Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Makanan Yang Harus Diwaspadai Pada Penderita Kolesterol Tinggi

Beberapa Makanan Yang Harus Diwaspadai Pada Penderita Kolesterol Tinggi

Beberapa Makanan Yang Harus Diwaspadai pada Penderita Kolesterol Tinggi

Beberapa Makanan Yang Harus Diwaspadai pada Penderita Kolesterol Tinggi

Beberapa Makanan Yang Harus Diwaspadai pada Penderita Kolesterol Tinggi

Beberapa Makanan Yang Harus Diwaspadai pada Penderita Kolesterol Tinggi – Kolesterol adalah salah satu penyakit masa kini yang tidak hanya menyerang orang tua tetapi kaum muda pun juga bisa beresiko terkena kolesterol tinggi. Kolesterol disebabkan karena pola makan yang tidak sehat dan jarang berolahraga. Gaya hidup tidak sehat seperti ini sangat beresiko mengidap kolesterol seperti sering mengkonsumsi makanan instan, junkfood, gemar menikmati seafood, malas untuk bergerak dan berolahraga. ika kadar kolesterol meningkat dengan cepat dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit lainnya datang seperti stroke dan serangan jantung.

Terdapat 3 macam kolesterol yang ada di dalam tubuh manusia yaitu LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), dan trigliserida. Berikut batas normal kadar kolesterol dalam tubuh.

1. LDL batas normalnya adalah kurang 159 mg/dl. Jika kadar kolesterol ini semakin tinggi maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Kadar LDL yang meninggkat sebaiknya segera untuk diturunkan.

2. HDL batas normal 150 mg/dl. Semakin tinggi kadar kolesterol HDL ini semkin b=aik bagi tunguh.

3. Trigliserida batas noemal adalah kurang dari 150 mg/dl, jika kadar trigliserida juga semakin tinggi juga tidak baik bagi kesehatan karena akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Makanan yang harus di hindari

Ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk penderita kolesterol karena memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, itu sebabnya kolesterol disebabkan karena pola makan yang tidak sehat.
Berikut ini beberapa makanan yang harus diwaspadai oleh penderita dengan kolesterol tinggi adalah.

1. Seafood
Makanan yang harus di hindari bagi penderita kolesterol adalah seafood karena di dalam 10 gram seafood mengandung kadar LDL yang tinggi, jadi sebaiknya menghindari makanan seafood atau makan tidak lebih dari 10 gram .

2. Santan dan minyak kelapa
Kandungan di dalam santan dan minyak kelapa adalah lemak jenuh dan mengandung kadar kolesterol sebanyak 185 mg, maka dari itu bagi penderita kolesterol harus menghindari makanan ini.

3. Jeroan
Di dalam jeroan banyak sekali mengandung lemak dan kadar kolesterol yang tinggi rata-rata kadar kolesterol setiap 10 gram adalah 340-610 mg kolesterol.

4. Daging unggas
Ada beberapa unggas yang memiliki kadar LDL yang tinggi seperti ayam dan bebek, jika kita mengkonsumsinya beserta kulitnya maka mengandung 160-165 mg/dl kolesterol dengan sekali makan.

5. Daging ternak
Daging ternak yang harus dihindari bagi penderita kolesterol tinggi adalah daging sapi dan daging kambing karena di dalam kedua daging ini kadar kolesterol yang tinggi dan lemak jahat bagi tubuh.

6. Belut
Belut memliki kadar LDL yang cukup tinggi yaitu setiap 10 gram belut mengandung 185 mg/dl kolesterol.

7. Gula berlebihan
Mengkonsumsi gula terlalu berlebihan dapat membuat gemuk dan beresiko kolesterol, jika terjadi obesitas makan kolesterol dalam tubuh sulit untuk larut.

8. Pizza
Di dalam pizza juga banyak sekali mengandung lemak jenuh yang tidak baik jika di konsumsi secara terus menerus dan mengandung kolesterol yang tinggi.

9. Kue dan roti
Olahan kue dan roti mengandung banyak lemak karena terbuat dari mentega, susu, dan telur.  Tiga bahan ini memiliki kolesterol yang tinggi jika dicampurkan apalagi di tambah dengan pemanis di dalam kue.

10. Jagung bakar
Jagung bakar mengandung lemak jenuh sebanyak 60 gram di tambah lagi saat memasaknya menggunakan mentega yang menambah kalori dan menjadi sumber kolesterol yang tinggi.

11. Olahan daging
Di dalam olahan daging terdapat lemak yang begitu banyak karena di dalam olahannya di campur juga dengan lemak daging tersebut untuk menambah rasa gurih.

12 . Olahan kentang
Karena kentang bersifat menyerap minyak sehingga meghasilkan banyak lemak jenuh di dalamnya.

13. Susu
Susu juga salah satu pantangan bagi penderita kolesterol apalagi susu sapi yang mengandung kolesterol sebanyak 250 mg.

14. Kopi
Kopi sebenarnya boleh di konsumsi tetapi saat kopi di tambah dengan creamer dan juga susu itu yang membuat kolesterol semakin tinggi.

Demikianlah beberapa makanan yang harus diwaspadai pada penderita dengan kolesterol tinggi, semoga bermanfaat.

About ai risyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates