Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Rahasia Khasiat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui

Rahasia Khasiat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui

Rahasia Khasiat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui

Rahasia Khasiat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui

Rahasia Khasiat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui

Rahasia Khasiat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui – Air kelapa tidak hanya bisa menyegarkan, air kelapa juga mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Air kelapa mempunyai kemampuan dalam mendetoksifikasi tubuh. Kandungan elektrolit yang terdapat dalam air kelapa mirip dengan cairan yang ada dalam tubuh, dengan demikian air kelapa dapat dikonsumsi sebagai bahan dasar untuk minuman sebagai pengganti cairan tubuh.

Untuk seorang ibu yang sedang menyusui pastinya akan kehilangan banyak sekali cairan di dalam tubuhnya.  Air kelapa mempunyai susunan yang sama dengan cairan tubuh dengan demikian bisa dengan cepat untuk menghidrasi tubuh. Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda, bebas dari bahan kimia sehingga jika masuk ke dalam tubuh tidak dapat meracuni bayi. Berikut merupakan manfaat air kelapa untuk ibu menyusui, diantaranya:

1. Meningkatkan Produksi ASI
Dalam santan dapat meningkatkan produksi ASI sehingga dapat memenuhi kebutuhan akan potasium, gula yang alami dan juga natrium. Selain itu juga, pada saat air kelapa dapat menjaga kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan demikian kemungkinan tubuh akan memproduksi lebih banyak ASI.

2. Pencegah berbagai penyakit
Air kelapa di dalamnya mengandung adanya komponen fitokimia yang berupa tanin. Tanin tersebut dapat bersifat sebagai anti bakteri yang dapat mencegah dalam pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Sebab air kelapa muda mengandung senyawa anti jamur serta anti bakteri sehingga minuman air kelapa muda ini dapat melindungi Anda serta bayi dari adanya infeksi penyakit. Selain itu juga, dengan ibu meyusui mengkonsumsi air kelapa muda, maka dapat meningkatkan kandungan asam kaprat dan juga meningkatkan kadar asam laurat di dalam tubuh yang apat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi dengan melalui ASI.

3. Memperlancar Pencernaan
Air kelapa muda dapat dijadikan stimulan bagi yang mengalami sembelit selama ia menyusui. Air kelapa dapat membantu untuk melancarkan saluran cerna dengan demikian kotoran yang menumpuk dalam tubuh akan segera dibuang. Sehingga, tidak harus lagi untuk mengkonsumsi obat pencahar dimana belum tentu aman untuk dikonsumsi bagi wanita menyusui.

4. Sumber Energi Alami
Bagi ibu menyusui, tentunya membutuhkan suatu energi yang cukup banyak, sebab untuk mengurus bayi, bahkan untuk mengurus rumah tangga. Oleh sebab itu, ibu menyusui sangat memerlukan asupan energi yang cukup agar dapat tetap kuat dalam melakukan segala aktivitas sebagai ibu yang sedang menyusui.

Air kelapa muda, cenderung mempunyai rasa yang manis pada saat dikonsumsi. Hal tersebut karena air kelapa di dalamnya mengandung 2,6 % gula, 0,55 % protein, 0,74 % lemak, dan 0,46 % mineral. Air kelapa muda mempunyai kandungan gula 2,1 % lebih banyak jika dibandingkan dengan air kelapa yang tua. Dengan demikian air kelapa muda mempunyai rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan air kelapa tua.

Rasa manis dalam air kelapa muda berasal dari gula  yang alami dari air kelapa, yakni glukosa, fruktosa, dan juga sukrosa yang kemudian akan dibakar oleh tubuh menjadi suatu energi.

5. Dapat Meningkatkan HDL di Tubuh
Dalam air kelapa mengandung lemak yang sedikit sekali serta air kelapa tidak mengandung kolesterol. Air kelapa uda juga dipercaya dapat meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh. HDL merupakan kolesterol yang baik dimana HDL ini dibutuhkan dalam tubuh. HDL memiliki sifat antiaterogenik yakni dapat membantu untuk mengangkut kolesterol bebas dari pembuluh darah serta dari jaringan lain kemudian akan dibawa ke hati dan juga dibuang dengan melalui empedu.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates