Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Makanan Untuk Mencegah Bayi Cacat Lahir

Ketahui Jenis Makanan Untuk Mencegah Bayi Cacat Lahir

Ketahui Jenis Makanan Untuk Mencegah Bayi Cacat Lahir

Ketahui Jenis Makanan Untuk Mencegah Bayi Cacat Lahir

Ketahui Jenis Makanan Untuk Mencegah Bayi Cacat Lahir

Ketahui Jenis Makanan Untuk Mencegah Bayi Cacat Lahir – Kondisi cacat pada bayi dapat terjadi di bagian tubuh yang mana saja baik pada bagian luar tubuh misalnya cacat pada kaki, tangan ataupun organ yang lainnya dan di bagian dalam tubuh seperti organ jantung ataupun hati. Pada beberapa kasus, cacat yang dialami pada bayi dapat berupa cacat baik fungsi dan juga cacat penampilan pada bagian tubuh sehingga tidak sempurna. Cacat pada bayi dapat terjadi sesuai dengan tingkatan yang ringan sampai tingkat parah.

Mungkin banyak orang yang bertanya apa yang dapat mengakibatkan seorang bayi lahir dengan kondisi cacat bawaan. Pada saat bayi masih ada di dalam kandungan ibu, dimana terjadi perkembangan janin yang mengalami suatu masalah dibagian organ dan juga di bagian tubuh yang lainnya.

Semua wanita termasuk wanita hamil membutuhkan asupan makanan sehat yang mengandung asam folat. Khususnya pada saat bulan pertama mengalami kehamilan, asam folat diperlukan ibu dan janin. Untuk bulan – bulan yang selanjutnya selama masa kehamilan, harus tetap memperoleh asupan asam folat yang cukup. Dengan menjaga asupan asam folat yang cukup untuk wanita hamil, dapat mengurangi resiko terjadinya bayi lahir cacat sampai 70 %. Asam folat merupakan salah satu jenis nutrisi yang termasuk vitamin B.

Berikut merupakan jenis makanan yang dapat mencegah bayi lahir cacat, diantaranya:
1. Vitamin B12
Vitamin B12 merupakan nutrisi yang sangat penting perannya dalam perkembangan serta pembentukan pada sistem syaraf. Akibat Kekurangan vitamin B12 dapat berakibat fatal untuk janin di dalam kandungan serta dapat mengakibatkan bayi lahir dengan kondisi cacat. Adapun jenis makanan yang mengandung vitamin B12 yaitu:
a. Susu
b. Ikan
c. Telur
d. Hati
e. Daging
f. Produk dari susu seperti keju dan manfaat yogurt untuk ibu hamil

2. Asam Folat
Salah satu merupakan jenis vitamin B kompleks yang lainnya yaitu vitamin B9 merupakan jenis vitamin yang sangat penting untuk mencegah bayi lahir cacat. Kondisi Cacat yang dapat ditimbulkan akibat kekurangan asupan asam folat seperti cacat pada tulang belakang. Berikut ini sumber makanan yang di dalamnya mengandung asam folat diantaranya:
a. Roti, jenis padi-padian, yakni gandum, sereal serta spagheti
b. Sayuran, yakni: Asparagus, kubis, selada, seledri, Bayam, Brokoli, lobak, bunga kol, kecambah dan lainya.
c. Dari Buah-buahan, yakni: raspberi, jeruk, labu, pepaya, blackberi, belewah, tomat, stroberi
d. Biji-bijian, yakni: jagung
e. Dari Kacang-kacangan, yakni: buncis, kacang merah, kacang cranberry, kacang kapri, kedelai, kacang polong, kacang tanah, dan lainya.
f. Dari Ubi-ubian seperti singkong.

3. Asam Lemak Omega 3
Kebanyakan wanita mengalami kekurangan lemak pada omega 3 misalnya EPA serta DHA. Bayi yang ada dalam kandungan tidak bisa membentuk sendiri nutrisi lemak omega 3, serta hanya memperoleh omega 3 dari ibunya yang melalui plasenta. Makanan yang mengandung DHA dapat menjaga perkembangan serta pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut merupakan contoh makanan yang mengandung lemak omega 3 diantaranya: dalam Biji-bijian, Minyak ikan salmon dan ikan salmon, Minyak ikan sarden dan sarden, Minyak hati ikan dan hati ikan, Ikan makarel dan lain sebagainya.

4. Vitamin D
Asupan Vitamin D sangat penting dalam mencegah bayi lahir premature. Selain itu juga, vitamin D dapat mengurangi resiko bayi lahir dengan kondisi cacat, dapat mengurangi resiko autis, serta komplikasi pada saat kehamilan yang berkaitan dengan tekanan darah. Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D diataranya : Ikan cod, dan minyak ikan, Ikan haring, Ikan lele, Kerang, Ikan salmon, Ikan sarden, Ikan makarel, Jus jeruk, Susu kedelai, Susu rendah lemak serta Ikan tuna.

5. Makanan Mengandung Probiotik
Makanan atau minuman yang mengandung Probiotik dapat membantu untuk mencegah serta dapat mengatasi bakteri jahat yang ada di dalam perut. Untuk wanita hamil ataupun untuk para wanita yang ingin cepat hamil, tambahkan asupan probiotik di dalam menu makanan sebab dapat mencegah bayi lahir dengan kondisi cacat. Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik diantaranya:
a. Coklat
b. Tempe
c. Kacang polong
d. Kefir, sejenis susu hasil fermentasi
e. Yogurt

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates