Friday , 28 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Kolesterol pada Ibu Hamil

Seputar Kolesterol pada Ibu Hamil

Seputar Kolesterol pada Ibu Hamil

Seputar Kolesterol pada Ibu Hamil

Seputar Kolesterol pada Ibu Hamil

Seputar Kolesterol pada Ibu Hamil – Tubuh manusia memerlukan kolesterol untuk membuat hormon penting salah satunya yaitu hormon estrogen dan juga hormon testosteron. Selain untuk itu, kolesterol merupakan bagian dari pelindung yang mengelilingi saraf serta membran sel yang lainnya. Kolesterol adalah zat lemak dengan bentuk seperti substansi. Bahaya penyakit kolesterol pada ibu yang sedang hamil harus di waspadai. Sebenarnya kolesterol berguna dalam pembentukan hormon, menjaga kesehatan pada dinding sel, dapat membuat vitamin d dan dapat membuat empedu acids. Seperti yang kita ketahui bahwa LDL atau Low Density Lipoprotein merupakan jenis kolesterol yang jahat. Akan tetapi kondisi ini berbeda apabila pada ibu hamil LDL yang mempunyai peranan penting dalam pembentukan steroid atau steroidogenesis yang bisa mendukung suatu proses kehamilan.

Apabila sebelum ibu mengalami suatu kehamilan ternyata sudah menderita penyakit kolesterol tinggi, kondisi kolesterol tinggi yang terjadi pada seorang ibu hamil akan beresiko. Dimana penderita yang mengalami kolesterol tinggi, pada pembuluh darahnya maka kemungkinan besar akan mengalami penyempitan sejak sebelum wanita hamil. Dengan kadar kolesterol yang tinggi atau berlebihan, maka ibu hamil dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan selama hamil ataupun melahirkan.

1. Gangguan kolesterol tinggi pada ibu hamil
Beberapa gangguan yang mungkin bisa terjadi pada penderita kolesterol tinggi pada saat hamil, sebagai berikut :

a. Mengalami gangguan sesak nafas yang diakibatkan akibat terdesaknya paru – paru oleh perut yang membesar. Pada seorang ibu hamil yang normal, pada saat melakukan pekerjaan sedikit saja maka nafasnya akan mudah terengah – engah. Apalagi jika ibu hamil yang menderita kolestrol tinggi, tentunya akan beresiko sebab pembuluh darahnya menyempit dengan demikian nafas menjadi tidak terkontrol.

b. Mudah capek pada saat melakukan sedikit pekerjaan. Hal tersebut diakibat menyempitnya pembuluh darah serta bertambahnya berat badan. Apabila hal ini dibiarkan dengan demikian pada kaki akan muncul farises sebagai dampak terhambatnya aliran darah tersebut. Selain itu di daerah kaki pulalah sebagai penyokong berat badan yang berlebihan.

2. Anjuran untuk penderita kolesterol tinggi sebelum terjadi kehamilan
Ketika seorang wanita merencanakan suatu kehamilan, berkonsultasilah ke tenaga medis atau dokter. Jika disarankan, lakukanlah medical check up atau MCU agar dapat mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh. Apabila masih terlalu tinggi, alangkah baiknya lakukan diet sehat sebagai berikut ini:

a. Hindarilah makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi misalnya, hindari konsumsi daging sapi yang berlemak, susu, telur, mentega, krim dan juga keju.

b. Hindari makanan dengan pengolahan yang digoreng. Gunakanlah minyak nabati non kolesterol pada saat memasak.

c. Perbanyaklah konsumsi kacang-kacangan, konsumsi gandum utuh, biji-bijian, konsumsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

d. Olahragalah secara teratur serta timbanglah berat badan secara berkala. Pastikanlah berat badan menurun sesuai dengan anjuran dari dokter.

e. Hubungi dokter apabila kadar kolesterol tidak kunjung turun meskipun telah melakukan program diet sehat. Biasanya dokter dapat memberikan obat penurun kadar kolesterol selama 3 bulan. Apabila kadar kolesterol kondisinya sudah normal, dengan demikian keinginan untuk mempunyai anak bisa di wujudkan.

3. Untuk perbandingan, berikut merupakan kadar normal kolesterol dalam darah pada ibu hamil, diantaranya:

a. LDL normal pada ibu hamil yaitu 149 mg per dl ± 10
b. HDL normal pada ibu hamil yaitu 59 mg per dl ± 6
c. Kolesterol total normal pada ibu hamil yaitu 200 – 259 mg per dl ± 10

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates