Thursday , 27 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Jenis Penyakit Akibat Makanan

Ketahui Seputar Jenis Penyakit Akibat Makanan

Ketahui Seputar Jenis Penyakit Akibat Makanan

Ketahui Seputar Jenis Penyakit Akibat Makanan

Ketahui Seputar Jenis Penyakit Akibat Makanan

Ketahui Seputar Jenis Penyakit Akibat Makanan – Jenis makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi derajat kesehatan seseorang. Dimana tidak semua jenis makanan yang kaya dengan kandungan gizinya cocok untuk dikonsumsi setiap orang. Ketika seseorang mengalami ketidak cocokan dalam mengkonsumsi satu jenis makanan, maka dapat mengkonsumsi jenis makanan lain yang mempunyai kandungan sama sebagai penggantinya. Disamping ketidak cocokan terhadap jenis makanan, derajat kesehatan seseorang  juga akan dipengaruhi oleh kualitas makanan. Dimana apabila makanan yang dikonsumsi dengan pengolahan yang tidak tepat atau tidak higienis maka akan menimbulkan berbagai penyakit.Berikut merupakan penyakit yang terjadi akibat asupan makanan, diantaranya:
1. Diare
Diare merupakan buang air besar yang ditandai kondisi feses lembek hingga encer atau berair yang terjadi berulang kali lebih dari 3 kali dengan kurun waktu 24 jam. Jenis makanan yang bisa mengakibatkan terjadinya diare yaitu produk susu, makanan pedas, makanan yang terlalu asam, dan makanan yang bersantan.

2. Obesitas atau Kegemukan
Kegemukan terjadi akibat kelebihan konsumsi karbohidrat dan lemak. Jenis makanan yang kaya karbohidrat dan lemak apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu obesitas. Seperti pada makanan daging merah serta produk olahannya, produk susu serta olahannya, makanan cepat saji, makanan yang di goreng, keripik kentang, roti putih, dan juga minuman manis-manis.

3. Migren
Merupakan sakit kepala yang berdenyut di seluruh kepala ataupun salah satu sisi kepala yang disertai perasaan muntah ataupun mual dan peka terhadap cahaya, terhadap suara serta terhadap bau. Jenis makanan atau minuman pemicu migren yaitu jenis kacang-kacangan, minuman produk fermentasi, minuman kopi, coklat, makanan yang mengandung MSG, makanan yang berpengawet dan pemanis buatan.

4. Menimbulkan Alergi
Alergi terhadap makanan diakibatkan karena terjadi hipersensitif terhadap bahan makanan yang dikonsumsi dengan kandungan protein tinggi, sebab pada sistem kekebalan tubuh akan bereaksi secara berlebihan. Adapun jenis makanannya seperti: gandum sebab mengandung gluten, jenis atau produk makanan dari telur, jenis susu, produk kedelai, buah jeruk, sayuran, kacang-kacangan, dan jenis makanan yang lainya yang termasuk ke dalam kriteria dapat menimbulkan alergi.

5. Asam Urat
Merupakan jenis radang sendi yang diakibatkan karena kelebihan zat asam urat di dalam darah sebab ginjal tidak mampu lagi membuang zat asam urat yang berlebih di dalam tubuh. Jenis makanan yang bisa mengakibatkan asam urat yaitu makanan laut, jenis kacang-kacangan, jeroan, jenis daging unggas, kaldu daging, olahan daging, daging merah, dan lainnya.

6. Penyakit Ginjal
Ginjal berperan untuk menyaring kelebihan cairan di dalam tubuh, produk-produk limbah dan juga racun dari tubuh. Ginjal juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah, dalam produksi sel darah merah serta metabolisme vitamin D. Jenis makanan yang bisa menurunkan fungsi ginjal diantaranya makanan yang berprotein tinggi misalnya daging dan produk susu, makanan yang mengandung pengawet sodium, makanan yang berlemak, makanan yang mengandung gluten dan minumal beralkohol serta gula.

7. Penyakit Jantung dan Stroke
Kolesterol jahat yang tinggi mengakibatkan penyakit jantung, hipertensi dan stroke. Jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi yaitu produk susu, produk krim, es krim, jenis kerang-kerangan, jeroan, bebek serta angsa. Lemak nabati seperti minyak biji kelapa sawit, minyak kelapa sawit, kelapa, serta minyak kelapa.

8. Tekanan Darah Tinggi
Hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah arteri di atas normal (140/90 mmHg atau ke atas). Makanan atau minuman yang bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi yaitu makanan yang asin-asin, makanan yang di asap, keju keras, lemak hewani seperti daging dan telur, kopi, teh, soda.9. Ambeien
Ambeien dikenal dengan istilah wasir yakni terjadi pembengkakan pembuluh darah yang berada di dalam ataupun di luar anus, salah satunya diakibatkan oleh konstipasi ataupun sembelit. Makanan yang menyebabkan sembelit misalnya daging, pizza, kentang, dan keju.

10. Kanker Usus Besar
Apabila asupan harian minim kandungan serat sedangkan untuk kandungan protein dan lemaknya jauh lebih tinggi, maka dapat meningkatkan resiko kanker usus besar selain itu juga makanan yang dibakar bisa menghasilkan zat-zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker usus besar.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates