Thursday , 27 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Kelainan Air Ketuban dan Dampaknya

Ketahui Jenis Kelainan Air Ketuban dan Dampaknya

Ketahui Jenis Kelainan Air Ketuban dan Dampaknya

Ketahui Jenis Kelainan Air Ketuban dan Dampaknya

Ketahui Jenis Kelainan Air Ketuban dan Dampaknya

Ketahui Jenis Kelainan Air Ketuban dan Dampaknya – Air ketuban tidak dapat dipisahkan dari kehidupan janin. Ditinjau dari fungsi air ketuban, cairan ini sangat penting untuk melindungi pertumbuhan serta perkembangan janin, yakni; menjadi bantalan untuk melindungi janin terhadap adanya trauma dari luar, dapat menstabilkan perubahan suhu, pertukaran cairan, sarana yang memungkinkan janin dapat bergerak bebas, hingga mengatur tekanan dalam rahim. Tidak hanya itu air ketuban juga berfungsi untuk melindungi janin dari infeksi.Cairan ketuban atau cairan amnion merupakan cairan yang dapat memenuhi rahim. Cairan ini ditampung di dalam suatu kantung amnion yang disebut dengan kantung ketuban ataupun kantung janin. Cairan ketuban di produksi oleh buah kehamilan, yakni sel-sel trofoblas, kemudian dapat bertambah dengan produksi cairan janin, yakni seni janin. Sejak pada usia kehamilan 12 minggu, janin mulai minum air ketuban serta mengeluarkannya kembali dengan bentuk air seni. Jadi terdapat pola berbentuk lingkaran ataupun siklus yang berulang.

1. Jenis – jenis Kelainan Air Ketuban
Terjadinya kelainan air ketuban merupakan suatu keadaan dimana jumlah air ketuban jauh lebih banyak dari normal, biasanya akan lebih dari dua liter. Jenis – jenis kelainan air ketuban sebagai berikut:

a. Hidramnion kronis
Pertambahan air ketuban akan terjadi secara perlahan-lahan dalam beberapa minggu atau bulan, dan biasanya dapat terjadi pada kehamilan lanjut.

b. Hidramnion Akut
Terjadi pertambahan air ketuban yang secara tiba-tiba dan cepat dengan waktu beberapa hari saja.

c. Oligohidramnion
Merupakan suatu keadaan dimana air ketuban kurang dari normal yakni kurang dari ½ liter.

2. Dampak akibat Kekurangan Air Ketuban
Cairan ketuban dapat di katakan kurang jika volume air ketuban lebih sedikit dari lima ratus cc. Volume air ketuban dapat diketahui dari hasil pemeriksaan ultra sonografi atau USG. Istilah medisnya disebut dengan oligohidramnion. Seorang Ibu harus curiga apabila terdapat suatu cairan yang keluar secara berlebihan ataupun sedikit namun secara terus-menerus yang melalui vagina. Biasanya akan berbau agak anyir, dengan warnanya jernih, serta tidak kental.

Kurangnya cairan ketuban tentu saja dapat mengganggu kehidupan janin, bahkan bisa mengakibatkan kondisi gawat pada janin. Seolah-olah janin tumbuh di dalam kamar sempit yang akan membuatnya tidak dapat bergerak bebas. Pada kasus ekstrem dimana sudah terbentuk amniotic band atau benang/serat amnion bukan tidak mustahil jika terjadi kecacatan akibat anggota tubuh janin terjepit ataupun terpotong oleh amniotic band tersebut. Dampak lainnya, janin kemungkinan mempunyai cacat bawaan pada saluran kemih, pertumbuhannya akan terhambat, bahkan akan meninggal sebelum dilahirkan. Sesaat jika setelah dilahirkan pun, sangat mungkin bayi akan berisiko tidak segera bernapas secara spontan dan juga teratur.

Bahaya lainnya dapat terjadi jika ketuban robek dan airnya merembes sebelum tiba waktu untuk bersalin. Kondisi ini sangat berisiko akan menyebabkan terjadinya infeksi oleh kuman yang berasal dari bawah. Jika kehamilan lewat bulan, kekurangan air ketuban akan terjadi karena ukuran tubuh janin yang semakin besar.

3. Penanganan
Sebenarnya air ketuban tidak dapat habis selama kehamilan masih normal serta janin masih hidup. Bahkan air ketuban dapat tetap diproduksi, meskipun sudah pecah selama berhari-hari. Meskipun sebagian berasal dari kencing janin, air ketuban berbeda dengan air seni biasa, baunya yang sangat khas. Ini yang menjadi petunjuk untuk wanita hamil yang membedakan apakah yang keluar itu air ketuban ataupun air seni.
Agar volume cairan ketuban kembali normal, pada umumnya dokter akan menganjurkan ibu hamil untuk menjalani pola hidup sehat, terutama makan dengan asupan gizi yang seimbang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates