Thursday , 29 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Buah Duku untuk Pengobatan dan Kecantikan

Khasiat Buah Duku untuk Pengobatan dan Kecantikan

Khasiat Buah Duku untuk Pengobatan dan Kecantikan

Khasiat Buah Duku untuk Pengobatan dan Kecantikan

Khasiat Buah Duku untuk Pengobatan dan Kecantikan – Buah duku merupakan salah satu varian yang sangat populer sebab memiliki rasa yang sangat manis, dengan bijinya yang kecil dan juga jarang, serta dengan daya tahannya sangat bagus. Oleh sebab itu maka penyebarannya akan sangat cepat serta juga namanya cepat terkenal sampai ke luar negeri. Bentuk buahnya yang lebih bulat jika dibandingkan dengan kokosan dan juga buah langsat. Warna buah duku pun lebih pucat.1. Manfaat untuk Pengobatan
Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa buah duku mempunyai kandungan yang bisa digunakan untuk obat tradisional. Berikut merupakan beberapa resep yang tradisional dari buah duku yang dapat mengobati penyakit ringan:

a. Sebagai obat nyamuk
Mungkin pembaca baru mengetahui bahwa buah duku dapat dijadikan untuk obat nyamuk. Akan tetapi bukan daging dari buahnya yang berkhasiat sebagai obat nyamuk, akan tetapi dari kulit buah duku nya yang kering. Dengan membakar kulit buah duku maka asapnya bisa mengusir nyamuk.b. Mengobati cacingan
Pada anak-anak akan sangat rentang untuk mengalami cacingan, sebab belum mengerti secara benar tentang kebersihan. Jika dilarang akan dilema sebab bermain di tanah adalah sesuatu hal yang sangat wajar agar dapat mengembangkan saraf – saraf motorik pada anak. Namun sebagai orang tua harus waspada agar tidak mengalami gejala cacingan, misalnya hilangnya semangat, mengalami pucat, berat badan yang menurun serta akan sering menggaruk pada bagian anusnya. Ambillah biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus. Campurkanlah dengan air minum seperempat gelas. Kemudian minumkan pada anak dua kali sehari.

c. Menurunkan demam
Demam biasanya merupakan gejala bahwa anak sudah terkena virus ataupun bakteri. Panas pada tubuh anak adalah suatu bentuk pertahanan diri agar dapat mengusir virus serta bakteri. Anda dapat memanfaatkan buah duku agar dapat meredakan demam pada anak. Caranya yaitu dengan menumbuk 1 biji buah duku, lalu dilarutkan di dalam air dengan seperempat gelas kemudian di minum.

d. Mengobati kulit yang gatal
Gatal – gatal yang terjadi pada kulit dapat diakibatkan karena beberapa faktor. Salah satunya yaitu akibat jarang mandi. Biasanya karena terdapat bakteri ataupun kutu yang menempel pada kulit lalu menggali agar dapat menerobos kemudian masuk ke dalam jaringan pada kulit. Agar dapat menghilangkannya dapat dengan mengoleskan kulit buah duku yang masih dalam kondisi segar di bagian kulit yang terasa gatal.

e. Mengobati diare
Diare pada anak diakibatkan karena akibat mengkonsumsi makanan dengan rasa pedas ataupun kurang bersih. Biji buah duku dapat mengobati diare, dengan cara biji buah duku ditumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan air seperempat gelas lalu diminum.

2. Manfaat buah Duku untuk Kecantikan
Selain untuk menjaga kesehatan dan untuk pengobatan, manfaat buah duku juga dapat dirasakan di dalam dunia kecantikan. Berikut merupakan uraian manfaat buah duku untuk kecantikan, diantaranya:

a. Menghilangkan jerawat
Selain buah jeruk nipis, buah pepaya, tomat dan juga lemon yang biasa digunakan untuk menghilangkan jerawat, buah duku juga mempunyai kemampuan untuk menghilangkan jerawat.

b. Menjaga kelembaban alami rambut
Buah duku bisa menjaga kelembaban secara alami pada rambut dari dalam, hal tersebut berkat kandungan nutrisi yang ada dalam buah duku. Selain dapat menjaga kelembaban rambut, juga dapat mencegah kerontokan, serta memberi nutrisi pada rambut.

c. Merawat kuku
Dengan menggunakan bahan-bahan yang alami pada buah duku yang dilakukan dengan cara menggunakan buah duku yang sudah masak, lalu dihancurkan dengan menggunakan kuku. Maka hal tersebut dapat sekaligus untuk menghilangkan adanya kotoran yang terselip antara kuku dengan  kulit.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates