Thursday , 14 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Solusio Plasenta dan Perdarahan pada Wanita Hamil

Ketahui Seputar Solusio Plasenta dan Perdarahan pada Wanita Hamil

Ketahui Seputar Solusio Plasenta dan Perdarahan pada Wanita Hamil

Ketahui Seputar Solusio Plasenta dan Perdarahan pada Wanita Hamil

Ketahui Seputar Solusio Plasenta dan Perdarahan pada Wanita Hamil

Ketahui Seputar Solusio Plasenta dan Perdarahan pada Wanita Hamil – Solusio plasenta atau disebut dengan abruption placenta (ablasia placenta) merupakan terlepasnya plasenta dari tempat implantasinya yang normal di uterus, dalam  dengan masa kehamilan lebih dari dua puluh minggu atau sebelum janin lahir. Pada plasenta terdapat banyak pembuluh darah sebagai pengantar zat nutrisi dari seorang ibu ke janin, apabila plasenta tersebut terlepas dari implantasi normalnya pada masa kehamilan sehingga dapat mengakibatkan perdarahan yang hebat.

Perdarahan yang terjadi pada solusio plasenta sebenarnya lebih berbahaya jika dibandingkan dengan plasenta previa. Untuk penyebab solusio plasenta tidak bisa diketahui dengan pasti, akan tetapi pada kasus – kasus yang berat karena akibat penyakit hipertensi vaskular yang menahun, 15,5% yang disertai juga akibat pre eklampsia, selain itu juga akibat tingginya tingkat paritas atau jumlah kelahiran serta semakin bertambahnya usia seorang ibu.
Gejala serta tanda solusio plasenta sangatlah beragam, dengan demikian akan sulit menegakkan diagnosisnya secara cepat. Namun dari adanya kasus solusio plasenta di diagnosis sebagai akibat persalinan prematur idopatik, yang mengalami perdarahan hebat, mengalami kontraksi uterus yang hebat,serta hipertomi uterus yang menetap. Gejala-gejala tersebut bisa ditemukan sebagai gejala tunggal akan tetapi lebih sering yang berupa gejala kombinasi.

Solusio plasenta pada umumnya merupakan penyakit kehamilan yang serius serta membahayakan keadaan ibu. Seorang ibu hamil yang pernah mengalami solusio plasenta, memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami kekambuhan pada kehamilan yang berikutnya.

Terdapat beberapa penyebab perdarahan yang dapat mengintai pada wanita hamil. Setiap kasus akan muncul pada fase tertentu. Jika Ibu hamil yang mengalami perdarahan harus segera di periksa agar dapat mengetahui penyebabnya serta supaya dapat dilakukan solusi medis yang tepat untuk menyelamatkan ibu dan janin yang dikandungnya.

Berikut merupakan sembilan hal yang pada umumnya bisa menyebabkan wanita hamil mengalami perdarahan, diantaranya :

1. Karena Implantasi, dimana kondisi ini biasanya akan terjadi pada masa – masa awal kehamilan, dan sering kali dikira hal tersebut merupakan darah haid.

2. Akibat adanya Infeksi, infeksi yang terjadi pada jalan lahir serta serviks atau leher rahim, juga bisa menyebabkan perdarahan.

3. Akibat adanya polip serviks, kondisi tumor jinak yang terjadi pada leher rahim akan sering memberikan gejala yang berupa bercak darah.

4. Karena keguguran, meskipun tidak semua perdarahan pada awal kehamilan akan berujung pada keguguran, akan tetapi hal ini yang paling sering terjadi.

5. Akibat kehamilan ektopik atau hamil di luar kandungan, pada kasus yang terjadi seperti ini, kehamilan tidak bisa berlanjut, serta tempat implantasi bisa robek dengan demikian akan terjadi perdarahan.

6. Akibat kehamilan mola atau disebut hamil anggur, kondisi ini merupakan kehamilan yang abnormal dengan ciri utama, pada jaringan hasil pembuahan sel telur atau konsepsi akan berisi gelembung – gelembung cairan yang akan menyerupai anggur.

7. Akibat plasenta previa, merupakan suatu kondisi dimana letak plasenta yang menutupi jalan lahir baik sebagian maupun seluruhnya.

8. Akibat solusio plasenta, hal ini merupakan suatu kondisi dimana plasenta akan terlepas sebelum waktunya atau sebelum janin lahir.

9. Akibat kondisi Vasa previa, hal ini merupakan keadaan dimana terdapat pembuluh darah yang melewati pada bagian dalam mulut rahim. Walaupun keadaan ini sangat jarang terjadi akan tetapi perlu juga untuk diketahui seorang ibu karena sebagai salah satu penyebab terjadinya perdarahan saat ibu hamil.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates