Thursday , 23 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Sederhana Mengurangi Mata Minus

Tips Sederhana Mengurangi Mata Minus

Tips Sederhana Mengurangi Mata Minus

Tips Sederhana Mengurangi Mata Minus

Tips Sederhana Mengurangi Mata Minus – Mata minus atau disebut dengan rabun merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak dapat melihat suatu objek secara jelas. Untuk mata minus sendiri bisa digolongkan menjadi dua yakni mata minus rabun jauh serta rabun dekat. Mata minus rabun jauh yaitu kelainan pada mata yang tidak dapat melihat dengan baik benda maupun objek dengan jarak yang jauh. Sebelum mengetahui tips sederhana mengurangi mata minus, berikut merupakan penyebab timbulnya mata minus diantaranya:

1. Pola hidup yang tidak baik
Hasil penelitian yang menjelaskan bahwa orang yang tinggal di perkotaan, maka akan mempunyai resiko lebih besar untuk terkena penyakit mata minus jika dibandingkan dengan orang yang hidup serta tinggal di pedesaan.  Sebab sebagian besar masyarakat di perkotaan banyak menghabiskan waktu di tempat ataupun kegiatan dengan jarak pandang yang tidak jauh. Selain itu juga karena kaibat beraktivitas di depan layar monitor dengan waktu yang sangat lama. Dengan demikian akan menyebabkan otot pada mata yang mengatur fokus di bagian mata serta lama – kelamaan dapat terbiasa dengan keadaan seperti itu. Dampaknya yaitu pada saat mata melihat objek dengan jarak jauh, mata tidak akan berfungsi dengan baik, sebab karena sudah terbiasa melihat objek dengan jarak yang dekat.

2. Faktor Genetika (Keturunan)
Apabila mempunyai mata minus, maka lihat apakah salah satu anggota keluarga mempunyai mata minus? seperti ayah, ibu dan lainya. Apabila memang ada, artinya penyebab mata minus yang terjadi akibat faktor keturunan.

3. Kurang Istirahat
Mata rabun ataupun minus juga bisa disebabkan oleh kurangnya istirahat. Mata membutuhkan istirahat, sehigga jangan terlalu memaksakan mata untuk bekerja keras. Usahakanlah jangan duduk di depan layar monitor atau komputer dalam waktu yang terlalu lama serta lakukan tidur yang cukup.

4. Pola makan yang kurang baik
Pola makan yang buruk bisa menyebabkan kerusakan pada mata anda. Seperti karena kekurangan mengkonsumsi sayuran contohnya wortel yang akhirnya kekurangan vitamin A dan akibatnya akan mengalami kerusakan pada mata.

Setelah mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada mata, berikut merupakan penjelasan tips sederhana mengurangi mata minus, diantaranya:

1. Coba lepaskan kacamata yang di pakai apabila dirasa kurang diperlukan, mislanya saat berada di ruangan yang sempit serta tidak sedang bekerja tentunya. Anda bisa melakukan hal ini apabila masih dapat melihat dengan jelas meskipun tanpa menggunakan kacamata.

2. Dapat melatih mata agar dapat melihat suatu benda ataupun objek yang jauh tanpa menggunakan kacamata. Seperti anda dapat pergi ke tempat misalnya sawah, bukit dan lainnya, sebab tempat-tempat tersebut empunyai sudut pandang yang jauh.

3. Melatih mata untuk melihat benda – benda yang bergerak. Seperti, pada saat anda berada di jalan raya, anda dapat mengamati orang-orang, motor maupun mobil yang berlalu lalang di sekitar anda. Lihat kemudian perhatikan setiap gerakannya, usahakan bayangan yang di lihat adalah utuh yang tidak rabun.

4. Gunakanlah daun sirih hanya 2 lembar daun sirih, lalu cuci bersih daun sirih tersebut kemudian tempel dimata setiap kali anda tidur. Lakukan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

5. Apabila terbiasa bekerja di depan komputer, usahakanlah setiap 25 menit, luangkan waktu untuk beranjak dari tempat duduk atau layar komputer.

6. Melakukan terapi lilin, hanya perlu menyalakan lilih serta tataplah lilin tersebut tanpa banyak berkedip dan tunggulah sampai keluar banyak air mata.

7. Membersihkan mata, apabila perlu, dapat menggunakan tetes mata supaya mata terhindar dari kotoran dan juga bakteri.

8. Pakailah helm atau kaca mata pada saat berkendara, tujuannya yakni untuk mencegah debu masuk ke dalam mata.

9. Jika perlu dapat mengkonsumsi wortel atau makanan yang berbahan wortel seperti, sayur sop, jus wortel dan lainnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates