Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Negatif Kelebihan Vitamin A Bagi Ibu Hamil

Dampak Negatif Kelebihan Vitamin A Bagi Ibu Hamil

Dampak Negatif Kelebihan Vitamin A Bagi Ibu Hamil

Dampak Negatif Kelebihan Vitamin A Bagi Ibu Hamil

Dampak Negatif Kelebihan Vitamin A Bagi Ibu Hamil

Dampak Negatif Kelebihan Vitamin A Bagi Ibu Hamil – Dalam kondisi kehamilan, dengan adanya janin dalam rahim seorang wanita memang mengharuskan para ibu hamil untuk mendapatkan asupan vitamin yang lebih banyak ke dalam tubuhnya. Tidak heran jika sebagian ibu hamil akan dengan teratur mengonsumsi makanan yang sehat dengan baik untuk menjamin pertumbuhan janin dalam rahimnya.

Bahkan beberapa ibu hamil menyempatkan diri untuk mengkonsumsi sejumlah asupan suplemen guna mencukupi kebutuhan vitamin dalam jumlah yang lebih besar saat mereka tidak merasa mendapatkan vitamin yang cukup dari makanan yang yang mereka konsumsi. Terdapat cukup banyak kebutuhan vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil dalam menunjang perkembangan bayi serta janin di dalam kandungan supaya berjalan dengan baik. Salah satunya ialah kebutuhan akan vitamin A. Vitamin A ialah salah satu vitamin yang larut di dalam lemak. Bahan vitamin ini akan amat berperan penting dalam peningkatan daya tahan tubuh dan membantu kinerja penglihatan supaya berjalan dengan baik.

Disamping itu, manfaat vitamin A bagi ibu hamil ada begitu banyak diantaranya ialah memicu pertumbuhan hati dengan lebih baik bagi janin, pengembangan jantung pada janin, pertumbuhan embrio, dan masih banyak lagi. Disamping itu, asupan bahan ini juga akan sangat penting bagi ibu hamil menjelang waktu persalinannya. Vitamin A akan membantu dalam memperbaiki dengan cepat jaringan postpartum serta membuat proses kelahiran secara normal bisa terjadi. Namun, kelebihan vitamin A dalam tubuh ibu hamil juga bukanlah kondisi yang baik. Karena kondisi ini akan menjadi berbahaya. Diantaranya bahaya yang mungkin dapat ditimbulkan ialah:

1. Overdosis
Masalah pertama yang mungkin akan ditemukan pada ibu hamil yang mengonsumsi terlalu banyak vitamin A ialah overdosis. Overdosis dari mengonsumsi vitamin A yang berlebihan akan bisa membahayakan kesehatan ibu hamil serta janin yang ada dalam kandungannya.
Apalagi bagi anda yang mengkonsumsi suplemen vitamin A untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini di dalam tubuh. Oleh Karena itu, sebaiknya periksakan terlebih dahulu serta konsultasikan dengan dokter anda seberapa banyak dosis yang dapat anda konsumsi. Dengan demikian takaran yang jelas akan menghindari anda dari masalah overdosis yang berbahaya.

2. Cacat Pada Bayi Baru Lahir
Asupan vitamin A ke dalam tubuh ibu hamil yang sedang mengandung memang baik untuk dikonsumsi. Akan tetapi, kelebihan dosis dari konsumsi vitamin ini di dalam tubuh akan berbahaya, salah satunya ialah resiko bayi lahir cacat. Namun demikian, tak semua bentuk dari vitamin A akan bisa mengakibatkan kondisi ini dapat terjadi.
Adapun beberapa bentuk vitamin A yang beresiko tinggi jika dikonsumsi terlalu banyak ialah preform. Disamping itu, bentuk yang aman untuk dikonsumsi serta tidak beresiko ialah vitamin A dengan bentuk beta karoten. Oleh Karena itu, perhatikan masalah ini dengan seksama sebagai salah satu cara terbaik untuk mengenai jumlah asupan vitamin A yang sesuai ialah dengan berkonsultasi terlebih dahulu mengenai masalah ini dengan dokter.

3. Keguguran
Dampak lain yang juga sangat berbahaya dari konsumsi vitamin A yang terlalu banyak saat kehamilan ialah keguguran. Overdosis dari bahan vitamin A ini akan membuat perkembangan bayi serta jiwanya terancam di dalam perut ibu. Hal ini disebabkan vitamin A yang dikonsumsi terlalu banyak akan bisa bersifat toxic atau racun bagi janin di dalam kandungan.

4. Nafsu Makan Menghilang
Dampak lain yang mungkin timbul dari mengkonsumsi terlalu banyak vitamin A ialah kehilangan nafsu makan bagi ibu hamil. Kondisi ini akan sekaligus berdampak buruk bagi janin dalam kandungan anda. Salah satunya ialah perkembangan serta pertumbuhan janin yang akan mulai terganggu. Nafsu makan yang hilang pada ibu hamil bisa membuat nutrisi dari makanan sehat akan terkendala untuk masuk kedalam tubuh ibu.

Demikian uraian mengenai dampak negative dari mengonsumsi vitamin A secara berlebihan. Sebenarnya segala sesuatu memang akan memiliki dampak negative bila dilakukan secara berlebihan, termasuk dalam mengonsumsi sesuatu. Oleh Karena itu ada baiknnya jika anda selalu konsultasi dengan dokter ahli guna mencegah segala sesuatu hal negative yang bisa saja terjadi pada anda dan buah hati anda. Semoga bermanfaat.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates