Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Jenis Zat Adiktif dan Efeknya

Beberapa Jenis Zat Adiktif dan Efeknya

Beberapa Jenis Zat Adiktif dan Efeknya

Beberapa Jenis Zat Adiktif dan Efeknya

Beberapa Jenis Zat Adiktif dan Efeknya

Beberapa Jenis Zat Adiktif dan Efeknya – Zat adiktif merupakan istilah untuk zat – zat yang penggunaannya bisa menyebabkan ketergantungan fisik secara kuat serta menyebabkan ketergantungan pada psikologis yang panjang atau drug dependence. Adapun kelompok zat adiktif yaitu narkotika (suatu zat ataupun obat yang berasal dari tanaman) ataupun bukan dari tanaman, baik yang sintetik ataupun semisintetik, yang bisa mengakibatkan menurunya atau mengalami perubahan kesadaran, dapat mengurangi hingga menghilangkan rasa sakit serta bisa menyebabkan ketergantungan. Ataupun zat ini digunakan sebagai pengganti morfin ataupun kokain yang bekerja dapat mengganggu sistem syaraf pusat atau SSP.Berikut merupakan beberapa jenis zat adiktif dan efek yang dapat ditimbulkannya, diantaranya:
1. Alkohol atau etanol
Alkohol biasanya dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan obat. Yang dapat berfungsi untuk zat pengawet. Di dalam dunia otomotif, alkohol ataupun etanol biasa digunakan untuk bahan bakar pada kendaraan, yang mana Alkohol bisa digunakan sebagai anti beku pada suatu radiator. Kandungan Alkohol yaitu ethyl etanol, mengandung inhalen atau sniffing yang berupa karbon yang dapat menghasilkan efek sama seperti yang halnya minuman yang beralkohol ataupun obat anaestetik.Alkohol dapat diperoleh dengan 2 cara, diantaranya :
a. Dengan sistem fermentasi, bisa menggunakan glukosa yang di produksi berasal dari gula hidrolisis amylum dengan bantuan suatu khamir yang dilakukan proses pada suhu di bawah 37°C.

b. Dengan hidrasi langsung, yakni dengan  menggunakan etilena atau Hidrasi etilena dari suatu proses cracking yang berasal dari minyak bumi yang di distilasi.

Efek  atau gejala yang akan ditimbulkan bagi pemakai :
a. Menyebabkan teler atau mabuk
b. Menyebabkan kegagalan pada pernapasan akut seperti halnya yang terjadi pada bahaya dalam formalin.
c. Dapat menghilangkan kesadaran
d. Dapat menyebabkan kematian

2. Nikotin
Nikotin merupakan senyawa kimia yang diperoleh secara alami dari tumbuh – tumbuhan misalnya tembakau. Nikotin adalah salah satu racun pada syaraf. Untuk jenis zat ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan insektisida.

Untuk seorang perokok, kerja dari nikotin yaitu masuk ke bagian paru – paru kemudian diserap oleh suatu aliran darah, dengan waktu kurang lebih delapan detik, nikotin ini bisa sampai ke bagian otak yang dapat merubah kerja pada otak.

Adapun efek akibat penggunaan nikotin diantaranya :
1. Dapat meningkatkan denyut jantung
2. Dapat meningkatnya kadar gula di dalam darah
3. Dapat menimbulkan efek segar setelah memakainya
4. Dapat menimbulkan euphoria
5. Menyebabkan nafas terasa berat
6. Dapat mengakibatkan kanker dan stroke seperti bahaya makan mie instan terlalu sering.

3. Kafein
Kafein merupakan suatu zat adiktif yang bekerja agar dapat mempengaruhi sistem metabolisme serta mempengaruhi saraf pusat. Kafein dapat digunakan sebagai sebagai pengurang rasa lelah dan juga untuk mencegah ataupun untuk mengurangi rasa kantuk. Zat ini merupakan penyebab asma dan juga asam lambung. Kafein bisa menimbulkan efek kecanduan.

Adapun beberapa efek yang ditimbulkan zat ini adalah :
a. Menyebabkan pusing serta akan timbul kecemasan.
b. Dapat mengganggu mood
c. Dapat meningkatnya stress
d. Dapat mempercepat rusaknya tulang
e. Dapat meningkatkan gula darah
f. Dapat meningkatnya tekanan darah
g. Dapat meningkatkan detak jantung
h. Menyebabkan Insomia
i. Dapat meningkatkan kadar asam
j. Dapat mempercepat penuaan dini
k. Menyebabkan gangguan prostat

4. Zat desainer
Karena zat ini dilarang oleh pemerintah, sehingga zat ini banyak di buat secara ilegal. Zat ini banyak beredar dengan istilah speed ball, dengan nama Peace pills, crystal dan lainnya. Adapun efek drai penggunaan zat ini yakni hampir sama dengan dampak yang dapat ditimbulkan pada penggunaan narkoba dengan jenis yang lainnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates