Tuesday , 21 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Jambu Monyet dan Efek Sampingnya

Khasiat Jambu Monyet dan Efek Sampingnya

Khasiat Jambu Monyet dan Efek Sampingnya

Khasiat Jambu Monyet dan Efek Sampingnya

Khasiat Jambu Monyet dan Efek Sampingnya

Khasiat Jambu Monyet dan Efek Sampingnya – Jambu Monyet atau dengan nama latin Anacardium occidentale dengan pohonya berukuran sedang, yang tingginya maksimal dapat mencapai 12 meter. Hasil penelitian menjelaskan bahwa jambu monyet memiliki khasiat untuk meningkatkan kemampuan otak serta dapat mengembalikan fungsi otak yang mengalami gangguan seperti hilang ingatan, akibat kelelahan kerja, adanya gangguan seksual, mengalami halusinasi, mengalami kemunduran daya ingatan dan lainnya).

Untuk bagian daunnya dapat digunakan untuk obat luar yang dapat mengatasi penyakit kulit ataupun luka bakar. Untuk air perasan kulit dari buahnya dapat digunakan dalam mengobati kutil ataupun borok. Sedangkan untuk bagian akar jambu monyet dapat digunakan untuk mengobati penyakit diare, sebagai obat kumur, dapat mengatasi sariawan dan juga menghilangkan jerawat.
Adanya kandungan kimia dalam jambu monyet sering dijadikan sebagai obat yang dapat mendukung kesehatan. Berikut merupakan manfaat jambu monyet diantaranya:

1. Dapat Mencegah anemia
Buah jambu monyet mengandung mineral misalnya zat besi yang dapat berperan untuk membentuk sel darah merah.

2. Dapat Menangkal radikal bebas
Kandungan yang ada dalam jambu monyet dapat menangkal radikal bebas sehingga mencegah terjadinya penyakit sebab mengandung antioksidan.

3. Dapat Menjaga kesehatan mata
Kandungan dala jambu monyet salah satunya adalah vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata.

4. Dapat Mengobati asma
Hasil riset menjelaskan bahwa pada penderita asma memiliki kandungan vitamin c yang cukup rendah di dalam tubuhnya. Buah jambu monyet mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengurangi sesak napas.

5. Dapat Mengontrol tekanan darah
Hipertensi mempunyai resiko untuk meningkatkan penyakit stroke serta penyakit jantung. Dalam jambu monyet kaya dengan vitamin, mineral serta antioksidan sehingga dapat membantu untuk menurunkan hipertensi.

6. Dapat Menurunkan resiko penyakit jantung
Aterosklerosis merupakan suatu kondisi dimana arteri pada jantung menebal yang dapat meningkatkan resiko untuk terkena serangan jantung. Dengan mengkonsumsi buah-buahan vitamin C misalnya jambu monyet bisa mengatasi adanya aterosklerosis.

7. Dapat Mengobati rematik
Kandungan yang terdapat dalam buah jambu monyet dengan membuat ramuan sederhana dari buahnya dapat mengobati penyakit rematik.

8. Mengobati Sariawan
Kandungan yang terdapat dalam buah jambu monyet dengan membuat ramuan sederhana dari buahnya dapat mengobati sariawan.

9. Mengobati Radang tenggorokan
Peradangan yang terjadi pada tenggorokan bisa menyebabkan sakit pada saat menelan makanan. Sehingga nafsu makan akan menjadi berkurang. Dengan membuat ramuan jambu monyet dapat mengobati radang tenggorokan.

10. Kencing manis (diabetes melitus)
Kencing manis merupakan penyakit yang berbahaya. Membuat ramuan jambu monyet dapat berkhasiat untuk mengatasi kencing manis.

11. Dapat mengobati sembelit
Sembelit adalah kondisi seseorang mengalami kesulitan buang air besar dengan lancar. Kesulitan dalam susah BAB dapat mempengaruhi sistem metabolisme pada tubuh. Dengan membuat ramuan jambu monyet dapat berkhasiat untuk mengatasi sembelit.

12. Mengatasi Penyakit kulit
Jambu monyet dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit pada kulit misalnya karena eksim, adanya borok, ataupun luka bakar.

Adapun Efek Samping Jambu Monyet sebagai berikut:
1. Jambu monyet mengandung tannin, yang bisa menyebabkan gatal – gatal pada kulit.

2. Kulit buahnya bisa menyebabkan dermatitis.

3. Jambu monyet mengandung minyak yang berwarna kuning muda dengan rasanya yang manis (minyak acayu), yang terdiri dari 40 sampai 50% kardol (tannin yang beracun) serta asam anakardia.

4. Minyak jambu monyet dapat kulit terbakar ataupun menggelembung.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates