Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Makanan Sumber Kolesterol

Ketahui Jenis Makanan Sumber Kolesterol

Ketahui Jenis Makanan Sumber Kolesterol

Ketahui Jenis Makanan Sumber Kolesterol

Ketahui Jenis Makanan Sumber Kolesterol

Ketahui Jenis Makanan Sumber Kolesterol – Berbagai macam jenis makanan sebagai sumber kolesterol baik di sadari maupun tidak kerapkali di nikmati dan juga konsumsi. Padahal jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama dikonsumsi secara terus – menerus dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Jenis penyakit yang dapat diakibatkan karena kolesterol jahat ini seperti penyakit jantung koroner atau pun penyakit stroke.Kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh jika berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah serta akan menimbulkan suatu kondisi yang disebut dengan aterosklerosis artinya bahwa terjadi penyempitan ataupun pengerasan pembuluh darah. Dengan demikian pentingnya mengetahui terkait beberapa jenis makanan sebagai sumber kolesterol yang jahat akan berdampak kepada status kesehatan.

Pada umumnya banyak makanan yang enak pada saat di santap yang biasanya mengandung lemak dengan demikian hal ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dan jika banyak kolesterol jahat di dalam tubuh dapat memicu terjadinya penyakit stroke ataupun dapat menjadi penyebab jenis penyakit jantung yang lainnya seperti penyakit jantung koroner.

Cara dan tips mencegah meningkatnya kolestrol dalam tubuh menurut seorang ahli gizi menjelaskan bahwa Pola makan sehat merupakan upaya tingkat pertama dalam melawan kenaikan kolesterol. Dan jika seseorang mengkonsumsi makanan dengan banyak sayur serta buah ditambah ikan, maka sudah memenuhi asupa gizi yang baik untuk menjaga kondisi kolesterol di dalam tubuh.
Dengan demikian salah satu cara untuk mencegah agar kadar kolesterol tidak meningkat di dalam tubuh khususnya yaitu kolesterol yang jahat sehingga dilakukan dengan melakukan pola makan yang sehat. Dengan membiasakan pola makan yang sehat maka tentunya akan dapat derajat kesehatan dan dapat membuat daya tahan tubuh kita terhadap berbagai jenis penyakit dapat meningkat pula.

Berikut merupakan beberapa daftar makanan sebagai sumber kolesterol tinggi yang dijelaskan oleh seorang dokter ahli gizi, tentang jumlah kadar kolesterol dalam 100 gr bahan makanan sebagai berikut:
1. Dalam Otak sapi mengandung kolesterol 2.300 mg.
2. Dalam Kuning telur mengandung kolesterol 2.000 mg.
3. Dalam Telur puyuh mengandung kolesterol 3.640 mg.
4. Dalam Cumi-cumi mengandung kolesterol 1.170 mg.
5. Dalam Jeroan sapi mengandung kolesterol 380 mg.
6. Dalam Susu sapi mengandung kolesterol 250 mg.
7. Dalam Santan kelapa mengandung kolesterol 185 mg.
8. Dalam Kerang, udang mengandung kolesterol 160 mg.
9. Dalam Daging sapi mengandung kolesterol 105 mg.
10. Dalam Daging kambing mengandung kolesterol 70 mg.
11. Dalam Mentega atau margarin mengandung kolesterol 300 mg.

Berdasarkan daftar jenis makanan sumber kolesterol tinggi yang sudah diuraikan diatas adalah jenis makanan sebagian besar merupakan makanan yang enak dan lezat untuk dinikmati. Pada intinya bahwa dengan mengenal berbagai jenis makanan sebagai sumber kolesterol jahat ini yaitu jika di konsumsi dengan takaran yang cukup maka akan menyehatkan, akan tetapi jika di konsumsi dengan takaran yang berlebihan dan dalam jangka waktu lama maka tidak akan menyehatkan dan malah akan timbul berbagai penyakit.

Sebab pada dasarnya kolesterol adalah salah satu komponen dari lemak. Serta yang kita ketahui bahwasannya lemak adalah salah satu zat gizi yang sangat di butuhkan oleh tubuh di samping zat gizi lain misalnya zat karbohidrat, zat protein, zat vitamin dan juga mineral. Lemak adalah salah satu sumber energi yang dapat memberikan kalori yang paling tinggi. Namun jangan sampai berlebihan dikonsumsi sehingga kolestrol dalam tubuh akan tinggi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates