Friday , 28 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Komplikasi Demam Typoid dan Pencegahannya

Seputar Komplikasi Demam Typoid dan Pencegahannya

Seputar Komplikasi Demam Typoid dan Pencegahannya

Seputar Komplikasi Demam Typoid dan Pencegahannya

Seputar Komplikasi Demam Typoid dan Pencegahannya

Seputar Komplikasi Demam Typoid dan Pencegahannya – Demam typoid merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh kuman Salmonella typhi, Salmonella paratyphi A, Salmonella paratyphi B dan Salmonella paratyphi C. Adanya kuman tersebut di dipengaruhi oleh tingkat higienitas seseorang. Dimana apabila kondisi lingkungannya buruk maka akan mengundang kuman penyebab demam typoid. Diagnosis pasti dapat ditegakkan dengan cara menguji sampel darah terkait bakteri Salmonella spp dalam darah penderita.

1.    Komplikasi yang akan terjadi pada penderita demam typoid dintaranya:

a.    Komplikasi Intestinal
1)    Mengalami perdarahan pada usus
2)    Mengalami perforasi pada usus
3)    Mengalami Ileus paralitik

b.    Komplikasi Ekstra
1)    Komplikasi Kardiovaskuler: kegagalan sirkulasi perifer atau renjatanseptik, mengalamimiokarditis,trombosis serta tromboflebitis

2)    Komplikasi darah: anemia hemolitik, trombositopenia, dan atau DisseminatedIntravascular Coagulation atau DICserta Sindrom uremia hemolitik

3)    Komplikasi paru : mengalami pneumonia, empiema dan pleuritis

4)    Komplikasi hepar dan kandung empedu : mengalami hepatitis dan kolesistitis

5)    Komplikasi ginjal : mengalami glomerulonefritis,pielonefritisserta perinefritis

6)    Komplikasi tulang : mengalami osteomielitis,periostitis,spondilitisserta Artritis

7)    Komplikasi Neuropsikiatrik: mengalami delirium, meningismus, meningitis, mengalami polineuritis perifer,mengalami sindrom guillain-barre, psikosis dan juga sindrom katatonia.

2.    Langkah-langkah upaya pencegahan
a.    Melakukan vaksinasi denganmenggunakan vaksin T.A.B (mengandung basil tifoid dan paratifoid A dan B yang dimatikan).

b.    Minum air yang sudah dimasak. Masak air sekurang-kurangnya lima menit penuh(jika air sudah masak, biarkan ia selama lima menit lagi).

c.    Makan – makanan yang baru dimasak. Apabila terpaksa makan di kedai, pastikanlah makananyang dipesan khas sertaberada dalam keadaan berasap karena baru diangkat dari dapur.Tudung semua makanan serta minuman supaya tidak dihinggapi lalat. Letakkanlah makanan ditempat tinggi. Gunakan penyepit, sendok, ataupun garpu bersih untuk mengambil makanan.

d.    Buah-buahan hendaklah dikupas serta dibilas sebelum dimakan.

e.    Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih sebelum makan, setelah membuang sampah, setelah memegang bahan mentah ataupun selepas membuang air besar.

f.    Hindari tempat pembiakan lalat-lalat.

g.    Segeralah ke doktor apabila mengalami tanda-tanda dijangkiti demam tifoid.

Pada pria lebih banyak terpapar dengan kuman Salmonella typhi jika dibandingkan pada wanita karenaaktivitas di luar rumah lebih banyak. Semua kelompok umur bisa tertular penyakittifoid, akan tetapi yang banyak adalah pada golongan umur dewasa tua. Angka kejadian demamtifoid tidak dipengaruhi musim, akan tetapi pada daerah-daerah yang terjadi endemik demamtifoid, angka kejadian dapat meningkat pada bulan-bulan tertentu. Di Indonesia, angka kejadiandemam tifoid meningkat pada saat musim kemarau panjang ataupun pada awal musim hujan. Hal ini banyak dihubungkan dengan meningkatnya populasi lalat di musim tersebut serta penyediaan air bersih yang kurang memuaskan.
Demam tifoid masih merupakan masalah besar di negara Indonesia. Penyakit ini di Indonesia bersifat sporadik endemik dan akan timbul di sepanjang tahun. Kasus demam tifoid di negara Indonesia,masih cukup tinggi berkisar antara 354 sampai 810 per 100.000 penduduk pertahun. Hasil penelitian retrospektif yang dilakukan di Palembang selama periode 5 tahun (1990-1994) didapatkan sebanyak 83 kasus (21,5 %) penderita demam tifoid dengan hasil biakan darah salmonella positif dari penderita yang dirawat dengan klinis demam tifoid. Demam tifoid merupakan penyakit yangumum terjadi di Indonesia.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates