Thursday , 23 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Menu Makanan Sehat untuk Penderita Batu Ginjal

Menu Makanan Sehat untuk Penderita Batu Ginjal

Menu Makanan Sehat untuk Penderita Batu Ginjal

Menu Makanan Sehat untuk Penderita Batu Ginjal

Menu Makanan Sehat untuk Penderita Batu Ginjal

Menu Makanan Sehat untuk Penderita Batu Ginjal – Di Indonesia, Penyakit Batu Ginjal adalah penyakit dengan jumlah penderitanya yang cukup tinggi. Pada umumnya penderita penyakit batu ginjal lebih banyak laki-laki daripada perempuan, dN pada umumnya penyakit penyakit batu ginjal diderita pada usia 30 hingga 60 tahun.
Mungkin anda adalah seseorang yang sedang menderita penyakit batu ginjal dan bingung mencari menu makanan yang bagus untuk anda konsumsi. Nah pada kesempatan kali ini Kami akan berbagi informasi mengenai beberapa Menu Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Batu Ginjal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda.

Berikut Beberapa Menu Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Batu Ginjal
Menu Makanan Sehat untuk Penderita Batu Ginjal

1. Mentimun
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, bahwa ekstrak buah mentimun atau Cucumis sativus telah diyakini mengandungan zat yang bagus untuk mempercepat proses pelarutan batu. Disamping itu, mentimun juga diduga dapat mengurangi pembentukan batu ginjal.

2. Bayam
Penderita penyakit batu ginjal sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi bayam, hal ini disebabkan kerena kandungan zat besi, kalsium, kalium, seng, magnesium dan berbagai vitamin yang cukup tinggi didalam bayam. Sehingga kebutuhan magnesium dalam tubuh akan terpenuhi. Agar mendapatkan hasil yang maksimak Pasien yang menderitapenyakit batu ginjal sebaiknya mengkonsumsi jus bayam mentah setidaknya tiga kali dalam sehari.

3.Melon

Jika Anda sedang menderita penyakit batu ginjal, sebaiknya perbanyak konsumsi melon setiap hari. Hal ini dikarenakan melon memiliki khasiat yang mampu untuk membantu memecahkan batu ginjal yang ter-ekskresi melalui urine.

4. Kentang
Apabila anda sedang menderita penyakit batu gunja kkentang merupakan makanan yang harus anda masukan ke menu sehari-hari anda. Hal ini dikarenakan kentang manfaat yang bagus untuk pasien batu ginjal. Disamping itu perbanyaklah konsumsi air setelah makan kentang. Naamun apabila anda sedang menderita penyakit diabetes, alangkah lebih baik jika tidak melakukan hal ini.

5. Apel
Disamping memiliki rasa yang nikmat, Apel juga sangat kaya akan khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya untuk penderita penyakit batu ginjal. Hal ini mungkin disebabkan karena banyaknya kandungan vitamin A dan C yang dapat digunakan untuk melarutkan batu ginjal. Untuk dapat merasakan khasiatnya anda cukup mengkonsumsi 2 buah apel segar rutin setiap hari. Apabila anda bosan untuk mengkonsumsi buah apel yang segar, anda juga bisa meminum sari cuka apel. Namu perlu diperhatikan agar tidak menambahkan gula terlalu banyak jika anda ingin mengkonsumsi sari cuka apel.

6. Semangka
Jika anda adalah orang yang sangat sulit untuk minum, maka perbanyaklah untuk mengkonsumsi buah semangka. Karena buah semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan air. Untuk merasakan khasiatnya cukup dengan konsumsi buah semangka sebanyak 300-500 gr setiap ari, hal ini akan membantu batu ginjal luruh dari dalam saluran kemih serta akan membantu membilas bagian dalam ginjal tanpa rasa sakit.

Selain untuk mengkonsumsi makanan sehat, jika anda sedang menderita penjakit batu ginjal anda juga dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih untuuk mencegah terbentuknya batu ginjal lain dan untuk mempermudah batu ginjal keluar dari saluran kemih.

About lastri sulastri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates