Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jadwal Imunisasi yang Tepat

Ketahui Jadwal Imunisasi yang Tepat

Ketahui Jadwal Imunisasi yang Tepat

Ketahui Jadwal Imunisasi yang Tepat

Ketahui Jadwal Imunisasi yang Tepat

Ketahui Jadwal Imunisasi yang Tepat – Imunisasi merupkan suatu upaya untuk memberikan imunitas terhadap berbagai penyakit. imunisasi dilakukan tidak sesuai dengan keinginan akan tetapi imunisasi dilakukan berdasarkan usia tertentu. Ingatlah harus memperhatikan jadwal imunisasi jangan sampai telat dalam memberikan perlindungan ini, karena apabila Anda telat memberikan Imunisasi bukan sesuatu yang tidak mungkin bahwa Anak Anda sudah terkena penyakit duluan dengan demikian ini apat menimbulkan masalah nantinya. Mungkin Anda bisa melihat Jadwal Imunisasi di daerah tempat tinggal yang sering kali diadakan tiap bulan ataupun 2 bulan sekali akan tetapi maksud jadwal di sini bukan itu. Maksud jadwal di sini yaitu pada umur berapakah anak Anda harus diberikan Imunisasi serta apa sajakah jenis Imunisasi yang harus diberikan kepadanya.Berikut merupakan jadwal imunisasi untuk bayi dan anak berdasarkan rekomendasi ahli kesehatan diantaranya:
1. Pada Saat Bayi Anda Baru Saja Lahir
Pada saat pertama kali Bayi Anda lahir, biasanya terdapat dua jenis vaksin yang wajib diberikan yaitu vaksin Hepatitis B1 serta Vaksin Polio 0. Vaksin Hepatitis B1 ataupun disingkat HB-1 wajib diberikan kepada bayi paling lambat sekitar 12 jam dari waktu kelahirannya. Sementara untuk vaksin Polio 0 dapat diberikan pada saat Bayi tersebut akan pulang atau di bawa ke rumah.

2. Bayi berusia 1 Bulan
Dalam usia satu bulan ini, Bayi Anda wajib untuk menerima vaksin Hepatitis B2 ataupun disingkat dengan HB-2. Pemberian vaksin pada usia satu bulan ini sangatlah penting sebab penyakit Hepatitis B2 yang menyerang Bayi dapat menyebabkan sang Bayi tidak bisa aktif serta banyak bergerak.

3. Bayi berusia 0-2 Bulan
Vaksin yang diberikan pada usia 0-2 bulan yaitu untuk mencegah penyakit Tuberkulosis yang bernama BCG ini bisa di berikan sejak Bayi Anda lahir. Untuk memberikan vaksin BCG dapat diberikan pada Bayi yang sudah berusia lebih dari tiga bulan, dengan catatan harus melakukan uji Tuberkulin terlebih dahulu kemudian vaksin BCG baru dapat diberikan apabila diperoleh hasil pengujian yang negatif.

4. Bayi berusia dua Bulan
Pada saat bayi yang berusia 2 bulan tedapat 3 vaksin yang dapat di berikan pada usia ini yakni vaksin DTP-1, vaksin Hib-1 serta vaksin Polio-1. Vaksin Toksoid Difteri dan juga Tetanus DTP-1 dapat Anda berikan dengan usia sekitar lebih dari 6 minggu. Vaksin Penyakit HiB yakni Hib-1 dapat Anda berikan pada usia mulai melangkah ke dua bulan dan vaksin Polio-1 dapat anda berikan secara bersamaan dengan vaksin jenis DTP-1.

5. Bayi berusia 4 Bulan
Terdapat 3 vaksin yang dapat di berikan saat ini yakni DTP-2, Hib-2 serta Polio-2. Pemberian vaksin yang terlebih dulu dapat dilakukan pada usia ini yakni DTP-2, lalu pemberian vaksin Polio-2 yang memang dapat diberikan bersama dengan DTP-2. Dan kemudian yang terakhir yaitu pemberian vaksin Hib-2.

6. Bayi berusia 6 Bulan
Anda dapat memberikannya vaksin DTP-3, Hib-3 serta juga Polio-3. Pemberian vaksin DTP-3 dapat dikombinasikan dengan jenis vaksin Hib-3, sementara untuk vaksin Polio-3 dapat diberikan bersama dengan DTP-3.

7. Bayi berusia 9 Bulan
Anda dapat memberikan Bayi Anda vaksin Campak-1 tepat di usia 9 bulan ini. Dan jika pada usia lima belas bulan nantinya MMR sudah diberikan dengan demikian vaksin Campak-2 sudah tidak perlu diberikan.

8. Bayi berusia 15 sampai 18 bulan
Jadwal untuk imunisasi pada Bayi dan juga Anak dengan usia 15 sampai 18 bulan ini yaitu pemberian vaksin MMR serta vaksin Hib-4. Pemberian MMR ini juga sebagai pengganti vaksin Campak-2 dengan demikian nantinya vaksin Campak-2 sudah tidak perlu diberikan lagi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates