Friday , 28 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh – Buah Duku adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara termasuk negara Indonesia, negara Thailand, negara Malaysia dan juga negara Filipina. Tanaman buah duku ini mempunyai banyak varian, akan tetapi secara garis besar dapat dibedakan menjadi tiga golongan, yakni buah duku, buah langsat dan buah kokosan. Diantara ke tiga jenis golongan tersebut yang paling terkenal yaitu varian buah duku. Serta yang mempunyai rasa yang paling manis dan juga paling tahan lama.Meskipun buah duku bentuknya kecil, akan tetapi kandungan nutrisi dalam buah duku tidak dapat dianggap sepele. Seperti halnya buah – buahan tropis yang lainnya, duku dan juga varianya kaya dengan antioksidan yang diperoleh dari kandungan vitamin C, vitamin B dan juga dari beberapa mineral yang penting untuk kesehatan tubuh.

Dari kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah duku, ternyata mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya:

1. Kaya Vitamin A
Duku merupakan buah yang kaya dengan vitamin A, sehingga dapat menjaga kesehatan mata, supaya panca indera dapat berfungsi secara normal. Karoten di dalam buah duku adalah antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

2. Kaya Vitamin B
Selain vitamin kandungan A, buah duku adalah sumber yang bagus untuk vitamin B, yakni vitamin B1 atau Thiamin dan juga vitamin B2 atau Riboflavin. Fungsi Thiamin di dalam tubuh yaitu dapat membantu untuk memecah gula di dalam tubuh, dapat mendukung untuk pertumbuhan tubuh serta dapat memproduksi sel darah merah. Sedangkan untuk fungsi Riboflavin yaitu dapat membantu tubuh untuk melepaskan energi yang berasal dari karbohidrat.

3. Kaya Serat
Serat adalah salah satu zat yang sangat diperlukan tubuh sebab fungsinya sangat bagus untuk pencernaan. Makanan tinggi serat bisa membantu untuk menjaga tubuh dari adanya serangan jantung serta dapat mengatasi sembelit.

4. Sumber Antioksidan
Buah duku adalah sumber antioksidan yang alami, sejenis polifenol yang berguna untuk kesehatan tubuh. Antioksidan dalam buah buah duku sama dengan dalam buah pepaya dan juga pisang.

5. Melancarkan sistem pencernaan
Sehubungan buah duku megandung banyak serat, sehingga kandungan seratnya dapat melancarkan sistem pencernaan.

6. Mengendalikan kolesterol
Kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit seperti jantung koroner dan juga stroke. Kolesterol memiliki korelasi dengan penyakit yang berbahaya lainnya misalnya diabetes serta hipertensi. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah duku bisa membantu metabolisme kolesterol untuk menjadi asam empedu.

7. Membantu program diet
Kandungan carnitine dalam buah duku dapat membantu membakar lemak.

8. Menjaga kesehatan gusi
Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan gingivitis atau gusi bengkak serta berdarah. Buah duku mengandung vitamin C yang cukup banyak.

9. Mempercepat pemulihan
Kandungan vitamin C dalam buah duku bisa memulihkan kembali fungsi anggota tubuh.

10. Menjaga kekuatan gigi
Makanan yang terbaik untuk kesehatan gigi yaitu kalsium dan juga fosfor. Buah duku mengandung kalsium dan fosfor sehingga dapat melindungi gigi dan dapat memperkuatnya.

11. Mencegah penuaan dini
Karenan komponen kandungan yang ada dalam buah duku, maka buah duku ini bersifat sebagai anti radikal bebas sehingga dapat menangkal polutan sebagai penyebab kerusakan pada jaringan kulit.

12. Meningkatkan kekebalan tubuh
Karena kandungan yang terdapat dalam buah duku ini mengadung vitamin C dan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas seseorang, yang berguna sebagai penangkal polutan serta radikal bebas yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates