Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Masalah pada Sistem Pencernaan

Ketahui Masalah pada Sistem Pencernaan

Ketahui Masalah pada Sistem Pencernaan

Ketahui Masalah pada Sistem Pencernaan

Ketahui Masalah pada Sistem Pencernaan  – Sistem pencernaan yang ada dalam tubuh manusia terdiri dari beberapa alat pencernaan. Ole sebab itu, terdapat banyak jenis penyakit yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia. Terdapat penyakit yang akan menyerang gigi, menyerang kerongkongan, lambung, dan penyakit lainnya. Demikian pula pada kelainan, bisa saja terjadi pada gigi, lambung, ataupun usus halus. Terdapat penyakit yang diakibatkan oleh infeksi kuman, makanan, ataupun lainnya. Berikut ini merupakan beberapa penyakit yang terkait dengan sistem pencernaan manusia, diantaranya:1. Sakit Gigi
Akibat sakit gigi paling sering disebabkan karena adanya lubang pada gigi. Gigi yang berlubang disebut karies. Karena sakit gigi bisa mengganggu atau dapat mempengaruhi organ tubuh yang lainnya, misalnya jantung, mata, dan ginjal.
Gigi yang berlubang menyebabkan bakteri akan mudah menerobos masuk ke dalam gigi dengan demikian gigi keropos, gigi rapuh dan mudah copot.

2. Gastritis
Adalah suatu peradangan akut ataupun kronis pada lapisan mukosa atau lender dinding lambung. Penyebabnya yaitu penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung kuman penyakit, atau akibat kadar asam klorida (HCL) dalam lambung terlalu tinggi.

3. Sariawan
Alat pencernaan yang terganggu akibat sariawan yaitu mulut (bibir dan gusi) dan juga lidah. Biasanya orang yang terkena sariawan menjadi malas makan, dengan demikian kondisi tubuh turun.

4. Hepatitis
Hepatitis adalah penyakit yang terjadi sebagai akibat infeksi virus dalam hati. Virus bisa masuk ke dalam tubuh melalui air ataupun makanan.

5. Diare
Diare merupakan penyakit atau keadaan dimana penderita mengalami buang air besar yang bercampur air berkali-kali. Penyebab diare yakni peradangan usus oleh penyakit lain misalnya kolera serta disentri.

6. Konstipasi
Konstipasi atau disebut sembelit adalah kondisi yang dialami seseoang dengan gejala feses mengeras dengan demikian susah dikeluarkan. Sembelit diakibatkan oleh adanya penyerapan air pada sisa makanan. Dampaknya, feses kekurangan air serta menjadi keras.

7. Disentri
Disentri menyerang usus. Usus yang terserang disentri akibat terinfeksi oleh kuman atau bakteri yang menyebabka meradang. Gejalanya yaitu sakit perut, diare kadang – kadang berdarah serta berlendir.

8. Apendisitis
Apendisitis adalah gangguan yang terjadi akibat peradangan apendiks. Penyebabnya yaitu adanya infeksi bakteri di bagian umbai cacing (usus buntu). Dampaknya yaitu timbul rasa nyeri dan sakit.

9. Maag
Penyakit ini disebut tukak lambung dimana alat pencernaan yaitu lambung atau usus dua belas jari. Gejalanya yaitu pegal-pegal di punggung satu hingga dua jam setelah makan atau apabila perut kosong.

10. Radang Usus Buntu
Merupakan terjadi infeksi pada usus buntu. Gejalanya yaitu sakit pada perut di sebelah kanan bawah. Radang terjadi apabila lubang antara usus buntu serta usus besar menaik tersumbat kemudian tertutup. Penyumbatannya dapat berupa lendir atau benda keras misalnya biji terung atau cabe.

11. Demam Tifoid
Demam tifoid merupakan penyakit serius yang diakibatkan oleh bakteri. Bakteri tifoid akan menyebabkan penderitanya demam, lemah, serta bahkan kematian. Kejadian demam tifoid pada umumnya terjadi di daerah yang sangat padat penduduk. Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri yang disebut dengan Salmonella typhi yang ditularkan melalui air atau makanan yang tercemar.

12. Hemeroid atau Wasir
Hemoroid atau Wasir adalah gangguan pembengkakan pada pembuluh vena di daerah anus. Orang yang sering duduk serta ibu hamil seringkali mengalami kondisi ini.

13. Cacingan
Terdapat beberapa jenis penyakit cacing. Tiga yang harus diketahui yakni cacing gelang, cacing tambang, serta cacing kremi. Kondisi cacingan ini dapat terjadi akibat kondisi sanitasi lingkungan dan individu tidak terjaga.

14. Radang Dinding Lambung
Radang dinding lambung akan menyerang membran mukus yang melapisi bagian lambung. Gejalanya yaitu sulit bernapas, feses yang berwarna gelap dan bercampur darah, serta sakit kepala.

15. Keracunan
Keracunan makanan bisa terjadi akibat pengaruh beberapa bakteri misalnya bakteri Salmonela yang mengakibatkan penyakit demam tipus serta paratipus.

16. Tukak Lambung
Tukak lambung merupakan salah satu kelainan sistem pencernaan yaitu kerusakan pada selaput lendir. Tukak lambung bisa disebabkan oleh faktor-faktor kuman, toksin, maupun psikosomatis. Kecemasan, ketakutan, stress, serta kelelahan adalah faktor psikosomatis yang akhirnya bisa merangsang pengeluaran HCL pada lambung. Apabila HCL berlebihan, selapu lendir lambung dapat rusak.

17. Malnutrisi (kurang gizi)
Yakni penyakit yang diakibatkan oleh terganggunya pembentukan enzim pada pencernaan. Gangguan tersebut diakibatkan oleh sel-sel pankreas atropi yang banyak kehilangan reticulum endoplasma. Misalnya kwashiorkor, yaitu penyakit akibat kekurangan protein yang parah serta pada umumnya akan menyerang anak-anak.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates