Thursday , 23 November 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Bisnis Budidaya Buah Naga

Bisnis Budidaya Buah Naga

Bisnis Budidaya Buah Naga

Bisnis Budidaya Buah Naga

Bisnis Budidaya Buah Naga

Bisnis Budidaya Buah Naga – Budidaya dari buah naga semakin berprospek seiring dengan banyaknya masyarakat yang menyukai buah yang di dalam bahasa inggris disebut dengan dragon fruit ini, baik untuk konsumsi sendiri ataupun dijadikan parcel. Bahkan sekarang ini sudah mulai bermunculan berbagai varietas buah naga dengan kualitas dan juga manfaat yang jauh terlihat lebih baik.

Di Indonesia ada empat jenis dari buah naga yang dibudidayakan, yaitu : buah naga dengan kulit merah daging putih, kulit kuning dengan daging putih, buah naga dengan kulit merah daging merah, Buah naga dengan kulit merah daging super merah atau super red.

Dari ke 4 jenis buah naga tersebut, yang paling banyak untuk dibudidayakan di negara Indonesia adalah buah naga super red. Buah naga super red ini mengandung banyak vitamin B lalu C, zat besi serta betakaroten (provitamin A) dan juga zat gizi lainnya.

Manfaat mengkonsumsi buah naga
Buah naga mempunyai banyak khasiat yang baik untuk kesehatan dari tubuh kita. Antara lain bisa menurunkan kolesterol juga dapat menurunkan demam berdarah, menyeimbangkan suatu kadar gula darah, pelindung dari kesehatan mulut, mencegah suatu kanker usus, menguatkan suatu fungsi ginjal, tulang dan juga daya kerja otak, meningkatkan suatu ketajaman mata, mencegah dari pendarahan, sebagai obat untuk keputihan, mengobati kondisi hipertensi, sembelit dan juga memperhalus kulit wajah.

Prospek bisnis buah naga
Buah naga ini termasuk dari usaha agribisnis yang mempunyai prospek amat bagus. Hal ini terlihat dari banyaknya buah naga yang di impor dari berbagai negara yang masuk ke negara Indonesia. Dengan kata lain, permintaan dari buah naga di negara Indonesia sangat tinggi.

Hal ini tidak terlepas dari tingkat suatu kepedulian masyarakat akan suatu kesehatan dan juga buah naga adalah salah satu dari buah yang sangat amat baik untuk kesehatan, sehingga peluang dari bisnis budidaya buah naga ini semakin amat besar.

Cara budidaya dari buah naga
Teknik dari budidaya buah naga kini mulai diarahkan ke arah tren organik, karena masih banyak ditemui budidaya dari buah naga yang dilakukan dengan secara anorganik. Dengan cara organik dapat dihasilkan buah naga yang berkualitas lebih baik, salah satunya dapat tahan sampai 10 hari ketika disimpan di dalam suhu ruang, sedangkan ketika disimpan di dalam kulkas dapat tahan sampai 1 bulan.

Cara untuk menanam buah naga dengan organik akan bisa menghasilkan buah yang lebih sehat tanpa nantinya menyisakan bahan kimia yang mungkin berbahaya untuk tubuh dan lingkungan. Pupuk buah naga yang dapat digunakan juga adalah organik atau kotoran hewan dan juga sisa tanaman, sehingga biaya dari produksinya pun bisa menjadi lebih murah.

Harga dari buah naga organik di pasaran mungkin lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah naga anorganik. Selisihnya adalah antara Rp. 5 sampai 10 ribu per kg. Pemeliharaannya yang mudah dan biaya produksi yang cukup rendah bisa membuat suatu keuntungan budidaya dari buah naga secara organik akan jauh lebih tinggi.

Keuntungan budidaya buah naga
Pelaku dari budidaya buah naga super red dapat meraup keuntungan sampai 60%. Ada juga yang dapat meraup keuntungan sampai 83%. Keuntungan sebesar itu bisa didapat dari jenis buah naga hitam, salah satu adalah varietas baru yang sedang naik pamor saaat ini.

Saat ini keberadaan dari buah naga impor yang ada di pasaran lokal sudah mencapai 85%. Kebanyakan dari supermarket, mereka menyediakan buah naga yang berasal dari negara Thailand, China, Vietnam dengan harga yang relative lebih murah dari buah naga lokal dengan selisih antara Rp. 5 ribu sampai Rp. 6 ribu.

Padahal kualitas untuk buah naga impor yang ada di supermarket – supermarket tersebut kualitasnya tidak lebih baik dari buah naga lokal. Dengan artian buah naga lokal memang jauh lebih baik. Masyarakat hanya tahu bila harga buah naga di supermarket akan lebih murah, tanpa memperhatikan dari segi kualitasnya. Untuk mengatasi tersebut, pemerintah kini tengah mencoba membantu dengan cara mengadakan berbagai macam pelatihan usaha untuk budidaya buah naga, mulai dari proses pembibitan buah naga (breeding) sampai memfasilitasi pengadaan untuk pameran pertanian.

Supaya tidak terus menerus mengimpor bibit, pemerintah mulai bekerja sama dengan para breeder untuk bisa menghasilkan bibit buah naga yang kualitasnya terbaik.

Kelebihan buah naga
Salah satu dari kelebihan buah naga adalah ketahanan dari simpannya yang terbilang cukup lama meski tanpa perlakukan yang khusus pasca panen. Kulitnya yang tebal adalah pelindung dari berbagai benturan lalu udara kemudian dari air atau juga dari apapun yang menjadi suatu penyebab busuknya buah.

Budidaya untuk buah naga tergolong amat mudah dengan perawatan yang begitu minim. Bahkan tanaman untuk buah naga super red dapat ditanam secara tabulampot atau budidaya buah naga dalam pot.

Demikianlah informasi mengenai bisnis budidaya buah naga semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca…. Salam suksess……

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates