Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Kehamilan Trimester Kedua

Seputar Kehamilan Trimester Kedua

Seputar Kehamilan Trimester Kedua

Seputar Kehamilan Trimester Kedua

Seputar Kehamilan Trimester Kedua

Seputar Kehamilan Trimester KeduaMemasuki usia kehamilan di trimester ke-2, sebagian besar ibu hamil sudah tidak mengalami keluhan yang berarti. Terlebih saat ibu sudah mulai beradaptasi dengan perubahan kondisi tubuhnya. Perubahan hormon yang terjadi saat kehamilan sudah bisa membantu ibu hamil untuk beradaptasi dengan kehamilannya pada usia kehamilan 4 hingga 6 bulan ini.
Walaupun demikian bukan berarti semua ibu hamil bisa terbebas dari keluhan seputar kehamilan. Beberapa ibu hamil bahkan ada yang merasakan keluhan dari awal sampai akhir kehamilan. Ibu hamil harus bisa membedakan keluhan yang biasa serta keluhan yang mengarah pada kondisi yang bisa membahayakan.

Kondisi Ibu Hamil

Perkembangan Janin serta Perubahan Ibu Hamil di Trimester Kedua. Ibu hamil yang mulai memasuki trimester kedua seringkali mengalami linea / munculnya garis gelap vertikal di bagian perut. Sekitar perut sampai pusar yang memanjang serta meregang pada bagian kulit inilah yang menjadi kondisi yang unik pada ibu hamil di usia 4 hingga 6 bulan. Penyebab utamanya ialah karena kandungan yang semakin membesar sehingga kulit pun meregang.
Perubahan yang terjadi pada ibu hamil selanjutnya ialah daerah leher serta beberapa bagian tubuh ibu hamil yang akan mengalami perubahan warna kulit. Kulit ibu hamil akan terlihat menjadi semu hitam, pigmen kulit yang berubah ini kerap kali dikhawatirkan oleh ibu hamil. Anda tidak perlu khawatir, karena setelah melahirkan, anda akan mengalami kondisi yang menjadi normal kembali.
Kondisi yang sangat signifikan pada usia kehamilan trimester kedua ialah payudara yang semakin membesar. Kondisi ini disebabkan menjelang usia kehamilan akhir, produksi susu telah mulai dipersiapkan. Bahkan bentuk dari payudara semakin berubah, menjadi lebih besar serta cenderung lebih gelap serta i kolostrum yang sudah dihasilkan.
Sebagian ibu hamil mengeluhkan kondisi yang tidak nyaman pada bagian kepala selama trimester kedua. Ibu hamil cenderung lebih mengalami sakit kepala yang disebabkan oleh volume darah yang terus bertambah. Bahkan jika ibu hamil mengalami kondisi psikologis yang bermasalah akan mengakibatkan sakit kepala yang menjadilebih berat jika dibandingkan dengan ibu hamil tanpa tekanan.
Berbeda dengan trimester pertama, pada usia kehamilan di trimester kedua kerap kali ibu mengalami kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan ibu hamil mengalami kenaikan nafsu makan yang bertambah serta mengalami perubahan fisik yang lebih signifikan.

Tips dalam Menghadapi Trimester Kedua Kehamilan

Sebagian ibu hamil dapat beradaptasi di trimeseter kedua kehamilan sehingga tidak mengalami keluhan yang begitu menggangu namun sebagai ibu hamil yang lainnya mengalami kondisi yang menyiksa yang membuatnya tidak nyaman. Beberapa keluhan yang dialami oleh ibu hamil bisa diatasi dengan beberapa cara di bawah ini :

1. Usia kehamilan yang semakin bertambah maka kerap kali perut yang semakin membesar akan mulai membebani pencernaan, oleh Karena itu ibu akan sering mengalami nyeri ulu hati. Atasi hal ini dengan makan dalam porsi sedikit namun sering serta perhatikan kondisi tubuh pada ibu hamil. Relaksasi otot serta saluran pencernaan dengan melakukan senam selama kehamilan sehingga tidak mengalami ketegangan.

2.Kondisi selanjutnya yang ada hubungannya dengan konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi guna menghindari terjadinya sembelit juga wasir. Kondisi ini diperparah pada ibu hamil di trimester dua yang seringkali duduk terlalu lama, anda bisa mengatasi hal ini dengan gerakan ringan misalnya sesekali berdiri / berjalan-jalan disela aktivitas anda.

3. Diusia kehamilan trimester dua, perhatikan juga aktivitas anda. Hindari untuk mengangkat beban yang berat-berat serta membebani tekanan pada perut anda. Anda bisa melakukan senam hamil serta latihan pernapasan untuk mempersiapkan persalinan secara normal.

4. Memasuki usia akhir pada trimester kedua, kondisi tubuh ibu hamil akan semakin membesar, untuk membuat ibu hamil merasa nyaman, sebaiknya ibu hamil menggunakan baju yang cukup longgar sehingga mudah beraktifitas serta tidak menekan bagian perut yang sudah semakin membesar. Hindari juga untuk menggunakan sepatu dengan hak yang terlalu tinggi.

5. Terakhir yang harus diperhatikan saat memasuki trimester akhir ialah kesiapan psikis ibu hamil yang didukung oleh suami serta lingkungan sekitar sehingga membuat ibu hamil merasa lebih siap secara mental dalam menghadapi persalinan yang akan terjadi dalam waktun dekat. Menghindari stress juga bisa dilakukan dengan cara relaksasi dengan menggunakan musik serta aroma terapi yang membuat ibu hamil merasa lebih nyaman.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates