreng Panas

Pertolongan Pertama Saat Kena Minyak Goreng Panas

Pertolongan Pertama Saat Kena Minyak Goreng Panas – Merupakan hal penting untuk anda ketahui cara pertolongan pertama pada saat kena minyak goreng panas jika anda sedang memasak. Banyak ibu rumah tangga ataupun koki yang bekerja di dapur tentu sudah tidak asing lagi ketika tangan atau bagian tubuh lainnya terkena minyak panas. Cipratan dari minyak panas akan terasa sangat panas dan menyakitkan bagian tubuh yang terkena. Meskipun sudah berusaha agar tidak terkena minyak panas pada saat memasak atau menggoreng, akan tetapi resiko ini memang tidak bisa dihindari.

Pertolongan Pertama Saat Kena Minyak Goreng Panas
Ketika terkena minyak panas maka sebaiknya jangan langsung panik. Berikut ini langkah pertolongan pertama yang bisa anda lakukan pada saat terkena minyak goreng panas:

1.    Masukkan luka ke air dingin
Pada dasarnya luka akibat terkena minyak panas memang sama seperti jenis luka terbakar. Luka akibat minyak panas sering menyebabkan bekas sehingga ini akan membuat kulit menjadi tidak menarik. Untuk itu pertama ketika anda terkena minyak panas, maka anda dapat langsung merendam luka tersebut dengan air dingin. Setidaknya anda dapat melakukan perendaman selama 20 menit hingga luka menjadi terasa dingin dan tidak terlalu panas.

Anda dapat juga melakukan kompres dengan menggunakan susu. Anda dapat mendam daerah luka dengan susu selama 15 menit atau lebih. Bila kesulitan merendam, anda dapat menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan susu untuk menutup daerah yang terbakar. Lemak yang terkandung dalam susu akan menyejukan daerah luka bakar dan dapat mempercepat penyembuhan luka.

2.    Bersihkan dengan Kain Bersih
Setelah bagian luka akibat minyak panas direndam dengan air dingin, maka langkah selanjutnya adalah bersihkan atau keringkan luka dengan menggunakan handuk atau kain yang bersih. Harus diketahui jangan menggosok bagian luka karena hal ini dapat menyebabkan pengelupasan luka dan dapat terjadi  infeksi. Anda hanya perlu melakukan pengeringan dengan menempelkan handuk ke bagian luka.

3.    Gunakan krim untuk luka terbakar
Setelah luka direndam dan dibersihkan, maka anda dapat mengoleskan krim untuk luka yang terkena minyak panas. Krim khusus untuk luka bakar akan membantu mencegah luka membekas dan resiko infeksi. Apabila anda tidak memiliki krim khusus untuk luka bakar maka anda dapat menggunakan pelembab kulit yang dingin dan tidak mengandung alkohol.

Terdapat beberapa alternatif salep atau krim yang dapat digunakan untuk perawatan luka bakar, antara lain: Burnazin, Bioplacenton, Darzyn (hampir sama dengan Burnazin), dan Nutrimoist.

4.    Tutup luka dengan Verban
Sekecil apapun luka akibat terkena minyak panas akan lebih baik jika luka tersebut ditutup dengan verban yang steril. Luka yang ditutup dapat membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat dan mencegah infeksi dari lingkungan.

5.    Minum banyak air minum
Meskipun hanya terkena luka minyak panas yang ukuran lukanya kecil atau besar, maka anda harus banyak minum air mineral. Air mineral akan membantu tubuh mengurangi resiko dehidrasi yang dapat terjadi akibat luka bakar tersebut. Selain itu air juga dapat meningkatkan cairan tubuh dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

6.    Minum vitamin C
Anda dapat juga minum vitamin C untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Catatan:
Dioles dengan pasta gigi: Hal ini tidak disarankan. Alasannya, pasta gigi memang terasa dingin di kulit, karena mengandung mentol. Tetapi jika dioleskan pada kulit yang terkena luka bakar, maka pori-pori kulit akan tertutup oleh pasta gigi itu. Saat diobati, paramedis di rumah sakit akan kesulitan untuk membersihkan luka yang tertutup dengan pasta gigi. Penggunaan bahan-bahan seperti pasta gigi ataupun dengan mentega justru malah akan mempertahankan panas, sehingga ini dapat mengakibatkan lebih banyak jaringan yang rusak akibat terkena panas.

Dioles dengan kecap atau minyak rem: Ini juga tidak disarankan. Kecap dan juga minyak rem memang cairan yang bersifat dapat mendinginkan. Tapi tahukah anda, berapa banyak kandungan bahan kimia yang terdapat di dalamnya? Tentu sangat berbahaya, dan ini dapat memperlambat proses penyembuhan luka, bahkan dapat memperparah. Pertolongan pertama pada saat kena minyak goreng panas harus diberikan sesegera mungkin agar luka tidak semakin dalam dan luas menyebar.

About novi iin safitriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates