Thursday , 23 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Minuman Beralkohol

Ketahui Jenis Minuman Beralkohol

Ketahui Jenis Minuman Beralkohol

Ketahui Jenis Minuman Beralkohol

Ketahui Jenis Minuman Beralkohol

Ketahui Jenis Minuman Beralkohol – Minuman beralkohol dikenal dengan minuman keras, dimana minuman ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Namun masih banyak orang yang menikmati efek dari minuman keras ini dibalik dampak buruk terhadap kesehatan yang akan ditimbulkannnya. Minuman yang beralkohol pada dasarnya adalah minuman yang di dalamnya mengandung zat etanol. Perlu diketahui bahwa zat etanol sendiri merupakan bahan psikoaktif dimana apabila mengkonsumsinya menyebabkan menurunya kesadaran. Berikut merupakan jenis minuman keras yang ada dipasaran serta harus diwaspadai:1. Rum
Rum yang dikenal dengan suatu minuman hasil fermentasi dan distilasi dari air pada tanaman tebu ataupun molase. Kadar alkohol dalam rum tidak selalu sama atau kadarnya beragam dan terdapat dua macam rum yang paling sering dipakai, sebagai berikut:

a. Jenis Rum coklat keemasan yakni Biasanya rum ini akan lebih sering di gunakan untuk membuat kue ataupun memasak serta bisa juga untuk suatu campuran koktail.

b. Jenis Rum putih yakni Biasanya jenis rum ini digunakan sebagai campuran koktail.

2. Anggur
Jenis minuman yang beralkohol ini dengan bahan dasar dari sari anggur. Yang dibuat dengan melewati fermentasi dari gula yang ada dalam buah anggur. Berikut ini merupakan macam-macam dari minuman anggur ataupun wine, diantaranya:

a. Fortified wine
b. Sparkling wine
c. Red wine
d. Sweet wine
e. Rose wine
f. White wine

3. Tequila
Tequila merupakan hasil penyulingan ataupun distilasi yang di buat dari bahan dasar tanaman agave.

4. Brendi
Minuman alkohol brendi ini merupakan salah satu minuman dari hasil proses distilasi yang mempunyai kadar alkohol antara 40 sampai 60 %.

5. Bir
Meskipun sudah diketahui pengaruh alkohol yaitu terhadap SSP atau sistem saraf pusat manusia, namun masih banyak yang minum alkohol. Bir merupakan hasil proses fermentasi yang berasal dari bahan pati tanpa adanya suatu proses distilasi ataupun penyulingan.

6. Wiski
Wiski atau disebut juga dengan istilah whiskey dimana minuman beralkohol ini merupakan hasil fermentasi serealia dengan suatu proses penghalusan ataupun mashing kemudian dicampur dengan air sebelum di panaskan.

7. Ciu
Nama minuman ciu istilah lainnya yang paling sering ditemui yaitu ciu rantai dimana minuman ini adalah sejenis minuman yang mengandung alkohol dari suatu proses fermentasi pada ketela pohon cair. Minuman ciu ini merupakan minuman beralkohol yang mempunyai khas tersendiri di salah satu wilayah daerah Jawa Tengah.

8. Tuak
Minuman tuak merupakan hasil fermentasi dari bahan beras, nira ataupun buah dan juga bahan yang mengandung gula. Untuk kadar yang dikandung dengan alkohol yang ada di dalamnya, pada dasarnya minuman tuak ini dibuat dengan kadar alkohol yang beragam.

9. Absinthe
Anise ataupun perisa adas merupakan nama lain dari minuman beralkohol absinthe. Bahan utama dari pembuatan minuman absinthe ini diketahui adalah berasal dari apsintus atau istilah yang lainnya yaitu worm wood. Dalam minuman ini, dimana proses pembuatannya yakni dengan menyuling bahan alkohol ditambah dengan daun pala, bersama ketumbar, bersama juniper, bersama hisop, bersama dittany, bersama apsintus, bersama fennel dan juga bersama adas.

10. Vodka
Minuman yang beralkohol ini sudah amat terkenal sebab kadar alkohol yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. Vodka yang berwarna bening atau tidaklah berwarna serta dengan distilasi dari bahan gandum yang sudah melalui suatu proses fermentasi. Kandungan yang paling besar yang ada dalam vodka yaitu alkohol dan juga air.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates