Tuesday , 21 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Konsumsi Mie Instant bagi Ibu Hamil

Konsumsi Mie Instant bagi Ibu Hamil

Konsumsi Mie Instant bagi Ibu Hamil

Konsumsi Mie Instant bagi Ibu Hamil

Konsumsi Mie Instant bagi Ibu Hamil

Konsumsi Mie Instant bagi Ibu Hamil – Mie instant masuk dalam kategori makanan paling praktis yang sangat populer di tanah air. Konsumsi mie instant sering kali dijadikan santapan untuk pengganjal perut ketika lapar mendera / dikonsumsi pada waktu tertentu. Bahkan sekarang ini mie instant digunakan sebagai bahan makanan utama bagi sebagian orang yang tidak sempat memasak. Rasa mie instan yang di produksi oleh beberapa produsen di Indonesia memang memiliki cita rasa yang lezat dan sesuai dengan lidah orang Indonesia. Rasanya yang beragam, ditambah lagi cara membuatnya yang benar – benar instan dengan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit saja, membuat mie instan sangat di gandrungi oleh masyarakat tidak terkecuali ibu hamil.

Padahal sebenarnya terdapat aturan khusus dalam mengkonsumsi mie intant, hal ini dikarenakan mie instant mempunyai kandungan zat kimia yang cukup tinggi yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Nah, sebelum kita semua mengetahui apakah mie instant baik dikonsumsi / tidak oleh ibu hamil, kita ketahui dulu mengenai apa saja sih, komposisi di dalam mie intant.

Komposisi Mie Instan

Saat anda memasak mie instan serta melihat komposisi dibagian kemasannya anda pasti akan melihat bahwa bahan dasar dari mie instan ialah tepung yang dibumbui dengan minyak, garam, cabai yang disertai dengan sayuran kering. Disamping itu, untuk mendapatkan tekstur mie yang kenyal digunakanlah natrium polifosfat. Saat anda menikmati mie instan maka yang terasa dilidah anda ialah rasa yang nikmat dengan kuah yang begitu gurih dan lezat.

Hal ini disebabkan mie instan menggunakan pengatur keasaman natrium karbonat serta kalium karbonat, juga penguat rasa monosodium glutamate. Lalu, berdasarkan komposisi yang ada didalamnya maka mie instan diperkaya akan karbohidrat, lemak, vitamin A, B1, B6, C, B12, serat, asam folat , kalsium serta zat besi. Yang mana keseluruhan zat gizi itu diperlukan guna pertumbuhan serta perkembangan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil. Hanya saja jumlahnya belum mencukupi kebutuhan gizi harian ibu hamil. Jadi, oleh Karena itu, ibu hamil memerlukan tambahan nutrisi serta gizi dari mengkonsumsi makanan segar seperti sayur, buah juga makanan lainnya.

Nah, untuk ibu hamil yang senang mengkonsumsi mie instan, sebenarnya boleh – boleh saja asalkan jumlahnya diperhatikan. Jangan sampai pada setiap harinya konsumsi gizi dari makanan yang ibu dapat hanya berasal dari mie instan saja, Karena hal ini tidak akan bisa mencukupi kebutuhan gizi harian ibu. Ibu hamil memerlukan makanan utama yang mengandung gizi juga nutrisi yang baik seperti sayuran, , ikan, daging, susu, buah-buahan dan makanan lainnya.

Mie instan boleh saja dikonsumsi sesekali waktu serta tidak boleh dikonsumsi lebih dari 3 kali dalam seminggu. Apabila anda terpaksa mengkonsumsinya, terutama saat anda sedang hamil, gunakan beberapa tips dibawah ini guna mengurangi zat adiktif yang terkandung di dalam mie instan.

Tips Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Ibu Hamil

• Rebus mie dengan dengan 2 kali takaran air dari yang dianjurkan, lalu angkat mie serta buang air rebusannya.

• Masukan kembali mie yang telah diangkat dalam air yang telah dipanaskan supaya rasa khas dari mie tidak menghilang.

• Campuran bahan makanan pelengkap yang lainnya pada mie seperti ikan, telur, sayuran, tomat, serta ayam untuk melengkapi nutrisinya. Disamping akan membuat rasa mie menjadi lebih istimewa dan lezat, hal ini pun akan berfungsi mengurangi dampak negatif juga mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil.

• Hindarilah untuk mengkonsumsi mie dalam wadah plastik karena lelehan dari wadah tersebut akan beresiko bagi kesehatan.
Sekarang saatnya anda mempertimbangkan kesehatan anda serta janin yang ada di dalam kandungan dibanding hanya memanjakan lidah dalam sekejap saja. Kehamilan ialah momen yang paling penting sekaligus momen yang sangat mendebarkan dalam kehidupan anda, untuk itu memilih konsumsi makanan yang sehat supaya memiliki manfaat bagi anda serta sang janin akan mengurangi resiko terhadap kehamilan anda.
Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita mengenai konsumsi mie instan pada ibu hamil. Semoga bermanfaat

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates