Tuesday , 12 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Akibat Kekurangan Vitamin K

Ketahui Akibat Kekurangan Vitamin K

Ketahui Akibat Kekurangan Vitamin K

Ketahui Akibat Kekurangan Vitamin K

Ketahui Akibat Kekurangan Vitamin K

Ketahui Akibat Kekurangan Vitamin K – Vitamin mempunyai peranan yang penting untuk menjaga serta dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Seperti, vitamin C mempunyai manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang, sedangkan untuk vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata manusia. Vitamin K mempunyai peranan yang penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan dari tulang ataupun arteri. Sebab vitamin K mempunyai manfaat yang penting, dengan demikian seharusnya bisa memenuhi kebutuhan vitamin K dalam sehari-hari.

Jika asupan vitamin khususnya vitamin K tidak terpenuhi, maka akan menimbulkan dampak terhadap kesehatan. Berikut merupakan beberapa dampak akibat kekurangan vitamin K, diantaranya:
1.    Pembekuan darah
Kekurangan vitamin K bisa mengakibatkan pembekuan darah yang abnormal. Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan terjadinya penurunan kadar protrombin darah yang berguna untuk menormalkan darah.

2.    Perdarahan hebat saat menstruasi
Perdarahan hebat saat menstruasi disebut dengan istilah menorrhagia. Penyebab perdarahan yang hebat pada saat menstruasi dapat disebabkan akibat kelebihan hormone estrogen, kurangnya akibat hormone luteinizing, akibat penyakit ovarium, akibat obesitas, akibat polip, akibat kanker maupun kehamilan.

3.    Gusi akan berdarah
Pada umumnya gusi berdarah dapat dipicu akibat kekurangan vitamin K. Plak pada gigi yang tidak dibersihkan dapat mengakibatkan munculnya karang gigi. Dengan demikian menyebabkan gusi mengalami luka dan juga pendarahan.

4.    Janin tidak akan berkembang
Kekurangan asupan vitamin K pada saat kehamilan bisa sangat berbahaya. Kekurangan vitamin K pada masa kehamilan dapat berdampak buruk pada janin yang dikandung. Pertumbuhan organ pada janin yang dikandung bisa mengalami gangguan.

5.    Pengerasan pada arteri darah
Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan munculnya endapan kalsium dalam jumlah yang berlebihan, khususnya pada bagian jaringan lunak. Pengendapan kalsium dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan pengerasan arteri darah.

6.    Gangguan kesehatan pada usus
Akibat kekurangan vitamin K dapat mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan pada usus misalnya malabsorpsi, mengalami obstruksi bilier, mengalami cystic fibrosis ataupun reseksi usus kecil.

7.    Terdapat Darah dalam air seni
Akibat kekurangan vitamin K yakni terdapat darah dalam air seni, selain itu juga pada seorang bayi terkadang dapat ditandai dengan adanya darah di dalam tinja. Sebab terjadi luka pada usus.

8.    Mudah sekali memar dan darah sulit membeku
Akibat kekurangan vitamin K tentunya mempunyai protombin yang sangat sedikit sehingga darah yang keluar tubuh bisa sulit membeku sebab kurangnya protombin.

9.    Pendarahan dalam ovarium
Pendarahan dalam ovarium dapat disebabkan oleh pendarahan yang hebat pada saat menstruasi. Tidak teraturnya siklus menstruasi dapat disebabkan akibat kekurangan vitamin K. Sedangkan pendarahan yang terjadi pada ovarium dapat terjadi karena masa menstruasi yang sangat lama.

10.    Darah sulit membeku
Jika seseorang mengalami luka serta pendarahan yang hebat, maka alangkah baiknya segera periksakan ke klinik atau dokter untuk meminta suntikan dengan kandungan vitamin K. Pendarahan hebat yang diakibatkan karena darah sulit membeku, dan hal seperti tersebut merupakan pertanda akibat kekurangan vitamin K. seseorang dapat meminta suntikan vitamin K3 ataupun vitamin K1. Enzim protombin yang berfungsi untuk mengentalkan dan juga mengencerkan darah. suntikan vitamin K bisa membekukan darah akan tetapi masih tetap membutuhkan proses sebab suntikan vitamin K bukanlah suatu obat. Vitamin K bisa keluar dari dalam tubuh pada setiap saat dengan demikian perlu melakukan suatu terapi pemberian vitamin K yang dilakukan secara rutin.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates