Monday , 21 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penanganan Mata Berair dan Belekan Pada Bayi

Seputar Penanganan Mata Berair dan Belekan Pada Bayi

Seputar Penanganan Mata Berair dan Belekan Pada Bayi

Seputar Penanganan Mata Berair dan Belekan Pada BayiSeputar Penanganan Mata Berair dan Belekan Pada Bayi

Seputar Penanganan Mata Berair dan Belekan Pada Bayi

Seputar Penanganan Mata Berair dan Belekan Pada Bayi – Bayi pada umumnya akan mengalami mata berair dan juga belekan. Keadaan ini biasanya akan terjadi sebagai akibat saluran pada air mata bayi yang belum mengalami perkembangan ataupun belum terbuka sepenuhnya. Sekitar satu dari lima bayi yang lahir, dimana saluran air matanya belum berkembang yang sepenuhnya. Keadaan ini bisa mempengaruhi 1 ataupun ke 2 belah mata.

Air mata berguna untuk menjaga supaya mata akan tetap basah yaitu mengairi ke dua bola mata dengan sepanjang waktu. Adapun yang memproduksi air mata yaitu kelenjar lakrimal yang terletak pada bagian atas masing – masing mata. Air mata dapat mengalir ke bagian saluran yang mengarah ke bagian hidung. Bagi bayi yang baru lahir, maka saluran ini seringkali tidak dalam kondisi terbuka yang sepenuhnya dengan demikian air matanya akan menumpuk di mata.

Keadaan mata berair serta belekan tersebut bukanlah suatu kondisi yang serius yang akan mengancam kesehatan pada mata bayi, yang harus dilakukan adala seorang ibu harus membersihkannya. Keadaan ini dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan berkembangnya saluran pada air matanya. Akan tetapi mata berair pada bayi bisa mudah muncul kembali pada saat bayi mengalami demam ataupun flu, dimana saluran air matanya yang baru membuka akan mudah sekali untuk tersumbat.

1. Perawatan
Masalah mata berair yang dialami bayi dapat hilang dengan cepat pada saat saluran air mata bayi sudah berkembang yang sepenuhnya. Perkembangannya dapat terjadi dalam waktu beberapa minggu, akan tetapi untuk sebagian bayi bisa memakan waktu ampai beberapa bulan.
Apabila terdapat belekan, bersihkanlah dengan menggunakan kapas atau cotton bud yang dibasahi dengan menggunakan air steril hangat pada saat matanya terpejam. Lakukan pemijatan yang lembut di bagian saluran air mata untuk setiap beberapa jam. Hal ini dapat membantu saluran air mata agar berkembang. Tekanlah dengan lembut dan juga hati-hati di  bagian luar sisi hidungnya. Apabila mata bayi tetap mengalami berair ataupun belekan lebih dari tiga bulan, alangkah baiknya bawa ke dokter.

2. Hal-hal yang perlu diperhatikan
Keadaan mata yang berair adakalanya juga dapat mengakibatkan bola mata bayi akan menjadi sedikit berwarna kemerahan, hal ini merupakan suatu bentuk peradangan yang ringan serta biasanya tidak harus diobati dan apat sembuh dengan sendirinya.
Mata yang mengalami lengket bisa berkembang menjadi konjungtivitis atau infeksi pada mata. Konjungtivitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada mata yang dapat membuat mata akan menjadi merah, sakit, serta gatal.  Mata dapat meradang dan juga mungkin bayi akan menggosok matanya. Konjungtivitis bukanlah suatu kondisi yang serius, akan tetapi harus diobati.

3. Saran-saran
Sehubungan bayi tidak bisa mengungkapkan apa yang ia rasakan langsung dengan cara verbal, akan tetapi kita dapat melihat tanda – tandanya. Seorang ibu boleh merawat bayi nya sendiri di rumah apabila kondisi bola mata mereka putih dan juga bersih, belekan yang terjadi tidak berlebihan serta berwarna putih ataupun kekuning – kuningan, dan juga mereka tidak mengalami terganggu akibat kondisi tersebut.

Anda harus segera memeriksakan ke dokter apabila terjadi:
1. Mata bayi meradang ataupun merah.
2. Kelopak mata bayi bengkak.
3. Warna belekannya berwarna kuning ataupun kehijau-hijauan.
4. Bayi akan terlihat menggosok mata nya ataupun mereka akan tampak sakit atau mengalami tidak nyaman.
5. Bayi tidak ingin membuka mata ataupun mereka silau terhadap adanya cahaya.
6. Bentuk mata ataupun kelopak mata tampak tidak seperti yang biasanya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates